Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengajarkan Literasi Keuangan Pada Anak.

literasi keuangan pada anak


Apa pentingnya sih mengajarkan literasi keuangan pada anak? Kan anak-anak masih belum paham apa itu uang? Kan masih belum tau nilai suatu barang? Ah gampang kok, kalau anak tinggal minta, kasih aja.

Menanamkan hal baik perlu dilakukan sedini mungkin, seperti memberikan pemahaman akan literasi keuangan pada anak, tujuannya agar anak tidak boros, tidak hanya memahami aktivitas transaksi keuangan, melainkan membentuk kebiasaan menghargai barang yang dimiliki, memaknai nilai suatu barang dan sebagainya.

Mengajarkan literasi keuangan penting dilakukan sejak dini karena pengetahuan dan pengalaman yang diajarkan sejak dini akan membentuk karakter dan kebiasaan yang telah diajarkan.

Berikut cara mengajarkan literasi keuangan pada anak :

  1. Ajak anak untuk tau proses transaksi : Ajak anak berbelanja, biarkan anak mengamati proses pembelian barang, dari memberikan uang di kasir hingga mendapatkan barang yang diinginkan. Hal ini memberikan pemahaman konsep dasar tentang uang.
  2. Memberikan pemahaman tentang nilai uang : Tidak hanya transaksi, melainkan berikan pemahaman tentang nilai uang. Memberikan pengetahuan bagaimana cara orang tua mendapatkan uang, merawat barang yang telah dimiliki dan mengelola uang untuk memenuhi kebutuhan lainnya.
  3. Berikan tanggung jawab pada anak : Ajarkan pada anak, jika ingin sesuatu harus didapatkan dengan perjuangan, misalnya memberikan uang saku agar anak terbiasa mengelola uang untuk membeli barang yang diinginkan. Tidak hanya uang saku, berikan kegiatan jual-beli, menabung, ataupun membeli barang dengan melibatkan keputusan anak.
  4. Menjadi orang tua sebagai role mode untuk anak : Jika tidak ingin anak-anak boros, maka orang tua harus memberikan contoh yang baik, lakukan kegiatan atau melibatkan anak-anak seperti belanja bulanan, menabung secara manual atau di bank, dan kegiatan lainnya.
  5. Berikan aktivitas yang menyenangkan : Literasi keuangan untuk anak tidak hanya dipelajari dalam buku maupun di sekolah saja, banyak hal yang bisa diajarkan ke anak. Misalnya melalui games.

Banyak pilihan games online yang bisa dimainkan anak ataupun bersama dengan orang tua. Menemukan website yang semuanya tentang permainan uang yang ramah untuk anak, berikut rekomendasi game online untuk mengajarkan literasi keuangan pada anak dengan cara menyenangkan.

Food Business Simulation - Coffee Shop.

Game simulasi jika kamu menjadi pemiliki coffee shop, permainan ini mudah banget, diajarkan mulai dari dasar, cocok banget untuk anak-anak. Di permainan ini, kita tidak hanya menjual coffee, melainkan mulai dari membeli persediaan, mengetahui keinginan customer, menentukan resep, hingga menentukan harga jual agar nggak terlalu mahal.

game online shop untuk anak


Cara mainnya, pertama kali membeli persediaan seperti kopi, cups, gula dan susu, kemudian berjualan hingga stok terjual habis, untuk awal penjualan fokus dulu dengan banyaknya cups yang terjual, kemudian bisa meracik resep sesuai keingin customer dan perlahan-lahan menaikkan harga jual.

Game online untuk anak



Setiap harinya, akan ada laporan penjualan, reputasi dan perkiraan cuaca yang bisa dijadikan acuan untuk mendapatkan lebih banyak penjualan.

Business Simulation Games - Idle Mining Empire.

Siapa nih yang punya cita-cita punya tambang? Permainan ini, selow banget deh. Karena kamu hanya perlu menambang dan mengumpulkan uang untuk upgrade tools dan level yang semakin tinggi sehingga uang yang didapat juga akan makin tinggi.

game simulasi untuk anak


Pada mulanya hanya ada 3 pegawai, kemudian bisa menambah manager agar pegawai bisa berjalan secara otomatis, kemudian pilih level dan tools sesuai dengan uang yang kamu miliki.

Permainan ini, mengajarkan untuk mengelola uang dan delegasi pekerjaan, karena permainan untuk anak kecil, jadi mudah banget untuk dimainkan dan naik level.

Office Politics Games - Office Hurdles Games.

Permainan yang lumayan bikin adrenalin terpacu, karena kamu harus lari dan menghindari halangan, kalau tidak bakalan kepleset dan permainan selesai. Sebenarnya ada pilihan lain, namun yang ini lebih greget, karena gampang banget Game over, harus lebih gesit aja menghindari rintangan.

rekomendasi game simulasi pada anak


Game online di atas merupakan rekomendasi permainan untuk anak-anak agar lebih mudah untuk memanage keuangan, dan masih banyak pilihan lainnya game online mengajarkan keuangan untuk anak-anak, ada 7 kategori yang bisa dipilih ;
  1. Money Games : Games yang mengajarkan transaksi jual beli, anak akan lebih terlatih untuk berhitung, ada 8 permainan yang bisa kamu coba.
  2. Real estate Games : Cocok banget nih yang nggak hanya diajarkan untuk kelola uang tapi juga kelola property agar semakin berkembang. Lebih dari 10 macam games, dan lebih banyak games populer di sini, seperti LEGO City Adventures Build and Protect.
  3. Food Business Simulation Games : Seperti yang dijelaskan di atas, games ini tidak hanya mengajarkan untuk kelola uang yang dimiliki, tapi mengembangkan bisnis dalam bidang kuliner, bagaimana kita kelola persediaan, resep yang disukai pembeli, mengetahui apa kesukaan pembeli dan bagaimana menentukan harga jual.
  4. Business Simulation Games : Ayo kelola bisnismu agar semakin berkembang dan mendapatkan tools dan level yang upgrade! Dipermainan ini teradapat 7 pilihan permainan.
  5. Software Developoment Games : Meskipun terdapat kata software, permainan ini nggak terlalu susah untuk dimainkan anak-anak. Permainan ini lebih mengutamakan mengelola pekerjaan yang ditangani agar lebih sistematis dan cepat selesai.
  6. Office Politics Games : Masih tentang bagaimana cara menghandle pekerjaan di kantor agar mendapatkan hasil yang maksimal.
  7. Other Fun Games : Selain permainan tentang uang, ada juga games yang nggak kalah serunya, kamu bisa pilih kategori ini, banyak macamnya, tentng mencintai alam, memasak dan masih banyak lagi.
Meskipun banyak game online yang memiliki manfaat untuk edukasi anak-anak, jangan lupa untuk mendampingi dan disiplin akan waktu.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengajarkan Literasi Keuangan Pada Anak."