Oli Motor Terbaik Dari Pertamina Lubricants

oli motor terbaik
pict by pexels (Nur andi)


Oli motor terbaik merupakan kebutuhan setiap pengguna kendaraan. Selain membutuhkan bahan bakar, seperti bensin dan solar. Kendaraan bermotor juga membutuhkan oli untuk kenyamanan mesin. Fungsi Oli tersebut adalah sebagai cairan untuk mesin yang memiliki gaya gesekan, zat pendingin yang terdapat di mesin, serta mengurangi karat pada mesin. Jadi sirkulasi di dalam mesin dapat terjaga dari kerusakan.

Di Indonesia pemilihan oli bagi kendaraan sangat penting karena dapat dilihat dari keadaan di jalanan yang sering macet membuat mesin dipaksa untuk terus bekerja. Dengan pemilihan oli yang tepat, mesin tetap terjaga suhunya dan mencegah keausan pada mesin. Dari gambaran secara singkat tentang fungsi tersebut tentunya teman-teman pasti sudah mengerti dan memahami, bahwa oli dapat membuat kinerja mesin semakin baik.

Memiliki kendaraan harus juga mampu untuk merawatnya agar motor tidak gampang bolak-balik ke bengkel untuk service selain service rutin, merawatnya harus sesuai dengan tipe mesin dan jenis motor, jika pemilik kendaraan mengetahui apa yang diperlukan oleh motor hingga mesinnya, akan dapat menghemat pengeluaran bulanan.

Oli memang sangat berpengaruh terhadap pengoptimalan mesin, namun kamu juga harus tau jenis oli apa yang diperlukan. Di era modern seperti sekarang ini, lelaki mapun perempuan, tua maupun muda setidaknya harus memahami jenis-jenisnya, yaitu : oli mesin, oli rem dan oli samping.

Untuk menentukan pemakaian oli untuk kendaraan kita memang harus memperhatikan spesifikasi atau ketentuan oli tersebut. Dalam memilih oli dengan kulitas terbaik yang cocok untuk kendaraan kita, kita harus benar-benar memperhatikan tingkat kekentalan oli dan juga kualitas oli. Setiap mesin pada motor, tentunya memiliki perbedaan karakter dan kontruksi yang harus di sesuaikan dengan pemakaian olinya. Dengan pemilihan oli yang tepat dengan jenis kendaraan kamu. Pastinya mesin motor kamu akan lebih optimal ketika dikendarai.

Enduro, oli idola kendaraan



Pertamina Lubricants memiliki beberapa produk oli untuk kebutuhan setiap kendaraan, mulai dari oli untuk mobil, sepeda motor, industri dan masih banyak lagi. Untuk kebutuhan motor kamu, pertamina lubricants memiliki bebeapa pilihan diantaranya adalah Enduro.

oli motor terbaik dari pertamina lubricants


Jenis Oli Pertamina Enduro merupakan salah satu merek oli motor yang telah populer di Indonesia. Merek oli ini memiliki kualitas yang sangat luar biasa serta memiliki kekentalan yang yang sangat baik, sehingga sangat bagus untuk mesin motor matic. Oli motor yang satu ini memiliki fungsi yang sangat baik, yakni mampu mengurangi gesekan antar dua komponen mesin yang bergerak atau gesekan satu sama lain. Tidak heran jika bisa dikatakan Enduro merupakan oli motor terbaik.

Bisa dirasakan ketika membeli sebuah oli, hasil, semakin kecil dari gesekan suatu oli mesin, maka pelumas akan semakin bekerja semakin baik untuk mengoptimalkan mesin motor kamu. Pertamina Enduro merupakan produksi oli motor yang di buat oleh Pertamina. Harga oli motor ini cukup terjangkau, kamu bisa mendapatkan oli ini dengan kisaran harga Rp.37.000 - Rp.40.000. membelinya juga mudah karena sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia, bisa juga dibeli melalui marketpalce, tentunya dengan harga yang bersaing.


