Asuransi Syariah Salam Anugerah Keluarga Persembahan Dari Sun Life Indonesia

asuransi syariah keluarga

Pada awal tahun 2020, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan perkiraan jika asuransi syariah di Indonesia bisa tumbuh 9%, hal ini seiring dengan jumlah penduduk muslim di Indonesia yang masih belum memiliki memiliki proteksi diri.

Berdasarkan Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLK) 2019 yang dirilis oleh OJK, literasi keuangan syariah mengalami kenaikan, dari 8,1% pada tahun 2016 menjadi 8,93% pada tahun 2019. dari data tersebut, masih banyak peluang untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk memiliki proteksi diri.

Sebuah tantangan akan berubah menjadi peluang jika mampu memberikan sebuah solusi. Meskipun memiliki modal dasar yaitu jumlah penduduk muslim di Indonesia tergolong besar, hal ini memicu untuk memberikan sosialisasi literasi asuransi syariah secara berkelanjutan.

Tantangan lainnya adalah bagaimana meyakinkan bahwa produk tersebut mampu memberikan perlindungan untuk pribadi maupun keluarga. Selain itu, memberikan sebuah inovasi agar akses informasi produk maupun literasi tentang proteksi mudah diakses oleh siapa saja termasuk masyarakat yang masih awam tentang asuransi.

Perbedaan Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional.


Dalam buku yang saya baca, yaitu “Meraih Berkah Melalui Asuransi Syariah, Ditinjau dari Perbandingan dengan Asuransi Konvensional”, memberikan pemahaman asurasnsi syariah jika dilihat secara hakikatnya adalah suatu bentuk kegiatan saling memikul risiko di antara sesama manusia sehingga antara satu dengan lainnya menjadi penanggung atas risiko yang lainnya.

Saling pikul risiko yaitu suatu tindakan dilakukan atas dasar saling tolong menolong dalam kebaikan.

Penjelasan yang lebih dalam lagi, asuransi syariah adalah sistem di mana para peserta menghibahkan sebagaian atau seluruh kontribusi yang akan digunakan untuk membayar klaim, jika terjadi musibah yang dialami oleh sebagian peserta.

Pada pasal 246 Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) mendefinisikan asuransi atau pertanggungan adalah suatu perjanjian dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung, dengan menerima suatu premi, untuk peggantian kepadanya karena suatu kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tidak tentu.

Pemahaman lain menjelaskan, asuransi merupakan satu bentuk pengendalian risiko yang dilakukan dengan cara mengalihkan (trasfer) risiko dari satu pihak ke pihak lain (dalam hal ini adalah perusahaan asuransi).

Asuransi Syariah Salam Anugerah Keluarga.


Di Indonesia, beberapa jenis perlindungan yang sangat dekat di masyarakat adalah asuransi jiwa, kesehatan, hingga kendaraan. Pemahaman saya, seringnya perlindungan diberikan untuk diri sendiri atau barang pribadi, sementara kebutuhan akan perlindungan akan terus berubah, ketika telah berkeluargapun inginnya ada satu produk asuransi yang dapat mengerti akan kebutuhan.

Satu produk yang bisa dirasakan manfaatnya untuk seluruh anggota keluarga, jadi nggak perlu bingung untuk membeli produk yang mana aja untuk setiap anggora keluarga, maunya all in one.



Melindungi keluarga juga salah satu bentuk kasih sayang, sebuah iktiar agar masa depan keluarga dapat terjamin, tak hanya suami istri, tapi anak-anak juga terlindungi. Asuransi Salam Anugerah Keluarga merupakan asuransi syariah dari Sun Life Indonesia merupakan solusi perencanaan keluarga secara menyeluruh karena tak hanya memberikan manfaat perlindungan saja, namun memberikan manfaat investasi, cocok untuk perencanaan untuk jangka panjang.

Memberikan keunggulan yang dapat dirasakan oleh seluruh anggota keluarga.

Keunggulan :

1. Satu polis memberikan perlindungan asuransi untuk 4 peserta sekaligus (suami istri dan 2 orang anak).

2. Dilengkapi auransi tambahan kesehatan untuk seluruh anggota keluarga hingga maksimal 6 peserta.

3. Kontribusi yang terjangkau dengan perlindungan yang menyeluruh.

4. Kesempatan untuk bersedekah jariyah dengan berwakaf.

5. Total santunan asuransi untuk suami istri sebesar 200%

Manfaat Asuransi Syariah Salam Anugerah Keluarga.

