15 Cuplikan Komik Doraemon Yang Cocok Dengan Kenangan Saat Masa Sekolah.

credit : twitter @DoraemonHariIni

Anak-anak generasi 90an pasti tidak asing dengan robot kucing berwarna biru ini, manga dan karya Fujiko F. Fujio ini telah terbit sejak 1 Juni 1969. Doraemon merupakan robot kucing yang datang dari abad ke-22 untuk membantu Nobita yang pemalas dan sering diolok-olok oleh Suneo dan Giant. Doraemon membantu Nobita dengan cara mengeluarkan alat dari kantongnya. Meskipun sering kali alat disalah gunakan oleh Nobita dan berakhir seperti senjata makan tuan. Tapi semua alat yang dikeluarkan oleh Doraemon selalu ajaib!

Cerita kehidupan Nobita yang sangat khas para pelajar yang masih di tingkat dasar, ada anak yang sangat pintar di sekolah seperti Dekisugi, teman yang sangat kaya seperti Suneo, teman yang cantik seperti Sizuka, teman yang berbadan besar suka iseng ke teman lainnya seperti Giant dan Nobita yang pemalas meskipun dia memiliki sifat yang baik hati. Setiap episode yang ditonton di televisi nasional mengingatkan masa sekolah yang penuh dengan canda, haru, dan seru. Berikut saya rangkum 15 Cuplikan Komik Doraemon Yang Cocok Dengan Kenangan Saat Masa Sekolah :

1. Cita - cita.

Raihlah cita-citamu setinggi langit! Siapa yang memiliki cita-cita menjadi dokter sewaktu kecil? Dokter menjadi cita-cita yang paling banyak dipilih, menyusul profesi lainnya seperti polisi dan tentara. Nah, saat sudah tumbuh menjadi dewasa, apakabar dengan cita-cita? Apakah cita-citamu saat ini sudah tercapai, atau malah keluar jalur? Cita - cita muncul memberikan kita semangat untuk menjalani hidup, ada tujuan mengapa setiap orang harus bekerja keras. Tapi, tidak masalah jika sudah dewasa, tidak sesuai dengan impian di masa kecil. Karena saat sekolah dasar ataupun TK, masih belum tahu makna cita-cita itu sendiri, yang terpenting jalani hidup dengan optimis dan penuh semangat. Jangan meremehkan impian seseorang, seperti cita-cita Nobita yang ingin jadi dokter, siapa tahu akan benar-benar terwujud!

twitter @DoraemonHariIni


2. Bolos sekolah.

Siapa yang sering bolos sekolah? Aduh, jangan ditiru deh! Bolos sekolah hanya kesenangan yang semu, meskipun awalnya andrenalin bakalan terpacu saat memiliki niat untuk bolos, harus bohong sama orangtua, guru, atau teman sebangku, ujung-ujungnya kena marah, atau nilai jadi jeblok, ampun deh. Alasan yang sering terdengar para siswa tidak masuk kelas tanpa keterangan adalah bosan di sekolah, ingin main di warnet atau main di tempat tongkrongan. Kalau bolos sekolah itu hal yang buruk, lain halnya jika ada jam kosong karena gurunya rapat, wah bagaikan hujan yang membasahi tanah tandus, tapi nggak jadi senang kalau jam kosong banyak tugasnya!

twitter : @DoraemonHariIni


3. Nilai ulangan.

Masih ingat dengan nilai ulangan harian atau semester saat sekolah? Nobita yang banyak memiliki nilai 0 masih bangga nih karena 5 ulangan hanya ada 1 yang nilainya dapat 0, tapi 4 yang lainnya dapat 100 atau malah jelek semuanya? Nobita juga sering meminta bantuan Doraemon untuk menyembunyikan lembar nilai ulangan dari Ibu, minta bantuan agar nilainya bisa diubah, bahkan minta bantuan cara cepat untuk jadi pintar. Ada - ada saja Nobita, jika ingin dapat nilai 100, harus raji belajar dong. Jangan minta cara cepat nanti ada efek sampingnya.

twitter @DoraemonHariIni


4. Motivasi belajar.

Saat masih menjadi siswa sekolah dasar, sering dapat iming-iming kalau juara 1 di kelas akan dapat sepeda. Jika naik kelas, akan dapat liburan ke wahana bermain dan lain sebagainya. Apa sih motivasimu untuk belajar? Kalau Nobita, memiliki motivasi belajar agar ibu tidak marah-marah melulu. Serem ya, Ibu Nobita kalau sudah marah, atau ini bukan salah satu motivasi tapi melainkan metode belajar ala Nobita, harus diberi semangat oleh Ibu.

twitter : @DoraemonHariIni


5. Berangkat ke sekolah lebih awal untuk nyontek jawaban PR teman.

Hayo, ngaku aja deh, siapa yang sering berangkat ke sekolah lebih awal hanya untuk jawaban menyontek PR teman? Sudah rahasia umum, jika siswa berangkat lebih awal tidak seperti biasanya, punya beberapa tujuan, antara lain ; nyontek jawaban PR teman, upacara, lomba, atau ada tambahan jam pembelajaran untuk menyiapkan Ujian Nasional. Tapi kalau Nobita, sepertinya memang berangkat pagi karena ingin nyontek PR dari Dekisugi.

