Bingung cari nama domain? Berikut 5 Tips Jitu Mencari Nama Domain Untuk Usaha

cari nama usaha yang bagus
sudah punya nama domain untuk usaha?




Apa langkah awal untuk memiliki blog ataupun website? Pastinya harus memiliki konten yang ingin dibagikan, selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memiliki nama domain yang sesuai dengan halaman web atau blog agar selanjutnya mudah untuk mengoptimasi.

Ibaratnya sebuah rumah, domain merupakan alamat rumah, unik dan mewakili karakteristik sebuah brand atau personal branding yang dimiliki. Bahkan sebuah domain memiliki nilai jual yang tinggi, biasanya nama yang popular atau hanya terdiri beberapa karakter saja.

Tahukah kamu, domain yang sering kita lihat, seperti .com, .net, .edu, memiliki jenis-jenis domain yang berbeda. Membaca dari berbagai sumber, bahwa jenis domain dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :


1. Top-Level Domain (TLD).


Ada sejarahnya, pada tahun 1985 IANA (Internet Assigned Numbers Authority) merilis 6 nama Top-Level Domain (TLD). Nah, TLD ini merupakan tingkat tertinggi dalam DNS (Domain Name System). keenam TLD yaitu .com, .net, .edu, .org, .mil dan .gov.


TLD juga terdiri dari beberapa jenis, yaitu


a. Country code top-level domains (ccTLD).

Domain yang berdasarkan lokasi gegorafis suatu negara, seperti .uk untuk negeara Inggris, .au untuk negara Australia, ataupun .id untuk negara Indonesia. Awalnya jenis ccTLD ini dibuat hanya untuk warga negaranya sendiri, namun banyak negara yang memperbolehkan warganegara asing untuk menggunakan ccTLD.


b. Generic top-level domain (gTLD)

gTLD merupakan domain umum yang siapapun boleh menggunakannya, sekarang ini ada 21 dari 1500 gTLD yang sering digunakan. Yaitu : .com, .net, .org, .info, .pro, .biz, .name, .edu, .gov, .int, .mil, .aero, .cat, .asia, .mobi, .coop, .travel, .tel, .jobs, .arpa. Kesemua itu memiliki fungsi tertentu, seperti .travel yang biasanya sering digunakan oleh para pemilik bisnis travel atau influencer di bidang traveling.

2. Second-Level Domains.

Untuk memahami apa itu Second-level domains merupakan domain yang mengikuti Top-Level Domain, misalnya sariwidiartidotcom, sariwidiarti merupakan Second-Level Domain. Seringnya Second-Level Domain merupakan nama dari perusahaan, brand maupun nama personal. Beda halnya jika menggunakan ccSLD (Country code Second-Level Domain), seperti contoh berikut : nike .co .ca kode ccTLD adalah .ca sedangkan ccSLD adalah .co


3. Third-Level Domains.

Third-Level Domains biasa disebut juga subdomain, peruntukan subdomain digunakan untuk kepentingan tertentu, kadang kita bisa melihatnya di berbagai brand yang sering mengadakan event tertentu dan memiliki subdomain registrasi tersendiri, misalnya saja ; register .caferame .com. “register” merupakan subdomain atau Third-Level Domains.

cari nama domain untuk usaha
masih bingung cari nama domain untuk usaha?


Nama domain penting untuk diperhitungkan karena merupakan salah satu langkah untuk mengembangkan suatu bisnis, jangan pernah gonta-ganti karena akan berakibat bisnis yang dikelola tidak berkompeten. Beli domain juga harus di Perusahaan penyedia layanan hosting dan domain terbaik seperti Qwords. Jika nama domain merupakan cerminan dari brand yang kita miliki, 


Berikut 5 Tips Jitu Mencari Nama Domain yang Bagus, dengan tujuan calon customer langsung terpikat, penasaran dan tetap terngiang di mereka :


1 .Langsung menggunakan nama brand. Cara yang paling mudah adalah secara gamblang menggunakan nama brand yang dimiliki, misalnya memiliki usaha catering dengan nama usahanya adalah Sari Catering, langsung saja menggunakan nama tersebut, dan sudah terkesan jika nama domain mewakili usaha yang dijalani.

Namun, bagaimana jika tersebut sudah dimiliki, meskipun menggunakan berbagai pilihan TLD? Pakailah angka, bisa menggunakan angka yang berupa nomor yang tertera di alamat tempat usaha. Misalnya begini, SariCatering77dotcom, angka 77 diambil dari nomor alamat lokasi usaha catering. Selain itu, bisa menggunakan angka hoki, atau angka berapapun yang memberikan kesan tersendiri. Tips jika memilih angka, gunakan angka kembar, seperti 77, 88, 101, dll. Agar eyecatching atau mudah diingat.


2. Menggunakan tagline. Banyak kemungkinan nama domain yang diinginkan sudah dipakai oleh orang lain, daripada susah mencari, pakai saja tagline usahanya. Contohnya LifeIsNeverFlatdotcom, KumpulSeruKopiLuwak77.com dan masih banyak lagi. Berhati-hati jika mencoba menggunakan pilihan ini, karena nama domain yang simple lebih bagus dan mudah diingat daripada menggunakan slogan atau tagline yang berderet panjang.


3. Menggabungkan dengan bahasa asing. Unik dan sering juga dipakai sebagai alternatif mencari nama domain, tapi tidak ada salahnya dicoba, saya sering melihat nama domain yang merupakan gabungan bahasa lokal dengan bahasa asing, misalnya khazanahfriendchicken .com, pusatfashionsurabaya .com.


4. Singkatan. Tahun brand KFC (Kentucky Fried Chicken) kan? Karena memang yang terkenal adalah singkatannya bukan kepanjangannya, dari contoh tersebut bisa menjadi inspirasi, daripada memiliki nama yang panjang dan susah diketik maupun diingat, lebih baik menggunakan yang singkatan. Selain itu, bisa juga menggunakan akronim, yang sering dijumpai adalah akronim klub sepakbola persebaya .id, dan lain sebagainya.

5. Menggabungkan nama kota. Sudah mencoba berulang kali menggunakan ekstensi domain selain .com, namun nama masih saja tidak tersedia, cara yang bisa digunakan adalah menggabungkan dengan nama kota, langkah ini juga bisa dikatakan cara optimasi yang sederhana. Langsung saja dengan contoh saricateringsurabaya .com, nama tersebut berarti menandakan jika usaha catering melayani kota surabaya dan sekitarnya. 


Banyak cara untuk menemukan nama domain untuk usaha, yang perlu digarisbawahi adalah nama yang singkat namun sudah mewakili bidang usaha.

Posting Komentar

0 Komentar