Menurut survei BPS, 9 dari 10 wanita di Indonesia menggantungkan hidup dari pasangan. 60% istri yang suaminya meninggal dunia harus menurunkan standard gaya hidup. Dari data tersebut, setiap keluarga harus memikirkan bagaimana melindungi keluarga ketika ia berada di luar rumah untuk mencari nafkah? Dengan hadirnya inovasi dari Asuransi Sun Life Indonesia yaitu Asuransi Syariah Salam Anugerah Keluarga, setiap kerja keras seorang Ayah, insya Allah menjadi berkah keluarga.

Manfaat perlindungan :

1. 100% Santunan asuransi akan dibayarkan kepada penerima manfaat apabila peserta pertama meninggal dunia, masih dalam masa asuransi.

2. 100% Santunan asuransi akan dibayarkan kepada penerima manfaat apabila peserta kedua meninggal dunia, masih dalam masa asuransi.

3. Santunan asuransi sebesar Rp10 juta untuk setiap Peserta Anak (maksimal 2 Peserta Anak) yang meninggal dunia, masih dalam masa asuransi.

Manfaat investasi akan dibayarkan, apabila :

1. Peserta pertama dan peserta kedua telah meninggal dunia dan polis berakhir.

2. Peserta pertama dan peserta kedua masih hidup hingga tanggal berakhirnya polis.

Manfaat asuransi tambahan :

1. Asuransi kecelakaan.

2. Asuransi kematian akibat kecelakaan.

3. Santunan rawat inap dan pembedahan.

4. Penyakit kritis.

5. Sun Medical Platinum Syariah.

6. Manfaat pembebasan kontribusi akibat pemegang polis sakit kritis/ cacat total tetap/ meninggal dunia.


Fitur wakaf :


1. Wakaf berkala : Dibayarkan bersamaan dengan pembayaran KAB (Kontribusi Asuransi Berkala) sebesar maksimal 30% dari KAB.

2. Wakaf manfaat asuransi : Maksimal sebesar 45% dari Santunan Kematian pada saat peserta meninggal dunia.

3. Wakaf manfaat investasi : Maksimal 30% dari nilai dana dari investasi yang terbentuk dan dapat dibayarkan pada saat :

a. Pemegang polis melakukan penarikan dana sebagian, atau

b. Peseta pertama dan peserta kedua telah meninggal dunia.




Saya tertarik untuk mendaftar karena banyak keunggulan yang didapat, bagaimana dengan biayanya?


Ada 3 jenis kontribusi yang dapat peserta bayarkan pada produk ini :

1. Kontribusi Asuransi Berkala (KAB) yang dibayarkan sesuai pilihan dengan frekuensi pembayaran kontribusi yang dipilih. Minimal sebesar Rp. 9.000.000 pertahun.

2. Kontribusi Top up berkala, yang dibayarkan bersamaan dengan Kontribusi Asuransi Berkala.

3. Kontribusi Top up tunggal, yang dapat dibayarkan sewaktu-waktu sesuai keinginan peserta.


Minimal 1.500.000 per Top up. Kontribusi yang dibayarkan sudah termasuk komisi dan biaya pemasaran lainnya.

Biaya - biaya (Ujrah) :


1. Ujrah akuisisi 65% dari Kontribusi Asuransi Berkala tahun pertama.

2. Ujrah berkala dikenakan secara bulanan dari Nilai Dana Investasi Pemegang Polis sebesar:

a. 55% dari Kontribusi Asuransi Berkala untuk tahun ke–2

b. 45% dari Kontribusi Asuransi Berkala untuk tahun ke–3

c. 30% dari Kontribusi Asuransi Berkala untuk tahun ke–4

d. 20% dari Kontribusi Asuransi Berkala untuk tahun ke–5

3. Ujrah Kontribusi Top up sebesar 5% dari Kontribusi Investasi berkala atau Kontribusi Top up Tunggal.

4. Ujrah administrasi Rp50.000,00 perbulan, dikenakan sejak bulan pertama.

5. Iuran asuransi dikenakan secara bulanan sejak bulan ke-1 dari Nilai Dana Investasi Pemegang Polis yang besarnya sesuai usia, jenis kelamin dan Santunan Asuransi. Iuran asuransi terdiri dari Iuran Tabarru ’sebesar 75% dan ujrah Pengelolaan Risiko sebesar25%.

