Seberapa Penting Memiliki Dana Pensiun?

menyiapkan dana pensiun


Muda foya-foya

Tua kaya raya

Mati masuk surga

Masih ingat nggak tentang ungkapan tersebut. Meskipun terkesan becanda, namun bisa dilihat jika manusia menginginkan kenyamanan hidup. Untuk mendapatkannya, banyak hal yang dilakukan, bisa saja nyaman karena dapat warisan, atau seperti orang pada umumnya yaitu bekerja untuk mendapatkan hidup yang nyaman.

Sampai kapan sih kita bekerja? Berapa lama kita harus mencari uang? Dan apa tujuan kita untuk bekerja?

Wah, udah berat aja nih pembahasannya. Mumpung masih muda, masih produktif, masih bisa cari duit untuk memenuhi kehidupan yang layak, tapi jangan lupa jika manusia memiliki keterbatasan juga.

Ah… urusan tua ntar aja dipikirin, yang penting nikmati dulu masa muda..

Hmm… memikirkan masa tua bukan berarti kita ketakutan atau pesimis akan masa datang, namun menjadikan kita lebih mawas diri dan menyiapkan persiapan untuk hari tua sedini mungkin.

YOLO


YOLO (You Only Live Once). sebenarnya memiliki makna positif, namun sering kali menemukan penggunaan kata tersebut diikuti dengan kalimat yang negatif, seperti ;

“Mumpung masih muda, nikmati aja hasil usaha kita”, eh ujung-ujungnya malah boros.

“Harus bisa mendapatkan apa yang kita inginkan tanpa peduli bagaimana cara mendapatkannya”, motivasi seperti ini malah lebih mengarahkan kita menghalalkan segala cara, apalagi hanya ingin hasil yang instan, padahal proses untuk meraih tujuan membuat kita semakin menghargai apa yang telah kita dapatkan.

apa itu dana pensiun



Padahal makna YOLO memiliki makna yang positif, jangan menunggu tapi segera action untuk meraih apa yang kita inginkan, buka jalan untuk dirimu sendiri, jangan nunggu orang lain ataupun keadaan, tapi pintar melihat kesempatan. Berusaha keras, nikmati prosesnya, jatuh bangunnya, dan maksimalkan kemampuan yang kamu miliki untuk meraih impian.

YOLO bukan berarti maunya yang instan, tapi proses, usaha keras dan strategi juga mengikuti setiap tindakan yang kita lakukan.

Jika telah terbiasa dengan YOLO, kita akan berpikir jika hidup tidak hanya untuk masa muda, tapi juga memaksimalkan masa tua.

Bagaimana gaya hidup di masa tua? Apa yang ingin saya lakukan di masa tua? Bagaimana keadaan saya saat tua nanti?


Tidak berlebihan jika menyiapkannya sejak dini, saat ini juga!

Menikmati masa pensiun impian.


Kelak, ketika saya memasuki masa pensiun, ingin tetap mandiri, tidak ingin bergantung pada anak-anak, biarkan mereka memikirkan masa depan untuk generasi selanjutnya.

Meskipun nantinya memasuki masa pensiun, saya ingin tetap bisa traveling, berkumpul dengan teman-teman, dan menjalankan hobi dengan perasaan senang.

Meskipun pada kenyataannya, memasuki usia manula, kesehatan tidak seperti saat masa muda, gaya hidup yang berbeda saat usia muda.

tabungan dana pensiun



Berikut 3 alasan kita perlu dana pensiun :


  1. Memutus “tradisi” sandwich generation. Bukan menolak perhatian anak-anak ke orang tua sebagai bentuk pengabdian, tapi kelak ketika saya menjadi orang tua, saya tidak ingin merepotkan anak-anak, biarkan mereka fokus untuk mendidik generasi berikutnya.
  2. Kondisi fisik yang tak lagi. Meskipun ketika usia muda menjaga gaya hidup tetap sehat, ada saatnya kesehatan kita menurun, dan pos pengeluaran untuk kesehatan akan lebih banyak dari sebelumnya.
  3. Semakin tua, semakin sedikit yang menemani. Teman maupun saudara tidak lagi sebanyak saat masih muda, akan ada masanya mendapat kabar jika teman maupun saudara sakit ataupun meninggal. Usia tua juga rentan akan sendirian, maka tidak sedikit ingin masa tuanya menikmati hidup dengan cara menjalankan hobi, bertemu teman (jika kondisi masih sehat), ya semua itu memang butuh dana. Yuk, mulai dari sekarang bijak untuk mengelola keuangan.

