7 Tips Meningkatkan Keamanan Website

keamanan website


Mengapa kemanan web sangat penting? Karena selain berisi informasi maupun data-data, sebuah web juga bisa menjadi tempat untuk aktivitas transaksi. Keamanan harus menjadi prioritas agar pengunjung merasa aman, tidak ada data pribadi hingga data transaksi yang diretas dan disalahgunakan. Pemilik web harus sadar tentang pentingnya keamanan ini karena menyangkut kepercayaan laman web atau kepercayaan terhadap pemilik web tersebut.

Ternyata, memiliki sebuah portal web tidak hanya berhenti ketika selesai memilih domain maupun hosting, karena seiring berjalannya waktu, web mulai berkembang dan banyak pengunjung, keamanan harus diperhatikan agar tidak ada pihak lain yang mengambil alih web secara paksa.

Berikut 7 tips yang harus diperhatikan untuk meningkatkan keamanan website :


1. Jangan memberikan infromasi pribadi.


Hal ini dilakukan sebelum membuat website, lebih baik menggunakan data usaha, misalnya alamat email, nomer telepon, alamat, berikan data usaha saja, jangan sampai memberikan data pribadi apalagi menayangkan alamat pribadi, karena rentan akan tindakan kejahatan. Jika memang membuat website perlu data, gunakan dengan sebijak mungkin, pilih nomer telepon perusahaan untuk digunakan saat mendaftarkan domain atau hosting. Meskipun website yang dimiliki secara personal, misalnya motivator, gunakan saja nomer telpon bisnis untuk segala urusan pendaftaran web.


2. Hati-hati terhadap email spam.


Sekarang ini email apapun yang masuk, sudah bisa diindikasikan apakah email tersebut berupa spam atau tidak. Namun, perlu berhati-hati jika email berupa notif dari web yang dimiliki, seperti modus ingin berinvestasi atau modus yang sering ditemui adalah alamat web yang hampir sama dengan web yang biasanya dari luar negeri, meskipun bukan terindikasi bukan spam tapi perlu teliti agar tidak terpancing untuk mengirim bukti-bukti legal berupa kepemilikan web, yaitu data diri. Waspada juga dengan email yang berisi link, pastikan terlebih dahulu keasliannya link yang tertera.


3. Password.


Agar website yang dimiliki tetap aman, kekuatan password juga perlu diperhatikan. Langkah awal adalah menggunakan kata kunci dengan kombinasi, jangan pernah menggunakan tanggal lahir untuk password, apapun itu meskipun bukan untuk log in web, jangan menggunakan kombinasi yang mudah ditebak, gunakan kombinasi huruf, angka dan karakter unik (*,_,-,dll). ada tipe pemilik web yang jarang ingat dengan password yang dimiliki, lebih baik klik “lupa password” daripada menulis kata sandi di dalam buku catatan yang rentan untuk diakses secara publik.

Meskipun terlihat merepotkan, klik “lupa password” berarti membuat keamanan tetap terjaga karena kata sandi diubah secara berkala, yang dapat meningkatnya keamanan. Jika anda merupakan pemilik suatu usaha dan bekerja dalam tim, tidak serta merta semua anggota mengetahui email dan password, perhatikan juga jobdesk setiap anggota.

cara menghindari data yang dicuri



4. Backup.


Lakukan backup secara berkala, hal ini bermanfaat jika sewaktu-waktu server sedang down atau tiba-tiba data yang telah diposting tiba-tiba menghilang karena alasan teknis, pemilik masih ada backup data yang nantinya untuk recovery.



5. Memilih hosting.


Memilih hosting juga perlu diperhatikan, mengetahui kualitas server yang ditawarkan, team support yang mampu melayani 24 jam, garansi, dan review dari pelanggan sebelumnya bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli hosting terbaik.


6. Install plugin keamanan website.


Bagi pengguna wordpress pasti tidak asing dengan beragam plugin yang menunjang performa laman web. Jangan lupa untuk menginstal plugin untuk menjaga keamanan sebuah website, seperti install antivirus for wordpress, antimalware dan beberapa plugin lainnya jika diperlukan.


7. Menggunakan SSL (Secure Sockets Layer)


Dikutip dari Wikipedia, SSL merupakan file digital berupa data yang berfungsi melakukan enkripsi pada situs website. Secara visual SSL menampilkan url situs website dengan HTTPS atau adanya gembok hijau pada sisi kiri alamat url situs website.

Fungsi dari SSL adalah untuk menghindari website yang kita miliki diserang oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Coba lihat, ketika browsing salah satu alamat web, apakah terdapat HTTPS ataupun tidak. Selain terdapat HTTPS, biasanya ada gambar icon gembok yang berwarna hijau, berarti web tersebut aman untuk diakses, jika icon gembok berwarna merah atau seperti dicoret, berarti tidak aman. Kadang, ada pemberitahuan jika web yang sedang dikunjungi tidak aman. Sekarang ini tersedia banyak penyedia SSL Indonesia yang berkualitas sekaligus memberikan support yang memuaskan.

Apapun tujuan untuk memiliki laman web, nonprofit maupun profit, harus dikelola secara profesional. Performa keamanan yang bagus membuat pengunjung akan merasa nyaman untuk berjunjung berkali-kalai tanpa rasa khawatir jika web yang dikunjungi merupakan tempat transaksi, pemilik web juga tidak perlu khawatir dengan data-data yang tersimpan. Selain pemilik web yang harus mengetahui pentingnya kemanan, perlu juga untuk membangun tim IT support untuk melakukan pengecekan secara berkala maupun upgrade sistem keamanan secara maksimal. Web yang dapat menjaga keamanan data juga akan meningkatkan kepercayaan terhadap pengunjung.

Tidak ada komentar

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)