6. Ujrah pengelolaan investasi dan kustodian maksimal 2,5% pertahun dari portofolio investasi.

7. Ujrah penebusan Polis dan ujrah penarikan Nilai Dana Investasi Pemegang Polis, dikenakan tidak lebih dari total Kontribusi Asuransi Berkala Tahun Polis pertama.

a. Ujrah penebusan Polis dikenakan dengan rumus: total KAB Tahun Polis Pertama X Faktor Ujrah Penebusan Polis.

b. Ujrah penarikan Nilai Dana Investasi Pemegang Polis dikenakan atas penarikan sebagian dari Nilai Dana Investasi Pemegang Polis : Jumlah Penarikan Sebagian / Nilai Dana Investasi X Faktor Ujrah Penarikan X Total KAB tahun pertama.

8. Faktor Ujrah Penarikan Nilai Dana Investasi Pemegang Polis dan Penebusan Polis.

Tahunke–1s/d5 : 100%

Tahunke–6 : 70%

Tahunke–7 : 50%

9.Ujrah pengalihan jenis Dana Investasi mulai dikenakan untuk pengalihan ke-4 dalam satu tahun polis sebesar 0.5% dari nilai dana investasi Pemegang Polis yang dialihkan atau minimal Rp100.000,00 mana yang lebih besar.

biaya asuransi sunlife


Adapun spesifikasi manfaat dari asuransi tambahan.


1. Asuransi Kecelakaan : Memberikan tambahan santunan asuransi apabila peserta meninggal dunia karena kecelakaan.

2. Kematian akibat cacat atau kecelakaan : Memberikan tambahan santunan asuransi apabila peserta meninggal dunia karena kecelakaan.

3. Sun Medical Platinum Syariah : Memberikan perlindungan kesehatan kepada maksimal 6 anggota keluarga dalam satu polis :

a. Fasilitas jaminan asuransi berlaku di wilayah yang diasuransikan.

b. Fasilitas kamar dengan satu tempat tidur dan kamar mandi dalam hingga 365hari pertahun.

c. Perawatan kanker (Radioterapi atau kemoterapi, imuoterapi dan pengobatan hormonal), rawat jalan, cuci darah ICU, operasi rekontruksi akibat kanker sesuai tagihan.

d. Perawatan di luar wilayah pertanggungan yang memberikan fleksibilitas dan peace of mind untuk perlindungan kesehatan dimanapun berada.

e. Limit booster yang menambah batas tahunan keseluruhan hingga 6x sampai sampai dengan 40 miliar, berlaku seumur hidup selama polis aktif.

f. Akomodasi pendamping pasien untuk semua umur, berlaku untuk perawatan di dalam dan di luar Indonesia. Akomodasi di hotel berlaku khusus untuk perawatan di luar Indonesia.

g. Layanan second medical opinion.

h. Penggantian perawatan sebelum dan sesudah pembedahan pulang hari.

i. Pemeriksaan kesehatan untuk penyakit kronis (stroke, kanker, dan coronary bypass surgery).

4. Penyakit kritis : Memberikan tambahan santunan jika perserta terdiagnosis salah satu dari 40 tipe penyakit kritis sebelum peserta berusia 65 tahun.

5. Santunan rawat inap dan pembedahan : Memberikan tambahan santunan asuransi saat peserta dirawat di rumah sakit atau menjalani operasi.

6.Pembebasan kontribusi akibat pemegang polis sakit kritis : Memberikan pembebasan pembayaran kontribusi jika Polis terkena penyakit kristis hingga maksimal berumur 65 tahun.

7. Pembebasan kontribusi akibat pemegang polis meninggal dunia : Memberikan pembebasan pembayaran kontribusi jika Pemegang Polis meninggal dunia hingga maksimal berumur 65 tahun.