twitter @DoraemonHariIni


6. Malas belajar tapi ingin nilai ulangan bagus.

Dasar Nobita, sukanya malas-malasan padahal nilai ulangan Nobita banyak nilai 0, Doraemon jadi heran dan marah-marah, bagaimana bisa ingin dapat nilai 100 tapi setiap harinya malas belajar. Jangan contoh Nobita ya, malas belajar tapi nanti saat sedang kesulitan langsung minta bantuan Doraemon untuk mencari jalan pintas. Ayo semangat belajarnya! Apa yang kita tanam, itu yang akan kita tuai.

twitter @DoraemonHariIni


7. Moment memalukan saat sekolah.

Namanya juga anak-anak, pasti ada hal-hal yang membuat orangtua tersenyum, tapi kalau hal memalukan? Wah pada repot semua, seperti saat Nobita pertama kali masuk sekolah (kira-kira TK), padahal moment yang lucu dan membuat orangtua bangga dan senang, eh tiba-tiba Nobita pipis di celana, aduh Ibu dan Ayah Nobita jadi bingung nih. Karena masih kecil, Nobita tidak tahu jika kejadian tersebut memalukan hingga album foto dilihat ketika Nobita dewasa, aduh malunya. Pasti deh kita memiliki beragam kenangan saat kecil, dari kenangan indah, membanggakan, mengharukan dan tentu saja ada kenangan yang memalukan. Hidup semasam kecil sungguh berwarna!

twitter @DoraemonHariIni


8. Uang jajan.

Berapa uang jajan saat masih masih sekolah? Meskipun nominalnya lebih kecil daripada saat dewasa, tapi sudah bisa beli permen, ciki, hingga bakso. Semakin dewasa uang saku malah bertambah sedikit atau bertambah banyak tapi pengeluaran juga bertambah? Ah, dilema hidup yang tidak berkesudahan.

twitter @DoraemonHariIni


9. Bakat terpendam.

Di sekolah tidak hanya diberikan mata pelajaran yang penuh dengan angka, banyak ekstrakurikuler yang bisa diikuti setiap siswa untuk mengembangkan bakatnya. Jangan khawatir jika tidak menonjol dalam pelajaran penghitungan, mungkin ada bakat terpendam yang kamu miliki seperti suneo yang pintar menggambar. Jangan patah semangat untuk menemukan bakatmu!

twitter @DoraemonHariIni


10. Meja belajar.

Meja belajar Nobita memang nampak biasa saja, dan fungsinya memang untuk belajar, tapi siapa sangka jika di dalam lacinya tersimpan penghubung dunia ke mana saja, seperti pintu ke mana saja. Sepertinya seru! Tapi, pernah nggak sih lihat Nobita rajin belajar, seringnya hanya main dan bermalas-malasan di kamar. Tapi, kalau lihat Nobita yang bersemangat seperti ini, jadi terharu.

twitter @DoraemonHariIni


11. Belajar naik sepeda.

Hal yang mengasyikan saat memiliki sepeda baru adalah berlatih agar lancar naik sepeda. Meskipun beraal dari sepeda roda tiga, yang penting berusaha untuk naik level berikutnya, sepeda roda dua! Tapi kalau Nobita tidak naik sepeda, apa iya alasannya seperti ini? Lantas bagaimana caranya naik kuda, apalagi naik kuda di perkotaan. Ah, dasar Nobita banyak alasan saja.

twitter @DoraemonHariIni


12. Kekhawatiran orangtua.

Meskipun Ibu sering memarahi Nobita, tapi di balik amarah, selalu sayang anak semata wayangnya ini. Apalagi jika Nobita sudah mulai bermain-main dengan alat dari Doraemon, aduh pasti ada saja kelakuannya. Kadang, malah kena batunya jika menggunakan alat Doraemon dengan tidak bijaksana.

twitter @DoraemonHariIni


13. Malas salah, rajin heran. Jadi serba salah.

Orangtua ingin anaknya rajin belajar, sudah rajin belajar malah keluarga heran, tumben belajar. Tapi kalau lagi malas-malasan belajar, malah sering dimarahi. Jadi serba salah ya. Jadi, bagaimana solusinya. Belajar jangan hanya ada maunya, jadikan belajar menjadi rutinitas, meskipun hanya membaca buku pelajaran selama 10 menit, tapi harus rutin setiap hari.

twitter @DoraemonHariIni


14. Jenuh saat sekolah, tapi liburan panjang juga bosan.

Apa sih maunya, kalau di sekolah sering mengeluh karena jenuh, tapi saat dikasih liburan malah bosan. Misteri anak sekolah, tapi dilihat lebih dalam lagi, lebih baik liburan sekolah memang ada porsinya. Kalau diberi liburan panjang lebih dari 2 minggu, malah bingung mau ngapain, nggak dapat uang jajan, akhirnya hanya liburan di rumah melulu dan kemudian bosan.

twitter @DoraemonHariIni


15. Ada yang lebih penting dari nilai sekolah.

Dari cuplikan komik Doraemon ini, nilai sekolah memang penting karena sebagai indikator kelulusan. Namun, saat berada di masyarakat, ada yang lebih dari nilai mata pelajaran, yaitu attitude. Seperti Nobita yang memiliki banyak nilai 0 tapi di mata Sizuka, Nobita memiliki sikap baik dan jujur. Aw! Manis banget.

twitter @DoraemonHariIni



Dari 15 cuplikan komik Doraemon, mana nih yang mewakili kenangan saat masa sekolah? Share ceritamu di kolom komentar

Posting Komentar

0 Komentar