Terdapat 6 varian Enduro sesuai jenis motor kamu :



1. Enduro Matic SAE 10W - 30. Oli motor matic yang memiliki kelebihan ;

Enduro Matic SAE 10W - 30

Enduro Matic SAE 10W - 30




  • Pelumas motor 4 langkah matic dengan sistem dry clutch
  • Memiliki tingkatan mutu JASO MB (approved) yang merupakan standard Jepang untuk motor 4 langkah matic
  • Performa mesin yang meningkat
  • Mengandung moly additive untuk mengurangi gesekan pada temperatur dan kecepatan tinggi.
  • Memiliki kekentalan SAE 10W-30 yang sesuai untuk sepeda motor matic sehingga mudah untuk start pada kondisi mesin dingin dan memberikan pendinginan yang optimal dan fuel economy yang lebih baik.
  • Memberikan proteksi yang lebih baik bagi mesin yang beroperasi pada kecepatan tinggi.
  • Mampu menjaga kebersihan mesin.
  • Mampu melindungi mesin dari korosi dan keausan yang berlebihan.



2. Enduro 4T Sport SAE 5W, 10W-30


Diformulasikan khusus untuk menghasilkan kinerja akselerasi dan perlindungan dari keausan yang maskimal. Direkomendasikan untuk mesin motor empat langkah yang memiliki sistem kopling basah terutama pada aplikasi balapan.

Enduro 4T Sport SAE 5W, 10W-30



Memiliki kelebihan :


  • Mampu menghasilkan akselerasi dan tenaga yang maksimum.
  • Mempunyai friksi yang tinggi pada kopling untuk meminimalkan slip pada sistem kopling.
  • Memiliki kestabilan terhadap shear yang sangat yang sangat baik sehingga mampu membuat mesin bekerja secara optimal pada saat start dan operasi pada temperatur yang tinggi.
  • Mampu memberikan proteksi yang maksimal terhadap keausan dan kontaminan.



3. Enduro 4T Racing SAE 10W-40.


Enduro 4T Racing SAE 10W-40.

Enduro 4T Racing SAE 10W-40.


Memiliki kekentalan ganda yang berkualitas tinggi dan diformulasikan base oil sintetik dan aditif API SL terpilih. Telah memenuhi standar mutu JASO MA2 dan API SL/SJ. Telah lolos pengujian variabel speed friction test dengan hasil melebihi high friction reference oil sehingga dipastikan tidak menyebabkan slip pada kopling saat berada di jalan. Digunakan untuk sepeda motor empat langkah dengan merek yang sudah familiar, bisa juga digunakan untuk sepeda moto buatan Korea dan China.


Memiliki kelebihan :


  • Tidak menyebabkan slip pada kopling.
  • Memiliki kekentalan yang stabil pada temperatur rendah dan tinggi.
  • Memiliki kekental SAE 10W-40 sesuai dengan sepeda motor generasi baru serta memiliki akselerasi tinggi.
  • Tidak mudah teroksidasi dan terdegradasi oleh radiasi panas dari mesin.
  • Mampu menjaga kebersihan mesin serta mampu mencegah terbentuknya deposit pada piston, korosi dan menjaga mesin dan keausan.


4. Enduro 4T SAE 20W-50 


Merupakan pelumas yang bermutu tinggi karena diformulasikan dari bahan dasar mineral bermutu tinggi dan aditif-aditif pilihan. Direkomendasikan untuk motor empat langkah berbagai merek.

Enduro 4T SAE 20W-50



Kelebihan :


  • Synthetic oil dengan anti slip kopling
  • Memiliki stabilitas shear yang sangat baik, sehingga memudahkan sirkulasi pelumas pada saat start dan memberikan efek pendinginan dan pelumas Enduro 4T SAE 20W-50 ini merupakan pelumas yang optimal pada saat temperatur dan kecepatan yang tinggi.
  • Mampu memberikan stabilitas oksidasi dan degradasi yang sangat baik, pada temperatur yang tinggi.
  • Mampu menjaga kebersihan mesin
  • memberikan perlindungan yang optimal terhadap karat dan keausan yang berlebihan.
  • Memberikan akselerasi yang optimal sehingga motor dapat melaju dengan lebih cepat.



5. Enduro Gear 4T Full Synthetic Oil


Merupakan pelumas pada roda gigi motor matic berkemampuan tinggi, yang diformulasikan dari base oil sintetik dan aditif pilihan.

