5 Ide Bisnis Kuliner Rumahan Low Budget

ide bisnis rumahan murah

Memiliki keahlian memasak yang mumpuni akan sangat menguntungkan. Karena saat ini ide bisnis kuliner akan membuat kamu menjadi pengusaha kuliner dengan income yang besar. Ada banyak jenis bisnis makanan yang bisa dikembangkan, meski belum memiliki banyak modal kamu bisa mencobanya dengan modal minim, tapi mampu mendapat keuntungan yang lumayan.

Sebuah usaha tidak harus menggunakan modal yang besar untuk membuka ruko ataupun toko sebagai modal akan usaha yang akan dikelola. Salah satu usaha dengan modal kecil adalah kuliner rumahan, yang dapat kamu lakukan di rumah saja tanpa harus menyewa bangunan untuk usaha ataupun tempat untuk memulai bisnis yang akan kamu jalani. Terlebih jika kamu merupakan orang yang jago dalam hal masak-memasak, maka akan semakin menghemat modal untuk menyewa juru masak.

Berikut ini ide bisnis makanan homemade atau rumahan dengan low budget.


1. Usaha Bubur Ayam.


Makanan yang satu ini adalah makanan yang selalu ada di setiap daerah khususnya pada pagi hari. Sebuah makanan yang kerap dijadikan menu sarapan yang enak dan juga simpel, serta tidak terlalu mengenyangkan di perut. Usaha bubur ayam ini merupakan salah satu ide yang bisa kamu coba karena tidak membutuhkan modal yang begitu besar untuk memulai bisnis ini. Bila kamu tidak memiliki gerobak roda maka kamu bisa membuka usaha di rumah saja.

Keuntungan yang bisa kamu peroleh dari ide usaha ini selain bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bubur ayam yang sangat mudah ditemukan dan sangat murah. Juga makanan ini merupakan makanan yang hampir semua orang sukai, sehingga sangat pas menjadi ide bisnis kuliner. Keuntungan dari penjualan bubur ayam juga tergolong sangatlah besar dan telah banyak penjual bubur ayam yang meraih kesuksesannya.

2. Usaha Gorengan Kekinian.


Usaha gorengan juga dapat kamu coba sebagai bisnis. Sebab rata-rata masyarakat Indonesia sangat menyukai gorengan seperti tahu goreng, bakwan, pisang goreng, singkong goreng, tempe goreng, cireng, dan masih banyak lagi jenis gorengan lainnya. Sehingga usaha gorengan adalah sebuah usaha yang memiliki peluang besar untuk mendapatkan keuntungan. Terlebih lagi apabila kamu bisa memberikan inovasi macam-macam yang telah ada sebelumnya.

Langkah selanjutnya adalah, kamubisa mengembangkannya dan mengemasnya secara kekinian sehingga harga jualnya akan naik. Misalnya membuat tahu walik aneka rasa, stik kentang keju, atau pisang keju dengan aneka fla atau isian sehingga terlihat semakin menggiurkan.

Modal yang diperlukan untuk mewujudkan ide bisnis kuliner ini juga sangatlah kecil sehingga sangat cocok untuk kamu coba lakukan, dan juga tidak memerlukan sebuah ruko untuk membuka usaha ini. Bahkan dari rumah saja sudah bisa memulai usaha ini.

3. Usaha Kue Basah Tradisional.


Terdapat begitu banyak jenis kue basah tradisional yang memiliki begitu banyak peminat. Namun saat ini penjual kue basah sangatlah jarang ditemukan, sehingga kamu bisa melihat hal ini sebagai peluang untuk membuka usaha kue basah tradisional. Kamu cukup memiliki modal 1 sampai 2 juta rupiah maka sudah bisa menghadirkan begitu banyak jenis kue basah pada toko ataupun etalase yang bisa kamu simpan di rumah saja.

Selain itu, kamu juga tidak harus melakukan penjualan sendiri, tetapi Bisa dengan mendistribusikan kue-kue basah tradisional yang kamu miliki pada penjual-penjual kue kecil ataupun toko kue besar. Sehingga kamu hanya berperan sebagai produsen atau pembuat kue basah, tanpa melakukan penjualan tetapi mendapatkan keuntungan yang besar. 

4. Dropship Makanan Beku.

Sekarang ini, frozen ffod menjadi primadona, karena banyak macamnya, tahan lama dan bisa untuk dijual lagi, bagaimana jika belum memiliki modal? Bisa dengan menjadi dropshipper. Carilah supplier yang amanah dan terjaga kualitasnya, bisa juga cari yang satu daerah untuk menghemat ongkos kirim. Jangan lupa untuk gencar melakukan promosi. Keuntungan bisa disimpan untuk tujuan mengembangkan bisnis dan memiliki stock .

5. Catering Rumahan.


Ide ini bisa diterapkan, karena modal yang dibutuhkan tidak mahal. Catering rumahan bisa diterapkan dengan sistem Pre-order. Langkah awalnya adalah membuat daftar menu dan harga, bisa membuat daftar berdasarkan macam-macam makanan, atau daftar menu harian. Kemudian promosikan usaha anda, terapkan sistem Pre-order dengan batasan waktu transfer, kemudian pesanan yang diterima bisa langsung dikerjakan, jangan lupa untuk memberikan opsi pengirima, bisa menggunakan jasa ojek online atau membuka kerjasama dengan tetangga yang mau jadi kurir pesanan. Selamat mencoba!

Jenis-jenis usaha tersebut merupakan ide bisnis kuliner yang paling menguntungkan sehingga sangat cocok untuk kamu coba, karena ide bisnis kuliner rumahan tersebut hanya memerlukan low budget.

Tidak ada komentar

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)