Seberapa penting memiliki dana pensiun?


Berawal dari impian untuk menikmati masa pensiun dengan bahagia, saya mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh Manulife, membahas “Rahasia Pensiun Bahagia”.

Jujur saja, tidak belum ada pandangan apapun tentang pensiun, bahkan belum ada rencana sama sekali. Tapi, ketika Bapak Karjadi Pranoto, selaku Director & Chief EB and Sharia Distribution Manulife Indonesia, membicarakan tentang waktu yang tidak terasa cepat, tahu-tahu udah akhir tahun, dan pada akhirnya kita tidak sadar jika kita memasuki usia yang tidak produktif lagi.

Maka, sebelum menyiapkan dana pensiun, ada 3 hal yang harus kamu perhatikan?

  1. Pada umur berapa untuk pensiun?
  2. Bagaimana gaya hidup setelah pensiun?
  3. Apa saja sumber dana untuk memenuhi gaya hidup saat pensiun?

Pembahasan lebih lanjut, dijelaskan oleh Kak Citra Anjelina, selaku Head of Strategy and Transformation Pension Bussiness Manulife Indonesia. Kak Citra memperlihatkan data populasi manusia yang menua terjadi peningkatan, dan berkurangnya populasi orang usia kerja yang dapat mensupport pensiunan.

Adanya data bukan untuk menakuti, tapi mengajak kita untuk bersiap diri. Selain itu, Kak Citra menjelaskan jika harapan hidup setiap tahunnya semakin naik, bisa jadi karena optimisme untuk menjalankan masa depan dengan hidup bahagia.

Karena dari awal saya tidak ingin merepotkan anak-anak saat usia saya memasuki pensiun, maka persiapan yang nggak kalah penting adalah dana pensiun.

Sudah merencanakan impian pensiun yang bahagia, sekarang saatnya perlu strategi untuk mewujudkannya.

Apa saja sumber dana untuk memenuhi gaya hidup saat pensiun?

Cata dan hitung sumber dana yang kamu miliki, bisa berupa JHT, dana pensiun, bantuan dari keluarga, warisan atau lainnya.

data populasi populasi
data diolah kembali oleh Manulife

 


Kak citra menjelaskan tentang Replacement Rate (RR) merupakan rasio penghasilan perbulan saat pensiun dibandingkan dengan penghasilan terahir yang diterima ketika masih bekerja.

Berdasarkan ILO, RR dianggap ideal adalah 40%, namun bukan sebagai patokan untuk setiap individu, karena dilihat lagi kebutuhan setiap individu saat masa pensiun (gaya hidup).

Ilustrasi sederhananya seperti ini : Misal ingin pensiun diusia 60 tahun, harapan hidup hingga usia 80tahun. Maka berapa dana yang kita butuhkan selama 20tahun. Nah, jika saat ini kita berada diusis 30tahun, berarti usia produktif kita hanya 30tahun lagi nih. Jangan dilihat masih lamanya masa pensiun, bisa saja tiba-tiba keseheatan kita menurun saat usia 55tahun. Persiapan lebih dini akan meringankan hidup kita untuk masa depan.

Lanjut, misalnya setiap bulannya kita memiliki gaji 10 juta, jika ratio ideal 40%, setidaknya kita butuh pendapatan +/- 6juta setiap bulannya saat pensiun.

Lantas, setelah menyusun stategi dan menghitung dana, cukup atau tidak dengan gaya hidup kita saat pensiun?

Kak Citra memberikan pemahaman jika dana pensiun bisa berasal dari mana saja, kalau Jaminan Hari Tua belum cukup untuk menunjang gaya hidup saat pensiun, bisa mencari sumber pendapatan yang lain, misalnya investasi. Jika investasi, lihat dulu profil risiko, cenderung dinami atau konservatif.

dana pensiun
Kak Citra


dana pensiun manulife
Bapak Karjadi Pranoto



DPLK Manulife.


DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) merupakan Dana Pensiun yang dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa. Beberapa kali saya sempat membaca tulisan dari teman yang ikut program DPLK ternyata program ini tidak hanya untuk perusahaan, tapi juga individu untuk merasakan manfaat pensiun. 

Beberapa kali mendengar tentang DPLK Manulife, jadi ingin mengetahui lebih banyak. Akhirnya saya menelusuri web www.manulife.co.id

DPLK Manulife Indonesia merupakan badan hukum yang didirikan oleh PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia untuk mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun berdasarkan landasan hukum dana pensiun yaitu Undang-undang Nomor 11 tanggal 20 April 1992 serta peraturan pelaksanaannya.

