6 Tantangan Yang Dihadapi Para Pebisnis Online



Kemudahan dalam mengakses internet juga dimanfaatkan sebagai peluang bisnis, dengan modal internet, siapa saja bisa membuka toko online. Banyaknya pebisnis online yang bermunculan menimbulkan beragam tantangan yang akan dilalui, bagaimana memulai toko online hingga mengembangkan dan mempertahankan sebuah brand di benak setiap pelanggan.

Berikut 6 Tantangan Yang Dihadapi Para Pebisnis Online :


1. Modal.

Siapa yang masih berpikir jika modal hanya terikat dengan uang? Atau apakah masih ada yang berpikir jika modal yang dikeluarkan untuk memulai bisnis sangatlah mahal? Di era digital siapa saja bisa membuka bisnis dengan cara yang murah meriah, salah satu caranya adalah dengan berjualan di media sosial. Seperti facebook atau instagram, jangan khawatir karena masih banyak yang menggunakan facebook, masih relevan juga untuk berjualan di sana. Jika bisnis lancar dan ingin mengembangkannya, sudah saatnya untuk memiliki partner kerja untuk meringankan sekaligus memberikan berbagai prespektif pengambilan keputusan.

2. Target market.

Menjual produk juga harus disesuaikan dengan target market yang dituju, hal ini agar kita tidak sia-sia untuk melakukan promosi. Mencari target market bisa dimulai dari beberapa pertanyaan mendasar, untuk siapa produk ini? Usianya berapa, bertempat tinggal di mana, memiliki hobi apa, berapa rata-rata penghasilan perbulannya dan masih banyak pertanyaan. Di media sosial cukup mudah untuk mengetahui apakah toko online yang dirintis sudah memenuhi target market, analisis insight di setiap platform media sosial.

3. Meningkatkan penjualan.

Tentu saja, kita berjualan pasti menginginkan keuntungan, caranya dengan meningkatkan penjualan, bisa dengan cara berbayar menggunakan iklan, atau berjualan dengan metode promosi gratis melalui grup-grup. Semua cara yang akan dilakukan harus dipikirkan secara matang agar target penjualan terpenuhi.

4. Kompetitor

Adanya kompetitor tidak bisa diabaikan, setiap bidang usaha pasti memiliki kompetitor. Sebagai pebisnis harus siap mental dengan hadirnya kompetitor. Miliki mindset jika persaingan bukanlah untuk mematikan usaha lawan, melainkan untuk pemacu agar terus-menerus berpikir kreatif dan mengambil langkah terdepan.

5. Promosi

Untuk yang sedang memulai bisnis, promosi harus dilakukan untuk mengenalkan toko online kepada masyarakat luas, siapkan strategi promosi untuk beberapa bulan ke depan, lakukan konsisten agar dapat menarik banyak customer.

6. Eksistensi atau keberlangsungan.

Setelah semua cara dilakukan dan ada pada level toko online dikenal di berbagai daerah, memiliki banyak agen, jangan terlena akan kesuksesan, karena mempertahankan bisnis cukup sulit daripada memulai bisnis. Bagaimana mempertahankan kualitas produk, bagaimana cara menghandle komplain customer, bagaimana mengelola keuangan, dan masih banyak lagi PR yang harus dikerjakan. Pebisnis juga harus memiliki jiwa kepemimpinan untuk menentukan arah selanjutnya toko online.

Selain memiliki tim yang handal, sebuah bisnis juga perlu sistem, hal yang paling mendasar adalah mengelola orderan, cara merekapnya, hingga proses produk tersebut sampai ke tangan pembeli, kemudian bagaiamana cara promosinya, dan masih banyak lagi. Bisnis yang tersistem membuat pertumbuhan toko online semakin sehat, pemilik akan tahu produk mana yang banyak dibeli, kemudian dapat memberikan gambaran untuk promosi selanjutnya, produk yang laris apakah sudah mencapai target, banyak manfaat yang didapat jika kita bekerja secara sistematis.

sign up Avana


Setelah saya membaca banyak rekomendasi, terdapat solusi untuk semua kebutuhan para pebisnis. Avana merupakan platform Social Commercer pertama di Indonesia yang membantu pebisnis berjualan online. Avana memiliki banyak sekali fitur unggulan, diantaranya :

1.Manajemen produk : Kemudahan untuk upload produk di webstore, facebook dan import produk bisa juga dari Instagram, cara praktis untuk membuat katalog produk dengan cara bulk.

2.Otomatis balas dan komentar pelanggan : Bisa customize untuk otomatisasi balasan pesan maupun komentar.

3.Messenger Blast : Blasting promo cukup 1 klik.

4.Manajemen order : Memroses orderan sangat praktis karena bisa dikelola lewat dashboard.


Karena tersedia penawaran Coba Gratis, maka saya tidak melewatkan untuk mencobanya. Meskipun saya baru pertama kali menggunakannya, namun mudah untuk menggunakan dan terdapat instruksi yang jelas, hal yang paling dasar yaitu terdapat pilihan bahasa, bisa dipilih bahasa Indonesia atau bahasa lainnya. Setelah mengikuti langkah untuk mendaftarkan secara gratis, saatnya merasakan fitur yang ditawarkan.

upload produk


Di dashboard terdapat tutorial yang berisi beragam pertanyaan yang sering diajukan, mungkin saja ada kesulitan, langsung klik aja “Tutorial”, namun sepanjang saya menjelajahi, masih mudah untuk dilakukan. Terdapat 2 store yang bisa digunakan, web store dan facebook store. Untuk upload produk terdapat 3 pilihan :

1.Upload dari komputer.

2.Upload dari facebook.

3.Upload dari Instagram.


Setelah saya mengikuti rangkaian yang dimulai dari mendaftar, menjelajahi dashboard hingga upload produk. Berikut 8 alasan mengapa harus menggunakan Avana.

1.Sistem yang mudah digunakan untuk pebisnis pemula maupun sudah mahir.

2.Orderan yang mudah untuk dipantau (terdapat juga report orderan yang diterima).

3.Berbagai macam payment webstore yang tersedia, terdapat juga AVApay.

4.Pemesanan sekaligus pembayaran bisa dilakukan di facebook.

5.Mudah untuk melakukan promosi (messengger blast).

6.Terdapat sistem code voucher.
7.Tutorial yang menjawab kesulitan.

8.Customer service yang responsif, CS by phone (+62822-1000-0365) ataupun admin di medis sosial.

9.Sering mengadakan live bussiness webinar, ilmu bisnis semakin bertambah.

sudah tayang, siap jualan

14 hari mendapatkan versi gratis, harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, sebagai pebisnis pasti mau dong bisnisnya berkembang, asalkan jangan takut untuk berani melangkah. Meskipun masih pemula tapi harus memikirkan sistem yang akan digunakan, bagaimana menangani order, bagaimana cara promo di media sosial, hingga proses reseller, semua itu butuh sistem, dan Avana ini sebagai solusi untuk para pebisnis online

Tidak ada komentar

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)