Cloud Hosting Indonesia Murah




Sebagai bloger pasti tidak asing dengan platform blog, hosting hingga domain. Untuk pengguna blogspot pasti tidak perlu repot lagi untuk memikirkan hosting karena sudah tersedia, langsung beli domain saja untuk upgrade web blog.

Ibaratnya, hosting itu kita menyewa space untuk diisi dengan data dan sebagainya agar web atau blog yang kita miliki dapat bekerja secara maksimal. Kalau hosting itu rumahnya, maka alamat rumah adalah domain.

4 hal yang diperhatikan sebelum membeli hosting :


  1. Jasa layanan penyedia hosting yang terpercaya. Gunakan jasa layanan penyedia hosting yang terpercaya, karena pengalaman servicenya tentu lebih bisa diandalkan. Tidak hanya sekadar memberikan promo, tapi mampu memberikan layanan yang terbaik.
  2. Fitur layanan. Fitur ini berkaitan dengan harga yang ditawarkan, sebelum membeli harus dibandingkan fitur apa saja yang diberikan antar dan harga yang harus dikeluarkan.
  3. Keamanan. Menurut saya yang masih awam ini, hosting yang akan kita beli harus memiliki sertifital SSL, karena Google sudah menggaungkan dari jauh hari jika situs harus memiliki SSL demi meningkatkan keamanan dan memberikan rasa aman kepada pengunjung web. Beberapa sumber yang saya baca jika situs tanpa SSL, peringkat pada mesin penelusuran akan “dinomer duakan”, Google lebih suka dengan situs yang sudah SSL. Nah, SSL ini keamanan yang paling dasar, keamanan lainnya akan didapatkan sesuai dengan fitur dari jenis hosting yang ingin kamu beli.
  4. Biaya. Sebelum membeli hosting, biaya perlu diperhatikan, jika memang diperuntukan untuk web perusahaan, maka perlu budget yang tinggi untuk performa yang maksimal. Jika untuk pemula, masih bisa gunakan hosting yang sesuai dengan kemampuan, semakin berkembang dan banyaknya pemasukan, hosting dapat diupgrade.
  5. Service. Pilih layanan yang memiliki service yang memuaskan, karena sebuah situs tidaklah stagnan, kadang ada trouble, maintenance, kadang terjadi lonjakan trafic. Hal-hal teknis perlu customer service maupun teknikal service yang responsif.
Banyak jenis hosting yang bisa kalian untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut jenisnya.


Jenis Hosting.

Memiliki sebuah web maupun blog dengan tujuan akan dikelolas secara profesional (sebagai ladang duit), maka butuh berbagai persiapan. Di antaranya adalah memilih hosting sesuai dengan kebutuhan.


Berikut jenis hosting yang perlu kamu ketahui :

Shared hosting

Untuk pemula, pilihan shared hosting bisa dipilih, apalagi trafik yang klik web masih relatif kecil. Shared ini berarti kita berbagi server kepada pengguna lain.

Dari penjelasan di atas, sudah dapat disimpulkan apa kelebihan dan kekurangan dari shared hosting. Kelebihannya, karena berbagi dengan pengguna lain, maka biaya yang dikeluarkan tidak besar, cocok bagi pemula yang ingin mengelola sebuah web.

Namun, perlu dipertimbangkan jika kamu ingin memilih jenis shared ini, jika terjadi lonjakan trafik, maka tidak hanya performa web kamu yang kena dampaknya, tapi pengguna lainnya juga. Web yang berkembang, pasti membutuhkan space, dan maintenance yang lebih baik, maka kamu harus upgrade.

VPS hosting

Virtual Private Server Hosting setingkat lebih baik dari shared, hanya saja hosting ini masih berbagi dengan pengguna lain. Namun, ada bedanya yaitu jika terjadi lonjakan traffic pada web yang kamu kelola, tidak akan berdampak pada performa pada web pengguna lain, begitu juga sebaliknya.

Karena setiap pengguna mendapatkan server ini terdedikasi. Kekuranggannya adalah membutuhkan biaya yang cukup besar. Jadi, kamu harus memastikan jika web kamu benar-benar cocok dengan VPS Hosting ini.

Dedicated hosting.

Jika VPS masih berbagi dengan pengguna lain. Maka dedicated hosting memberikanmu keleluasaan untuk mengelola hosting secara fleksibel. Karena kamu akan memiliki server fisik sendiri untuk situs yang sedang kamu kelola.

Banyak kelebihan yang didapatkan, seperti kontrol penuh terhadap server, mendapatkan fitur yang lebih baik, keamanan lebih terjaga, meskipun memiliki kontrol penuh, masih disupport dengan customer service oleh penyedia layanan hosting. Semua kelebihan yang didapatkan, maka biaya akan lebih mahal dari Shared maupun VPS hosting.

Cloud hosting.

Salah satu hosting yang sangat digemari saat ini, lebih modern dan memenuhi kebutuhan pengelola sebuah situ.

Konsep sebuah cloud tidak hanya diperuntukan untuk web saja tapi bisa untuk menyimpanan data lain, kosepnya sama saja. Data yang kamu miliki disimpan ke beberapa server. Kelebihannya, jika salah satu server sedang mengalami gangguan, performa server lainnya tidak terganggu, performa situs kamu tetap stabil.

Cloud hosting ini cocok untuk pemula maupun yang memiliki trafik tinggi. Bisa untuk kebutuhan apapun bahkan lebih baik dari VPS maupun dedicated hosting. Karena data disebar ke beberapa server maka beban untuk kerja server dibagi secara merata, meskipun mengalami down, masih ada server lainnya yang menopang performa situs. Bahkan kita juga menambah resource jika menginginkan performa yang lebih prima.


Kamu tertarik untuk mendapatkan cloud hosting murah bagus? Pastikan juga kualitasnya, seperti jasa hosting yang diberikan oleh Domainesia yang memiliki fitur :

  1. Performa website secepat kilat dengan harga yang murah.
  2. MailChannels Spam Filter, Segala bentuk spam email sudah diantisipasi dengan MailChannels Spam Filter guna memastikan email kamu sampai ke tujuan.
  3. Garansi 99.9% Uptime
  4. Anti-virus & Anti-malware.
  5. Kamu bisa bebas memilih 5 lokasi server di berbagai datacenter yang tersebar di Indonesia, Singapura, Amerika, Inggris, dan Jepang.
  6. CloudFlare® Railgun.
  7. Backup Harian ke Cloud.
  8. Node.js, Python, Ruby, PHP.
Apa web yang kamu miliki sudah menggunakan cloud hosting?

0 comments

Posting Komentar

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)