Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekening: Pengertian, Jenis dan Cara Cek Rekening Bank

cara cek rekening bank
cara cek rekening bank : (sumber) https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-dengan-kemeja-kotak-kotak-putih-dan-abu-abu-memegang-smartphone-android-samsung-putih-5965635/


Seiring dengan berkembangnya teknologi, memiliki rekening seolah menjadi hal yang wajib. Sayangnya, masih ada beberapa orang yang belum kenal dengan rekening. Tidak jarang dari mereka bahkan tidak tahu cara cek rekening bank, padahal ini merupakan hal mudah.

Tidak perlu berkecil hati jika kamu masih belum akrab dengan rekening. Agar lebih akrab di sini kita akan bagikan informasi perkenalan seputar rekening untuk kamu. mari kita intip informasi selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Rekening


Rekening merupakan sederet angka atau nomor khusus yang digunakan untuk melakukan berbagai transaksi di bank seperti tarik tunai, menabung, cek saldo, cek rekening bank, hingga cek mutasi rekening.

Pengertian mutasi rekening sendiri yaitu catatan yang berisi riwayat transaksi yang telah kita lakukan menggunakan rekening tersebut. Umumnya riwayat ini akan tersimpan untuk durasi tertentu kemudian akan terhapus secara otomatis.

Pengertian lainnya dari rekening adalah pembukuan milik bank mengenai produk simpanan yang dimilikinya, baik itu dalam bentuk Rupiah ataupun mata uang asing. Setelah nasabah selesai buka tabungan di suatu bank, umumnya mereka akan mendapatkan kombinasi angka yang berbeda-beda.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah bank dalam melacak data nasabah untuk berbagai kepentingan tertentu suatu saat nanti.

Jenis-jenis Rekening


Agar lebih akrab, sebelum mengetahui bagaimana cara cek rekening bank, mari kita kenali terlebih dahulu beberapa jenis rekening. Pada dasarnya, rekening memiliki 5 jenis yaitu sebagai berikut.

1. Rekening Aktif


Rekening aktif merupakan rekening yang memiliki riwayat mutasi rekening berupa setoran atau penarikan dan rekening masih memiliki sejumlah tabungan di dalamnya. Seperti yang kita tahu bahwa pengertian mutasi rekening merupakan riwayat transaksi yang dilakukan melalui rekening tersebut. Artinya, jika rekening masih memiliki riwayat transaksi, maka rekening tersebut masih cukup aktif digunakan.

2. Rekening Mati


Jenis rekening ini kebalikan dari jenis sebelumnya, yaitu tidak ada indikasi dilakukannya transaksi. Hal ini terjadi karena nasabah tidak menggunakan rekening tersebut dalam jangka waktu tertentu, baik itu penarikan atau penyetoran. Jadi, bank memutuskan untuk menonaktifkan rekening tersebut.

3. Rekening Bersama


Rekening bersama merupakan jenis rekening yang bisa diatasnamakan dua orang atau lebih. Jadi, cek rekening bank dan transaksi bisa dilakukan bersama-sama.

4. Rekening Giro


Rekening giro merupakan rekening simpanan milik nasabah individu atau perusahaan dalam bentuk rupiah atau mata uang asing. Penarikannya dapat dilakukan kapan saja melalui bilyet giro atau warkat cek.

5. Rekening Koran


Rekening koran merupakan laporan transaksi per individu yang disajikan secara terperinci, mulai dari debit-kredit, hingga riwayat transfer yang bisa dicetak setiap 1 bulan.

Cara Cek Rekening Bank


Pada dasarnya cara ini sangatlah mudah. Anda bisa melihatnya langsung melalui buku tabungan rekening bank tersebut. Umumnya, nomor rekening akan tercatat pada halaman awal buku rekening.

Jika saat ini buku rekening sedang tidak ada dalam jangkauan Anda, coba cek rekening bank melalui ATM dengan cara memilih menu histori transaksi. Di sana, kamu akan bisa melihat nomor rekeningmu.

Cara berikutnya yaitu melalui mBanking. Kamu hanya tinggal log in user ID dan password. Biasanya nomor rekening akan langsung tampil di beranda utama mBanking.

Cek Rekening Bank Mudah Bersama PermataMobile X



cara cek rekening bank permata
https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-smartphone-buku-catatan-menjelajah-6084083/


Sudah punya rekening yang bisa memberikan banyak kelebihan belum? Mari buka rekening bank bersama PermataMobile X dan nikmati berbagai kelebihan seperti di bawah ini.

● Fitur Canggih dan Lengkap


PermataMobile X merupakan aplikasi mBanking yang menyediakan ratusan fitur perbankan canggih dan lengkap untuk semua penggunanya.

● Cek Mutasi Lebih Mudah


Nikmati kemudahan cek mutasi dan cek rekening bank yang lebih mudah bersama PermataMobile X. Riwayat transaksi akan disimpan hingga 12 bulan, lho!

● Praktis


Nikmati kemudahan transaksi dalam satu aplikasi, mulai dari cek akun, bayar kartu kredit, isi pulsa, transfer, buka rekening, cek mutasi, hingga pengajuan KTA.

Selain mendapatkan beberapa kelebihan di atas, PermataMobile X juga bisa melakukan beberapa hal lain seperti di bawah ini.

  1. Sudah paham kan pengertian mutasi rekening? Nah, PermataMobile X bisa dengan mudah cek mutasi hingga 12 bulan.
  2. Bayar berbagai tagihan seperti listrik, internet, telepon, dan lain sebagainya dengan mudah.
  3. Isi token listrik, e-wallet, dan isi pulsa.
  4. Buka rekening, kartu kredit, hingga pengajuan KTA secara online.
  5. Berbagai transaksi investasi reksadana.
  6. Pembayaran dengan metode QR Pay.
  7. Tarik tunai tanpa kartu debit di seluruh gerai Indomaret dengan fitur Mobile Cash.
  8. Kirim uang dengan cara yang unik pakai WhatsApp Gift.
  9. Pengajuan kenaikan limit sementara kartu kredit.

Cara Mudah Daftar mBanking PermataMobile X


Untuk bergabung menjadi bagian dari PermataMobile X, mari ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  1. Unduh Aplikasi PermataMobile X di App Store atau Play Store.
  2. Pilih mulai setelah aplikasi terbuka.
  3. Pada pertanyaan “Apakah kamu punya rekening PermataBank?”, silahkan pilih “Ya” jika memilikinya.
  4. Pada pertanyaan yang sama, silahkan jawab “tidak” jika kamu tidak memilikinya. Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke PermataStore untuk buka rekening.
  5. Pilih opsi “tidak” pada pertanyaan “Apakah kamu mempunyai user ID PermataMobile X?”
  6. Tentukan akan mendaftar pakai nomor rekening atau kartu kredit.
  7. Ikuti petunjuk berikutnya hingga selesai.

Cara daftarnya sangat mudah bukan? Mari buka rekening bersama mbanking PermataMobile X! Nikmati berbagai fitur canggih untuk memudahkan berbagai kebutuhan transaksi, termasuk cek rekening bank.

Posting Komentar untuk "Rekening: Pengertian, Jenis dan Cara Cek Rekening Bank"