DPLK Manulife Indonesia telah mendapatkan pengesahan dari Menteri Keuangan, No. KEP-231/KM.17/1994, tanggal 5 Agustus 1994.

Keberadaan DPLK Manulife sebagai proteksi untuk masa tua nanti, bisa saja apa yang kita rencanakan tidak sesuai dengan harapan, seperti terjadi bencana, PHK atau musibah yang tidak bisa dhindari. Tentu saja dana darurat juga diperlukan, namun kebutuhan dana yang lebih besar tidak bisa terelakkan, dan butuh pihak ketiga untuk mengelola dana pensiun kita.

Ada 2 pilihan yang bisa kamu pilih sebagai produk dana pensiun sekaligus perlindungan hari tua dari Manulife, yaitu :

  1. MiFuture Income Protector (MiFIP) merupakan produk dari Manulife Indonesia yang akan memberikan penghasilan di hari tua hingga delapan kali dari total Dana Mapan. Selain itu, MiFIP juga memiliki perlindungan risiko kematian dan kecelakaan hingga 100persen dari Dana Mapan.
  2. MiGolden Retirement dapat membantu mempersiapkan tabungan pensiun bahkan jika kita berminat untuk pensiun di usia 40 tahun. Manfaat pensiun juga bisa diberikan kepada keluarga yang ditinggalkan, jika yang bertanggung meninggal dunia.

Menyiapkan dana pensiun bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga salah satu bentuk rasa sayang kepada keluarga, meskipun nantinya kita meninggal sebelum menikmati masa pensiun, kelak dana pensiun yang telah kita kumpulkan bisa dirasakan manfaatnya oleh ahli waris. Manfaat dana pensiun juga bisa diambil meskipun belum waktunya. 

Siapkan dan miliki dana pensiun dimulai dari sekarang, tidak ada kata terlambat, dan tidak ada kata sia-sia jika kita melakukan perjuangan untuk masa depan diri sendiri dan orang yang kita cintai. #semakinharisemakinbaik

dplk manulife
Bloger gathering









Referensi artikel :

https://www.manulife.co.id/id/artikel/dana-pensiun-apa-gunanya-dan-gimana-cara-mengumpulkannya.html

https://www.manulife.co.id/id/artikel/pahami-risiko-mencairkan-dana-pensiun-terlalu-dini.html

https://kumparan.com/kumparanstyle/yolo-pedoman-hidup-kaum-millenial-yang-sering-salah-diartikan/3

24 komentar

  1. Noted banget... Sayang pengetahuan & kesadaran ttg persiapan dana pensiun ini ga aku dapat dr dulu2. Kalau nabung sejak awal kerja, pasti lebih enak ya. Manfaat dana pensiun yg didapat jg bs lebih besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga baru ngeh kalau dana pensiun itu penting, padahal masa muda gak akan bertahan lama, harus banget mikirin masa tua nanti

      Hapus
  2. Baca a ini saya seperti ditepuk-tepuk pundak, diingatkan untuk segera membenahi hidup dan keuangan yg porak poranda. Tengkiyuu.

    BalasHapus
  3. Sudah saatnya kita lebih melek kepada yang namanya dana pensiun, karena belajar dari pengalaman orang tua kita yang yang belum mempersiapkan dana pensiun sejak muda jadinya mereka ada yang membebani anak-anak atau sanak keluarganya.

    BalasHapus
  4. penting banget loh dana pensiunan, ortuku dulu sering beli tanah sih jadi pas meninggal dibagi ke ahli waris

    BalasHapus
  5. DPLK Manulife ini beneran bermanfaat bagi masyarakat untuk mempersiapkan dana pensiun secara baik dan terencana ya. Bisa pilih dari 2 opsi itu yang mana sesuai kebutuhan hari tua nanti. Makasih sharingnya, kita jadi tau deh kudu jaga2 mulai sekarang.

    BalasHapus
  6. Berarti salah menerapkan strategi YOLO, bukannya bijak, malah keterusan jadi boros, hehehe...

    Penting banget untuk menyiapkan dana pensiun untuk masa tua nanti. Biar bisa memutus generasi sandwich anak cucu kita nanti. Very nice info Mba Sari...

    BalasHapus
  7. Cita2ku memang hidup tenang & bahagia ketika tua. Ga repot kerja lagi, tinggal nikmatin masa2 santai aja. Manulife memang bisa diandalkan deh utk pengelolaan dana pensiun.

