Cara Kerja Program Afiliasi: Mendapatkan Uang di Internet



Mendapatkan uang tapi tak mau pergi jauh meninggalkan rumah. Siapa yang tak mau. Apalagi dengan perkembangan internet saat ini yang seolah meniadakan batas ruang dan waktu, memunculkan banyak peluang baru yang tidak pernah terduga sebelumnya. Salah satu bidang yang turut mengalami perubahan karena internet adalah dunia marketing. Salah satu percabangan internet marketing adalah program marketing afiliasi, atau biasa kita kenal dengan afiliasi saja. Sejak dimulai oleh Amazon pada tahun 1994, banyak perusahaan dengan bidang usaha bervariasi yang mengadaptasi pola program sponsored link afiliasi yang dikembangkan oleh Amazon. Semakin banyak yang mempraktekkan program afiliasi membuktikan cara ini sangat ampuh untuk untuk pemasaran sebuah brand. Namun banyak yang belum tahu cara kerja program afiliasi.

Pengertian Program Afiliasi


Untuk itulah artikel ini akan menjawab pertanyaan bagaimana cara kerja program afiliasi, terutama dari sisi seorang partner atau publisher. Namun sebelumnya, mari cari tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan pemasaran afiliasi. Pemasaran afiliasi, sebutan lain untuk program afiliasi adalah model yang memungkinkan sebuah brand untuk bermitra dengan individu atau perusahaan yang bisa disebut dengan mitra atau publisher. Model pemasaran ini bertujuan untuk mengukur kinerja sebuah merek dan melakukannya dengan cara yang terukur, efektif, dan efisien. Contoh paling mudah seperti ini. Anda adalah seorang blogger dengan tema yang fokus mereview gadget. Untuk meningkatkan kunjungan, Anda mendaftar program kemitraan yang diadakan sebuah brand smartphone untuk menjual produk mereka. Dari program ini nantinya diharapkan penjualan produk smartphone tersebut dan dari hal tersebut bisa meningkatkan value website Anda. Lalu, bagaimana cara kerja program afiliasi dari sisi publisher atau mitra? Berikut penjelasannya.



Melakukan pendaftaran


Yang pertama kali harus Anda lakukan adalah mendaftar. Saat ini, sangat banyak brand dari dengan berbagai jenis brand yang mengadakan program kemitraan. Salah satu brand yang membuka program afiliasi adalah IDwebhost, penyedia domain dan hosting murah di Indonesia. Pada umumnya, pendaftaran program afiliasi tidak memungut biaya sepeserpun, alias gratis. Untuk mendaftar, yang Anda lakukan hanyalah mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh brand tersebut. Anda bisa mendaftar dengan mengisi email yang aktif. Juga isikan nama lengkap Anda, sesuai dengan identitas yang asli. Berikutnya Anda akan diminta mengisi nama perusahan, jika ada, alamat lengkap, nomor telepon, dan membuat password. Sangat mudah bukan? Bahkan tak sedikit brand yang memberikan bonus pada mitranya yang baru mendaftar. Salah satu bonus yang paling umum diberikan kepada mitra adalah komisi langsung sejumlah nominal tertentu. Juga masih banyak jenis bonus yang diberikan.

Memasang Media Promosi


Setelah menyelesaikan pendaftaran, yang Anda lakukan adalah memasang media promosi. Media promosi ini bisa bermacam-macam bentuknya. Bila Anda memiliki website, Anda bisa memasang banner promosi, yang biasanya kodenya sudah disiapkan oleh brand pada website Anda. Atau jika yang tak memiliki website bisa menautkan link pada postingan atau di bio sosial media Anda. Bentuk kedua ini biasanya menjadi pilihan yang paling umum karena banyak orang yang mengira membuat website terlalu ribet, sehingga memilih media sosial karena lebih mudah pengelolaannya. Tak hanya memasang media promosi, Anda juga harus mempromosikan, mengajak orang untuk mengklik banner promosi yang Anda pasang. Selain itu, Anda bisa melakukan promosi dengan menyebarkan kode kupon melalui email marketing, ataupun menggunakan media chatting yang sedang hangat saat ini. Namun ingat, perhatikanlah aspek kenyamanan bila Anda menyebarkan kode promosi pada media chatting karena siapa tahu, ada teman Anda yang tidak nyaman dengan aktivitas yang Anda lakukan. Sebagai strategi promosi, Anda juga bisa menuliskan apa keuntungan membeli suatu produk atau layanan dengan menggunakan kupon dari Anda. Misalnya, bila menggunakan diskon dari Anda, konsumen akan mendapatkan diskon untuk item yang dibeli.

