Ide Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

ide bisnis dengan modal kecil

Percaya tidak jika ide usaha rumahan bisa muncul kapan aja, apalagi modalnya kecil bahkan tanpa modal? Cara yang paling mudah adalah melihat sekitar kita, apa yang ngetrend, apa yang sedang dibutuhkan, apa yang belum ada di sekitar kita? Jika ada kemauman, pasti ada jalan, tergantung usaha kita bagaimana menciptakan peluang tersebut agar dapat menambah penghasilan, lambat laun bisa menjadi sumber utama penghasilan.

Peluang usaha makanan menjadi hal yang bisa dijadikan pilihan yang tepat saat ini. Setiap hari kita membutuhkan makan, cemilan, selalu ngunyah , dulu ngetrend es kepal milo, sekarang boba, bukti jika  bidang kuliner tidak ada matinya, selalu ada inovasi yang menggoyang dapat menggoyang lidah para pecinta kuliner.


Ide Usaha Modal Kecil

Jangan ragu untuk memulai usaha, banyak peluang yang modalnya kecil hingga tanpa modal, bahkan bisa dilakukan siapa saja, remaja hingga Ibu rumah tangga. Sesuaikan saja menjual barang yang sedang dicari saat ini, tidak masalah jika mengikuti trend untuk mengetahui pasar, ikutan-ikutan jualan minuman boba, ikutan jualan dessert box, atau kuliner lainnya, lambat laun akan mengetahui bagaimana selera pembeli, apakah suka dengan rasa tertentu, apakah tipe pembeli yang suka dengan rasa unik dan sebaginya. Kemudian bisa melanjutkan dengan inovasi dari hasil riset pasar.

berikut ide usaha modal kecil yang bisa kamu lakukan :

Jajanan pasar.

Ide usaha makanan merupakan salah satu pilihan terbaik yang dilakukan untuk ibu rumah tangga, apalagi jika memiliki hobi membuat jajanan pasar bisa segera praktik, bahkan sekarang ini banyak channel youtube, aplikasi resep kuliner yang bisa dipraktikan di rumah dengan bahannya mudah dicari.

Cara menjualnya bisa dengan berjualan di pasar, di depan rumah, atau konsinyasi, titip jual ke warung-warung. Sebelum memutuskan untuk berjualan, harus mengetahui peminatnya, jajanan apa saja yang laris di pasaran, berapa harganya, di mana lokasinya, lakukan riset sederhana. Karena dengan mengetahui kondisi target pembeli, kita akan mengetahui jenis jajan pasar yang akan dibuat. 

Catering makanan sehat.

Sekarang sesuatu hal yang mengandung imunitas tubuh sangat laris di pasaran, bisa menjadi peluang usaha untuk menambah pundi-pundi tabungan. Catering makanan sehat bisa menyasar target ibu-ibu muda yang sibuk, anak-anak kos, ataupun wanita yang sedang melakukan program diet.

Untuk menghemat biaya, pasarkan dengan cara pre-order, tawarkan sample atau contoh masakan pada teman, saudara atau tetangga, dengan cara seperti ini dapat menekan modal. Berikan paket-paket catering yang bisa dipilih, mulai dari harga murah hingga premium sesuai dengan variasi menu. Berikan promo yang bisa meningkatkan penjualan. Misalnya untuk 50 orderan pertama mendapatkan bonus minuman jus sehat dalam botol.

Reseller Logam Mulia.

Ingin mencoba peruntungan bisnis selain di bidang kuliner? Menjadi reseller Logam Mulai bisa menjadi ide usaha sampingan yang menjanjikan, karena sekarang ini hingga masa yang akan datang, emas masih menjadi primadona sebagai produk investasi maupun sebagai koleksi. Apalagi sekarang menjamur emas koin dengan nominal kecil, dengan harga puluhan ribu rupiah bisa mendapatkan Logam Mulia.

Agar bisnismu dapat dipercaya, daftarkan diri kamu secara resmi untuk menjadi reseller atau agen penjualan, jangan lupa untuk mengumpulkan testimoni dari pembeli, untuk meningkatkan nilai tokomu yang beneran resmi, nggak tipu-tipu.

Produk penunjang kesehatan.

