Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengusir Nyamuk di Kamar dengan Bahan Alami, Ampuh!

cara mengusir nyamuk di kamar


Selain rasa gatal, gigitan nyamuk juga bisa menyebabkan sejumlah penyakit, seperti malaria dan juga DBD. Kondisi ini tentu berbahaya bagi kesehatan, sehingga penting untuk mengetahui bagaimana cara mengusir nyamuk di kamar. Perihal ini, sebetulnya banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Sebab, nyamuk diketahui tidak menyukai bau-bau tertentu dari bahan alami yang sering digunakan di rumah.

Selengkapnya, simak tips mengusir nyamuk di kamar dalam artikel ini!

Cara Mengusir Nyamuk di Kamar

Nyamuk dikenal sebagai serangga pengganggu yang menggigit manusia untuk mendapatkan makanan. Mereka diketahui lebih aktif di malam hari, karena saat siang, nyamuk rentan mengalami dehidrasi. Itulah yang juga menjadi alasan mengapa nyamuk lebih aktif di malam hari saat orang-orang hendak tidur. Nah, agar terhindar dari gigitannya, cara ampuh mengusir nyamuk di kamar yaitu menggunakan bahan-bahan dengan aroma yang tidak disukainya.

Adapun cara mengusir nyamuk di kamar secara alami yaitu sebagai berikut:

1. Menggunakan Gula Merah Cair

Cara membasmi nyamuk di kamar tidur yang pertama, yaitu menggunakan gula merah cair. Mungkin, masih banyak yang belum tahu soal ini. Memang, gula merah sering digunakan untuk memasak. Namun, selain untuk membuat makanan, gula merah ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan pengusir nyamuk.

Caranya, cairkan beberapa keping gula merah terlebih dahulu dan siapkan botol plastik yang sudah dipotong menjadi dua bagian. Setelah itu, oleskan gula merah cair ke seluruh permukaan botol plastik. Kemudian, letakkan corong botol dengan posisi terbalik.

Jika sudah, letakkan botol yang telah dilumuri gula merah cair di kamar.

2. Sereh

Selanjutnya, cara alami mengusir nyamuk di kamar yaitu menggunakan serah yang dibakar. Sereh diketahui sebagai salah satu bahan makanan atau minuman herbal yang memiliki aroma kuat dan sedap.

Ternyata, aroma inilah yang tidak disukai oleh nyamuk, sehingga cocok dijadikan sebagai bahan untuk mengusirnya. Adapun caranya yaitu bakar satu batang sereh di kamar, agar asapnya menyebar ke seluruh ruangan dan mencegah nyamuk datang.

3. Bunga Lavender

Sudah tidak asing lagi jika bunga lavender digunakan untuk mengusir nyamuk yang ada di kamar. Sebab, nyamuk tidak menyukai aroma bunga yang satu ini.

Lalu, bagaimana cara penggunaannya? Caranya, hancurkan bunga lavender, lalu aplikasikan sari bunganya ke kulit. Meski tidak disukai oleh nyamuk, aroma bunga lavender ini wangi, sehingga tidak akan mengganggu penciuman ketika digunakan.

Di sisi lain, bunga lavender juga diketahui bisa menenangkan dan menyejukkan kulit.

4. Lemon Eucalyptus Oil

Cara mengusir nyamuk di kamar selanjutnya, yaitu menggunakan lemon eucalyptus oil yang dihasilkan dari pohon Eucalyptus citriodora. Minyak ini sudah sejak lama digunakan sebagai bahan pengusir serangga, termasuk nyamuk.

Adapun cara penggunaannya, yaitu campurkan minyak lemon eucalyptus dan witch hazel dengan perbandingan 1:10. Jika tidak memiliki bahan tersebut, menggunakan Force Magic bisa menjadi solusi ampuh untuk mengusir nyamuk.

Sebab, Force Magic mengandung bahan aktif synthetic pyrethroid dan juga eucalyptus oil yang ampuh untuk menolak nyamuk.