Bagaimana Cara mendapatkan Uang dari program afiliasi?


Tidak bisa dibantah lagi, inilah pertanyaan yang paling banyak ditanyakan oleh orang yang baru mengenal dunia internet marketing, khususnya program afiliasi. Partner dalam program afiliasi akan mendapatkan penghasilan yang disebut dengan komisi. Besarannya sendiri tergantung pada kebijakan masing-masing brand. Pada umumnya besaran komisi yang didapat berkisar 30% hingga 70% dari setiap transaksi sukses. IDwebhost, penyedia hosting murah terbaik di Indonesia juga memiliki program afiliasi dengan komisi yang menggiurkan. Komisi yang didapatkan partner dalam program afiliasi IDwebhost sebesar 70% dari tiap produk hosting yang terjual. Tak hanya semata komisi penjualan, banyak brand yang memberikan komisi langsung partner baru. Jumlah nominalnya juga bervariasi bergantung pada kebijakan tiap brand. Nilainya berkisar puluhan hingga ratusan ribu, dan kadang ada juga yang member saldo akun lebih besar daripada nilai diatas.




Persyaratan Pencairan Komisi Program Afiliasi


Sebagai sebuah model bisnis, pencairan komisi program afiliasi juga memiliki ketentuan tertentu yang harus dipenuhi oleh partner. Biasanya pencapaian target penjualan menjadi standar untuk mencairkan komisi. Apabila target penjualan dalam satu periode tertentu, maka komisi bisa dicairkan. Persyaratan pencairan komisi ini harus menjadi patokan Anda saat akan mengikuti program afiliasi. Tidak sedikit brand yang memberikan syarat yang sulit untuk mencairkan komisi. Untuk itu sebelum bergabung dengan program afiiliasi, Anda harus menncari sebanyak mungkin informasi, terutama tentang produk yang dijual dan persyaratan pencairan komisi. Jangan sampai usaha anda untuk menarik pembeli sia-sia karena kendala persyaratan saat akan mencairkan komisi. Tentang pencairan komisi sendiri, pada umumnya akan diberikan oleh sistem pada tanggal tertentu apabila peryaratan utama, terutama target penjualan tercapai. Ada juga yang memberikan peryaratan tambahan seperti masa aktif pemakaian produk. Hal ini biasa ditemui pada brand yang produk dalam bentuk jasa.



Cara Mengetahui Status Afiliasi


Dalam setiap bentuk bisnis apapun, termasuk program afiliasi sangat penting untuk mengetahui track ataupun status dari program afiliasi yang diikuti. Anda harus mengetahui status penjualan, pendapatan, hingga jumlah komisi yang didapatkan. Untuk pengecekan status sendiri biasanya bisa dilihat pada menu member area. Anda bisa melihat status, pendapatan, berikut besaran komisi. Dari sini, Anda bisa mengetahui sejauh mana performa afiliasi Anda. Dengan mengetahui performa, Anda bisa menentukan langkah selanjutnya yang akan dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Bisa jadi Anda harus memperbaiki strategi promosi atau bisa juga berupaya meningkatkan engagement pada pengunjung website atau pengikut Anda di sosial media.


Itulah tadi cara kerja program afiliasi. Pada umumnya, banyak brand memiliki cara kerja yang hampir sama satu sama lain. IDwebhost tak hanya menyediakan jasa pembuatan website dan web hosting murah. IDwebhost menyediakan peluang untuk Anda mendapatkan pendapatan tambahan secara online dengan mudah, cepat, dan gratis. Tunggu apalagi, join program afiliasi IDwebhost sekarang!

Posting Komentar

0 Komentar