Selain ide usaha yang telah disebutkan di atas, produk penunjang kesehatan bisa menjadi peluang usaha. Produk seperti vitamin, masker, minuman kesehatan masih menarik peminat di luar sana. Jika masih belum punya modal untuk membuat minuman kesehatan, bisa dimulai dengan menjadi reseller ataupun dropship vitamin dengan brand tertentu.

Sebelum menjualnya, lebih baik membeli beberapa vitamin untuk dikonsumsi sendiri, jadi benar-benar tau manfaat yang dirasakan, nantinya bisa menyakinkan konsumen jika produk yang kamu jual merupakan produk berkualitas.

Bumbu siap saji.

Menjual bumbu siap saji hasil dari kreasi kamu bisa menjadi pilihan ide usaha makanan yang layak untuk dipasarkan. Ide membuat bumbu siap saji seperti rendaman daging ala Korea, bumbu putih, bumbu merah, bumbu rawon, dan lainnya.

Selain bumbu dasar, bisa juga menjual aneka sambal siap saji, misalnya sambal teri, sambal baby cumi, atau sambil ikan peda. Agar semakin bervariasi, bisa menambahkan pilihan level pedas yang semakin menggugah selera. Untuk menghasilkan penjualan yang lebih banyak, berikan potongan harga untuk minimal pembelian.

Paket sayur.

Ide usaha makanan lainnya yang bisa kamu coba sebagai bisnis sampingan adalah menjual paket sayur, sediakan paketan sayur dengan harga ekonomis, seperti sayur sop, sayur lodeh, sayur asem dan sebaginya. Isinya bisa disesuaikan dengan harga, tidak hanya berisi bahan-bahan sayuran, bisa dilengkapi dengan bumbu yang siap untuk dimasak. Ide ini akan menarik apalagi jika dipasarkan ke lokasi kos mahasiswa ataupun karyawan.

Jangan lupa untuk berinovasi, bisa menyediakan paket olahan Nusantara lainnya atau olahan masakan pelbagai negara, misalnya menjual paket Tom Yam, paket shabu-shabu, paket bulgogi dan masih banyak lagi. Sistem PO sangat dianjurkan agar paket yang dijual benar-benar fresh dan nikmat.

Jika baru pertama kali memulainya, sistem pre order merupakan cara yang tepat untuk menekan biaya, modal yang dimiliki bisa untuk memberikan tester, dijual pada orang sekitar terlebih dahulu seperti tetangga, saudara, ibu-ibu PKK atau komunitas. Kumpulkan testimoni sebagai daya tarik pembeli jika kamu merupakan penjual yang dapat dipercaya.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan saran dari pembeli yang bisa meningkatkan kualitas daganganmu. Jangan terburu-buru untuk mengembangkan bisnis dengan cara menjualnya ke luar kota, pertimbangkan ketahanan produk, risiko yang dihadapi dan cari solusi jika pangsa pasar di luar sana bisa meningkatkan pendapatan. Semoga berhasil, selamat mencoba ide usaha untuk Ibu rumah tangga dengan modal kecil!

3 komentar

  1. Di Gresik juga mulai marak jualan bahan2 makanan yang sepaket gitu. Tom Yam iya, steam boat iya, panggang2an iya. Mana org Gresik suka bgt kulineran, jadi jualan yg berbau kuliner pasti laris manis

    BalasHapus
  2. Bumbu siap saji itu dibutuhkan banget loh zaman sekarang, soalnya kan memang lebih sering di rumah, mamak-mamak jadi bosan banget masaaaakk mulu, alhasil dengan beli bumbu siap saji, kerjaan masak itu jadi lebih ringan :D

    Paket sayur juga menarik, dan sangat dibutuhkan mamak-mamak kayak saya, secara saya kadang takut ke pasar, terpaksa bergantung banget ama yang jualan paket sayuran bahkan lauk.

    Produk penunjang kesehatan itu, bisa juga masker ya, banyak banget sekarang ibu-ibu yang memanfaatkan kepiawaiannya dalam menjahit untuk membuat dan menjual masker, mana maskernya lucu-lucu pula :)

    BalasHapus
  3. reseller logam mulia saat ini paling menjanjikan ya. Apalagi kumpul sama ibu-ibu yang doyan ngoleksi logam mulia.
    bisnis paket sayur online di tengah pandemi gini juga mulai banyak yang melakukan. karena tiap orang pasti butuh sayur untuk makan. hehe

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)