5. Kulit Jeruk

Kulit jeruk merupakan salah satu bahan alami yang kerap digunakan dalam cara mengusir nyamuk di kamar. Tak perlu diolah atau dicampur bahan tertentu, cukup letakkan beberapa kulit jeruk di sudut-sudut kamar yang sering menjadi sarang nyamuk.

Dengan demikian, aroma kulit jeruk yang menyebar ke seluruh ruangan akan mencegah nyamuk untuk datang.

6. Gantung Plastik yang Diolesi Minyak

Terakhir, cara mengusir nyamuk di kamar secara alami, yaitu dengan membuat perangkap yang terbuat dari minyak dan kantong plastik. Caranya, oleskan minyak goreng di permukaan plastik, lalu ikat dan gantung di sudut ruangan yang sering dihinggapi nyamuk.

Nyamuk yang bertabrakan dengan plastik tersebut, akan terjebak dan menempel di bagian permukaannya.

Nah, itu dia sejumlah cara mengusir nyamuk di kamar tidur secara alami dan ampuh.

Selain menggunakan bahan-bahan alami, Force Magic juga bisa dipakai untuk mengusir nyamuk, karena bahan aktif yang ada di dalamnya. Semoga informasi ini membantu!



Referensi

https://www.halodoc.com/artikel/6-bahan-alami-yang-ampuh-mengusir-nyamuk-di-rumah
https://www.gramedia.com/best-seller/cara-mengusir-nyamuk/#15_Minyak_dan_Plastik_Yang_Digantung
https://www.momsmoney.id/news/5-essential-oil-yang-ampuh-mengusir-nyamuk

9 komentar untuk "7 Cara Mengusir Nyamuk di Kamar dengan Bahan Alami, Ampuh!"

  1. dari semuanya kayanya ak prefer pilih yg taruh bunga lavender dan kulit jeruk deh, klo yg gula aren alamat nyamuk hilang tapi semut berpesta pora wkkwkwkw, plus klo lavender or aroma jeruk kan hitung2 buat aroma therapy

    BalasHapus
  2. Ternyata banyak cara untuk mengusir nyamuk di rumah ya, Mbak. Dan selama ini saya tahunya bunga levender. Nah, kalau plastik diolesi minyak itu, saya sering lihat dipasar, dipasang penjual. Tapi untuk lalat. Kalau dulu saya caranya pakai piring kaleng yang diolesi minyak.

    BalasHapus
  3. Ada lagi kak, kopi katanya juga bisa.
    Memang nih kudu libas nyamuk yang berkeliaran. Buat antisipasi dari bahaya penyakit yang ditimbulkan oleh si nyamuk ya

    BalasHapus
  4. Gula merah untuk mengusir nyamuk baru tahu Kak. Engwn nyoba pake ini, tapi khawatir ntar Nyamuk pergi bisa-bisa semut yang gantian datang.

    BalasHapus
  5. Saya pernah coba pakai kulit jeruk dan memang lumayan ampuh untuk mengusir nyamuk.

    BalasHapus
  6. Caranya unik2 jg ya. Yg plg sering aku denger sih pake bunga lavender itu. Mknya obat nyamuk pake sari bunga itu sbg bahan dasarnya.

    Akan lbh baik dikasih fotonya sih kak. Teritaka yg nomor 1. Msh bingung ygbl diolesi tuh permukaan dlm/luar botol ya.

    BalasHapus
  7. OMG ternyata cara alami untuk mengusir nyamuk itu banyak banget ya kak. Aku baru tahu kalau bisa menggunakan gula merah cair dan menggantung plastik yang diolesi minyak. Noted banget. Karena yang bunga lavender, kulit jeruk, dan sisanya udah pernah nyoba

    BalasHapus
  8. menarik nih tips ngusir nyamuk dengan bahan alami, aku penen nyobain yang pakai gula tapi ku takut yang dateng malam semut, hehe. karena semut dirumahku ampun banyaknya. mau nyobain yang pakai sereh nih

    BalasHapus
  9. Selain menggunakan sereh dan lavender, ternyat ada cara lain juga yaaa. Nanti saya mau coba deh semuanya, hehe.

    BalasHapus