8. Pembebasan kontribusi akibat pemegang cacat total tetap : Memberikan pembebasan pembayaran kontribusi jika Pemegang Polis cacat total tetap akibat kecelakaan hingga maksimal berumur 65 tahun.


Melindungi keluarga sekaligus memiliki tujuan jangka panjang dalam berinvestasi, bisa menjadi salah satu ikhtiar agar seluruh anggota keluarga dapat menerima manfaatnya. Tak sekedar sebagai asuransi jiwa saja, namun memiliki banyak tambahan perlindungan dengan kemudahan frekuensi pembayaran kontribusi. Deengan produk Asuransi Salam Anugerah Keluarga, Selalu Menemani, Selamanya Melindungi.

asuransi syariah itu apa

15 komentar

  1. saya lebih prefer ikut unitlink daripada asuransi konvensional...emang lebih murah yg konvesional..tetapi yg lebih menguntungkan bagi nasabah adalah unitlink baik itu syahriah atau produk unitlink lainnya

    BalasHapus
  2. asuransi syariah salah satu cara untuk memproteksi diri dan membuat kita lebih tenang dan aman dengan segala permasalahan diri dan kesehatan

    BalasHapus
  3. favoritku memang asuransi syariah mba, dan banyak loh ternyata yang non muslim pun ambilnya asuransi syariah karena memang lebih bagus secara sistemnya daripada yang biasa

    BalasHapus
  4. Menggabungkan asuransi dan investasi itu cara cerdas zaman sekarang. Karena sakit itu mahal sekali. Makanya asuransi menjadi sangat penting.

    BalasHapus
  5. Wah, ada fitur wakafnya juga ya kalau asuransi syariah. Sembari mengasuransikan diri dan keluarga sebagai perlindungan, juga bisa berwakaf.

    BalasHapus
  6. Berarti ada prinsip saling membantu ya lewat asuransi syariah sunlife ini, dan asiknya kalau yang syariah itu lebih menenangkan

    BalasHapus
  7. Banyak ya manfaat yang didapat dari asuransi syariah, rasanya sayang kalau dilewatkan untuk bisa bergabung. Karena meskipun untuk jangka panjang, tapi ada juga bisa dinikmati selama masa periode tersebut berjalan.

    BalasHapus
  8. Paling penting untuk diingat saat mengajukan asuransi untuk diri dan keluarga adalah masa panjang, artinya jangan memikirkan masa sekarang, anggap saja ini hanya menabung untuk diri sendiri dan keluarga. Sebab, dewasa ini asuransi menjadi kebutuhan yang sangat vital.

    BalasHapus
  9. Zaman sekarang asuransi memang penting ya, tapi memang kita harus paham dulu product knowledgenya sebelum memutuskan untuk membelinya.

    BalasHapus
  10. Owh jadi gitu perbedaannya, jadi ingin beli asuransi bersyariah akh...

    BalasHapus
  11. Saya setuju, kalau salah satu bentuk kasih sayang itu bisa dari asuransi. Misalnya seorang Ayah sebagai kepala rumah tangga sudah memikirkan keadaannya di masa akan datang. Namanya segala sesuatu dalam hidup ini tidak bisa diprediksi ya, Mbak Sari. jadi istilahnya sedia payung sebelum hujan.

    BalasHapus
  12. Makasih ya kak infonya,memang harus punya asuransi untuk proteksi satu keluarga ya. Alhamdulillah ada yang syariah dan banyak keuntungannya nih.

    BalasHapus
  13. Sangat perlu sosialisasi literasi asuransi syariah, agar masyarakat juga makin banyak pilihan proteksi yang sesuai kebutuhan dan sistemnya lebih menenangkan

    BalasHapus
  14. Wah asik juga ya 1 polis bisa digunakan 4 orang anggota keluarga, apalagi bisa buat wakaf, dan santunan asuransinya sampai 200%. Benar-benar manfaatnya sangat berguna nih asuransi jiwa syariah

    BalasHapus
  15. Sampai saat ini saya belum tertarik untuk menggunakan Asuransi Mbak, meskipun itu syariah. Dulu rada gak pedui gitu sih, cuma saya udah dapat gambaran tentang Asuransi Syariah disini, Thanks for sharing :)

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)