    BalasHapus
  8. Penting juga ya ternyata dana pensiun ini, gak hanya menabung buat investasi saja, tapi sebaiknya kita pun menabung untuk masa pensiun nanti :)

    BalasHapus
  9. Dana pensiunnya udah disiapkan, perhatikan juga bagaimana gaya hidup setelah masa pensiun ya. Yang pasti berbeda sih dengan sebelum pensiun mengingat juga usia yang tak lagi muda ya

    BalasHapus
  10. Sejak ikutan banyak webinar tentang perencanaan keuangan aku jadi makin aware juga mba soal asuransi dan dana pensiun ini. Penting banget lhoo biar punya masa tua yang asyik ya ngga sih

    BalasHapus
  11. YOLO, justru ini harus kita maksimalkan ya, bukan cuma berfoya-foya, bersenang-senang saat ini tapi juga harus memikirkan hari tua yang pasti juga akan menghampiri, maka sebelumnya itu kita juga harus menyiapkan bekal yaitu dana pensiun agar nantinya jika kita sudah tidak produktif lagi kita tidak memberatkan anak-anak ataupun orang sekitar kita ya.

    BalasHapus
  12. Kita sebisa mungkin memutus generasi sandwich, ya. Berharap masa tua kita nanti bebas financial. Memang perlu banget nih, dimulai dari sekarang buat nyiapin dana pensiun.

    BalasHapus
  13. iyaa enak banget yaa jargonnya muda foya-foya, tua kaya raya, mati masuk surga, kaya ga ada beban hidup sama perjuangan mengais rejeki hahhaha. Buat kita yang berasal dari keluarga biasa-biasa aja, harus terus atur pendanaan saat ini, masa mendatang dan masa pensiun sih biar hari tua juga bisa tenang, tercukupi dan ga nyusahin orang lain, investasi dana pensiun ini menarik jg yaa dicicil dari sekarang nih mumpung masih muda

    BalasHapus
  14. Bener banget mbak, dana pensiun ini emang penting banget, banyak orang yang salah kaprah mengartikan, kalau masih muda gak perlu mikirin dana pensiun padahal semakin muda semakin panjang waktu dan ringan dana yg disisikan

    BalasHapus
  15. aku sudah ngerasain sendiri nggak enaknya jadi sandwich generation
    makanya aku nggak mau anak anakku mengalaminya.
    jadi aku pun sudah mempersiapkan dana pensiun ini mbak

    BalasHapus
  16. dana pensiun ini ternyata manfaatnya tuh luar biasa yaaa, untuk kita pribadi pastinya bisa menjadi perlindungan finansial di hari tua agar keuangan kita tercukupi tanpa membebani anak

    BalasHapus
  17. saya jadi penasaran, berapa investasi awal untuk dana pensiun di manulife ya mba? terkait dana pensiun ini emang penting, terlebih untuk freelancer yang gak punya gaji tetap apalagi dana pensiun

    BalasHapus
  18. Nyatanya kalimat motivasipun bisa dimaknai berbeda oleh setiap orang ya, jadi menerapkannya juga macam macam....
    Setuju sih aku kalau mempersiapkan dana pensiun itu harus segera dilakukan dan zaman sekarang makin banyak cara yang praktis dan memudahkan...

    BalasHapus
  19. tahun depan aku kumpulin dana darurat sama dana pensiun. bismillah bisaaa. yuk gaes

    BalasHapus
  20. Banyak ya manfaatnya, kok aku selama ini terlena ya nggak menyiapkan dana pensiun.. padahal kan penting banget. Hmm, harus kumasukkan ke resolusi tahun depan ah.

    BalasHapus
  21. selagi masih muda dan masih kuat, kudu banget mempersiapkan dana pensiun supaya masa tua lebih terjamin. Apalagi dimasa tidak menentu seperti sekarang. penting banget mulai dari sekarang

    BalasHapus
  22. Ya ampun, baca ini jadi inget umur. Sekarang udah 40. Dan aku masih aja ngejar banyak hal untuk kebutuhan sekarang.

    BalasHapus
  23. Baca tulisan ini jadi teringat belum menyiapkan dana pensiun padahal sekarang udah mau 40 tahun, Sar. Makasih ya atas rekomendasinya, memang penting menyiapkan dana pensiun karena bermanfaat bukan hanya buat keluarga tapi juga bisa jadi dana produktif setelah enggak bekerja lagi. Apalagi kayak aku yang fulltime di rumah, bisa nih ngulik DPLK Manulife!

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)
EmoticonEmoticon