Enduro Gear 4T Full Synthetic Oil



Kelebihan :


  • Stabilitas panas dan oksidasi yang sangat baik untuk mencegah pelumas terdegradasi pada temperatur tinggi.
  • Pelumas yang memberikan perlindungan optimal terhadap keausan pada roda gigi.
  • Mampu memberikan perlindungan yang optimal terhadap karat dan korosi.
  • Masa pakai lebih lama.


6. Enduro Matic G SAE 20W-40 


enduro matic G

Enduro Matic G SAE 20W-40 

Merupakan pelumas motor matic empat langkah yang berkualitas tinggi. Didesain khusus karena menggunakan base oil sintetik. Cocok untuk pengendara motor yang kerap mengalami kemacetan atau kondisi jalan yang statis. Memiliki tingkatan mutu JASO MB (merupakan standar Jepang untuk motor empat langkah matic) dan memenuhi tingkat performance API SPL. Dapat digunakan untuk motor matic berbagai merek.

Kelebihan :


  • Memiliki ketahanan tinggi terhadap oksidasi dan degradasi akibat radiasi panas dari mesin sehingga memperpanjang masa pakai pelumas.
  • Memiliki kestabilan viskositas yang tinggi sehingga dapat melindungi mesin sepanjang penggunaan.
  • Memiliki kekentalan yang relatif rendah pada suhu dingin sehingga dapat langsung melindungi mesin sejak mesin dinyalakan.


Cara Membedakan Oli Pertamina Lubricants yang Asli dan Palsu


Dengan banyaknya pilihan, konsumen dapat terbantu untuk memilih sesuai dengan kebutuhan motornya. Namun, konsumen juga perlu berhati-hati dengan beredarnya produk palsu yang dapat merusak mesin. Berikut cara membedakan produk oli Pertamina Lubricants yang asli dengan yang palsu :


  1. Dilihat dari kemasannya. Terdapat kode nomer seri yang sama pada seal tutup botol dan juga botolnya. Angka hingga posisinya juga sejajar.
  2. Kode barcode yang yang ada pada body botol. Kode barcode ini bisa discan dengan smartphone. Jika barcode sudah pernah discan, selanjutnya tidak akan bisa discan kembali (hanya satu kali scan), Karena tiap botol oli yang discan, pemilik bengkel akan dapat poin dari kode barcode tersebut.
  3. Lihat bagian bawah botol, terdapat angka produksi. Pada bagian tengah terdapat tahun pembuatan, untuk anak panah menunjukkan bulan berapa oli tersebut diproduksi. Jika angka tahun sudah lama (2017/2018), bisa saja botol tersebut lama yang didaur ulang menjadi produk palsu.
  4. Membeli harus didistributor resmi.
  5. Selain kemasan, bisa juga dicium aroma olinya, yang palsu biasanya tercium aroma yang tidak sedap dan aromnya terlalu kuat.
  6. Produk palsu, tekstur olinya tidak bening (keruh) juga terlihat berpasir atau terdapat kotoran karena tidak disaring dengan sempurna.



Kepuasan Pelanggan.


Saya melakukan survey kecil bagi pengguna sepeda motor yang menggunakan oli Enduro. Kebanyakan dari mereka awalnya menggunakan merek lain, kemudian coba untuk merasakan perbedaannya. Alasannya mencoba-coba karena untuk mengetahui mana yang terbaik untuk jenis motor yang dimiliki.

Untuk jenis motor matic, salah seorang beralih ke Enduro Matic SAE 10W - 30, merasakan perbedaannya yaitu : Suara mesin lebih halus, tarikan lebih responsif, proses pemanasan mesin saat pertama kali dihidupkan tidak terlalu panas.

Sama halnya dengan salah satu konsumen yang mengaku puas dengan produk Pertamina Lubricants ini. Mencoba menggunakan Enduro 4T SAE 20W-50, merasakan perbedaannya apalagi berada di kota yang sering terjebak macet, oli Enduro membuat mesin tidak cepat panas, dan suara mesin lebih halus.

Pendapat yang sama dari pengguna Enduro 4T Racing SAE 10W-40. Mesin motor lebih ringan, dan tarikannya lebih cepat. Jadi, Enduro menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi oli motor terbaik

Tidak ada komentar

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)