Mau Mulai Investasi? Ketahui Keuntungan dan Kerugian Reksadana Ini

cara investasi reksadana
https://unsplash.com/photos/dAmHWsRYP9c


Ingin memulai investasi tapi tidak punya modal yang besar? Kamu harus tau apa itu reksadana, salah satu metode investasi yang mudah dilakukan dan minim resiko. Salah satu keuntungan reksadana yakni kamu tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulainya, sehingga akan lebih tenang dalam berinvestasi.

Reksadana akan memberikan keleluasaan dalam menentukan instrumen investasi yang paling sesuai dengan tujuan kamu. Nantinya, kamu tidak mengelola sendiri dana yang diinvestasikan, karena ada manajer investasi yang mengelola. Ini sangat efektif untuk menghindari kerugian akibat pengetahuan yang minim.

Meski jumlah investor mengalami pertumbuhan yang begitu pesat, rupanya masih banyak masyarakat yang belum memahami produk keuangan di Indonesia. Padahal, ada berbagai jenis produk yang tersedia seperti obligasi, saham atau reksadana. Semua produk ini, bisa menghasilkan keuntungan yang besar asalkan dikelola dengan benar.

Masyarakat sebenarnya bisa memulai investasi reksadana yang dikenal memiliki resiko minim. Memulai investasi sejak dini bagus untuk membantu mewujudkan impian. Kamu tidak perlu risau dengan dana yang diinvestasikan, karena semuanya dikelola oleh pihak yang tepat.

Keuntungan Reksadana


Tertarik untuk mulai berinvestasi? Ketahui dahulu keuntungan reksadana agar kamu semakin yakin untuk melakukannya.

●Keuntungan Relatif Tinggi


Salah satu tujuan investasi tentu untuk mendapatkan keuntungan setinggi-tingginya. Reksadana diketahui mampu memberikan keuntungan sampai dengan 20% setiap tahunnya. Kamu bahkan bisa mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar, selama mampu mengelolanya dengan baik.

●Resiko yang Minim


Keuntungan reksadana lainnya yakni diversifikasi risiko yang bertujuan untuk menghindari nilai investasi turun semuanya. Ini dilakukan dengan mengalihkan dana investor ke beberapa instrumen, sehingga jika salah satu instrumen anjlok, instrumen lainnya kemungkinan masih dalam kondisi bagus.

●Terdapat Manajer Investasi


Memilih investasi reksadana merupakan pilihan yang tepat jika kamu masih pemula. Karena akan ada manajer investasi yang bakal membantu kamu mengelola portfolio agar lebih aman dan tetap mendapatkan keuntungan. Mereka adalah orang-orang yang sudah berpengalaman dalam dunia investasi.

Kerugian Reksadana


Informasi ini bisa menjadi referensi kamu sebelum memutuskan untuk melakukan investasi, karena semuanya tentu memiliki risiko.

●Biaya Investasi


Selain modal untuk investasi, ada beberapa biaya yang perlu kamu ketahui jika ingin memulai investasi reksadana. Salah satunya fee untuk manajer yang membantu kamu dalam mengelola dana investasi. Tidak perlu khawatir dengan fee tersebut, karena nilainya yang tidak besar.

●Butuh Waktu Saat Pencairan


Umumnya, pencairan reksadana membutuhkan waktu 3 sampai 4 hari kerja, karena sangat bergantung dengan likuiditasnya. Berbeda dengan deposito, yang bisa kamu cair pada hari yang sama dengan waktu pencairan.

●Harus Jeli Memilih Manajer Investasi


Kinerja dari manajer investasi sangat berpengaruh terhadap investasi yang kamu lakukan. Jika mereka tidak melakukan tugasnya dengan baik, kemungkinan besar reksadana tidak bisa berjalan sesuai. Maka dari itu, kamu harus berinvestasi di tempat yang tepat, seperti melalui aplikasi digital banking dari digibank by DBS yang bisa memberimu banyak kemudahan untuk setiap proses transaksi investasi.

Keuntungan Investasi Reksadana Melalui digibank by DBS


Mungkin kamu bertanya, kenapa harus investasi melalui digital banking satu ini? digibank by DBS saat ini menjadi salah satu layanan investasi terbaik karena layanan perbankannya yang tak hanya bisa untuk menabung tapi bisa juga untuk mulai berinvestasi. Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan.

●Mudah Untuk Memilih Produk Investasi


Dengan digibank by DBS, kamu akan lebih mudah dalam memilih reksadana. Terdapat fitur yang memudahkan kamu mengetahui reksadana yang memiliki kinerja terbaik, terpopuler atau bahkan yang memiliki scoring terbaik.

●Mudah Melakukan Pembelian, Penjualan Dan Switch


Investasi reksadana akan semakin mudah dengan adanya aplikasi yang satu ini. Kamu tidak perlu pergi ke bank untuk melakukan pembelian, penjualan maupun switch investasi. Ini akan sangat menghemat waktu kamu, sehingga tidak mengganggu kesibukan lain. Aplikasi ini juga bakal memberitahu informasi berkaitan dengan portofolio yang kamu miliki.

●Mengelola Investasi Lebih Fleksibel


Sebelum memulai investasi, kamu perlu mendaftar untuk Single Investor Identification atau SID. Inilah yang bakal membantu kamu melakukan pembelian reksadana secara berkala tanpa harus mendaftar lagi. Selain itu, kamu juga bisa mengubah besaran investasi per bulannya beserta tanggal pendebetan. Semuanya bisa kamu lakukan hanya dengan satu aplikasi digibank by DBS saja.

●Modal Minim


Jika kamu memang masih baru memulai investasi, lebih baik untuk berinvestasi dengan modal kecil. Melalui digibank, kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp100.000 saja. Angka tersebut tentu kecil, dibandingkan dengan biaya ketika kamu nongkrong di cafe atau mall. Daripada uang kamu terbuang percuma, lebih baik digunakan untuk berinvestasi. Investasi merupakan cara terbaik agar keuangan kamu bisa tumbuh dengan aman.

Pilihan Reksadana yang Beragam


Dari satu aplikasi ini saja, kamu bisa membeli lebih dari 50 produk reksadana. Banyaknya pilihan ini memberikan keleluasaan untuk memilih produk yang paling sesuai dengan tujuan berinvestasi kamu. Segala prosesnya digital, sehingga kamu bisa melakukannya kapanpun dan dari mana saja. Tidak perlu khawatir dengan digibank, karena layanan ini merupakan bagian dari Bank DBS yang merupakan bank teraman di Asia.

Investasi reksadana dinilai menjadi salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan dengan risiko yang rendah. Siapapun kini bisa mulai berinvestasi, karena tidak membutuhkan modal yang besar. Investor juga lebih leluasa dalam menentukan produk reksadana yang akan menjadi portofolio investasi.

Tertarik dengan sajian lengkap investasi ala rumah padang? Segera download digibank by DBS melalui Android maupun iOS. Ikuti juga Instagramnya untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai keuntungan reksadana. Mulai berinvestasi sejak dini, tidak masalah walaupun nominalnya kecil. Ini menjadi awal yang baik untuk mewujudkan impian kamu.

reksadana dbs



cara beli reksadana

0 comments

Posting Komentar

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)