Investasi Saham dan Investasi Reksadana, Sama-sama Menjanjikan



Investasi saham saat ini telah merambah ke online. Cukup dari ponsel atau laptop yang terhubung internet, kita sudah bisa bertransaksi saham., walaupun memiliki risiko yang paling tinggi, nyatanya masih banyak yang berinvestasi saham. Jika kamu memutuskan berinvestasi saham, kelolalah risikonya dengan baik.

Investasi saham berarti kamu membeli saham perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pengertian saham bisa juga diartikan sebagai suatu satuan nilai ataupun pembukuan dalam komponen finansial yang berfokus pada bagian bentuk kepemilikan suatu perusahaan. Jadi, saat seseorang membeli saham pada suatu perusahaan, maka sebenarnya orang tersebut sudah mempunyai hak atas suatu aset dan juga pendapatan yang diperoleh dari perusahaan tersebut sesuai dengan porsi saham yang dibelinya. 

Manfaat saham

Salah satu manfaat utama saham adalah sebagai salah satu instrumen investasi jangka panjang atau jangka pendek. Bagi para investor yang memanfaatkan sahamnya sebagai investasi jangka pendek biasanya mengharapkan adanya capital gain dari selisih harga jual dan harga belinya dalam waktu singkat. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat dua keuntungan yang bisa didapatkan oleh investor yang melakukan investasi saham, yakni:

  • Capital Gain, adalah profit yang didapatkan dari adanya selisih harga jual saham yang lebih tinggi daripada harga belinya. Setiap investor saham nantinya akan memperoleh keuntungan sesuai dengan besaran nilai saham yang sudah disetorkannya.
  • Dividen, adalah nilai keuntungan yang didapatkan dari hasil pembagian dividen tunai dari suatu emiten. Dividen adalah pendapatan tambahan yang bisa diraih oleh investor jika mereka membeli saham dari emiten yang memiliki performa pendapatan yang bagus.


Setelah mengetahui tentang investasi saham, mari kita membahas sedikit tentang Investasi reksadana yang dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi, serta terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berikut adalah jenis-jenis reksadana.

  • Reksadana Pasar Uang adalah investasi yang portofolionya terdiri dari instrumen aset jangka pendek atau kurang dari satu tahun, serta memiliki kualitas tinggi dan utang jangka pendek menggunakan aktiva yang lebih mudah cair.
  • Reksadana Pendapatan Tetap adalah reksadana yang portofolionya sebagian besar diinvestasikan dalam instrumen pendapatan tetap seperti surat berharga dan obligasi.
  • Reksadana Campuran adalah reksadana yang diinvestasikan dalam berbagai instrumen seperti pasar uang, obligasi, dan saham.
  • Reksadana Saham adalah reksadana yang sebagian besar portofolionya diinvestasikan dalam saham perusahaan yang terdaftar di bursa saham. reksadana ini adalah jenis yang paling menguntungkan jika dilihat dari sisi return. reksadana ini dikenal sangat beresiko namun Sejalan dengan risikonya yang lebih tinggi, reksadana jenis ini juga lebih berpotensi memberikan return tinggi dalam jangka panjang daripada reksa dana lain. Namun umumnya, tidak melebihi tingkat return saham.

 

Investasi reksadana semakin mudah dan cepat dengan DBS Treasures priority banking, selain memberikan banyak sekali fitur dan keuntungan, DBS Treasures juga memberikan banyak sekali kemudahan dan kenyamanan bagi anda yang ingin berinvestasi reksadana.

  • Pengelolaan Investasi oleh profesional

Semua pilihan investasi DBS Treasures dikelola oleh manajer investasi terkemuka dan terbaik untuk mengoptimalkan kinerja produk, yang sudah pasti juga sangat terpercaya sehingga anda tidak perlu ragu lagi.

  • Didukung tim ahli finansial terbaik

Dapatkan wawasan untuk memandu anda berinvestasi, dengan didukung tim ahli finansial yang andal dan proaktif, akan memberikan anda keuntungan lebih karena para ahli menganalisa pasar serta peluang terkini dengan sangat baik.

  • Diversifikasi untuk mengurangi risiko

Investasi dengan DBS Treasures juga mengurangi risiko, mendiversifikasi dana anda ke berbagai aset investasi yang ada untuk meraup keuntungan optimal  serta mengurangi risiko yang ada.

 

Adapun Fitur dan keuntungan investasi reksadana di DBS Treasures:

  • Meningkatkan diversifikasi

Dana dikelola dengan melakukan diversifikasi kepemilikan ke banyak instrumen serta akan diversifikasi dengan sangat teliti hingga dapat mengurangi risiko investasi.

  • Likuiditas harian

Pemegang reksadana dapat menjual kepemilikan mereka kembali berdasarkan harga nilai aktiva bersih pada hari yang sama, tidak membutuhkan waktu lama, hasil penjualan juga akan langsung masuk ke rekening pemegang investasi.

  • Manajemen investasi profesional

Reksadana dikelola oleh manajer investasi untuk mengawasi investasi dana, jadi kita tidak perlu khawatir mengelola investasinya sendiri.

  • Pengawasan pemerintah

Reksadana diatur oleh pemerintah serta terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang sudah pasti aman dan sangat terpercaya, jadi anda tidak perlu ragu lagi,

  • Kinerja transparan dan mudah dibandingkan

Semua reksadana wajib melaporkan informasi yang sama kepada investor, sehingga investor lebih mudah untuk membuat perbandingan antara satu dengan yang lain.

  • Akses 24/7 transaksi keuangan dan investasi.

 Pantau pergerakan investasi kamu selama 24 jam, setiap saat, kapanpun dan dimanapun lewat aplikasi digibank by DBS.

0 comments

Posting Komentar

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)