Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membeli Rumah Untuk Pasangan Muda

membeli rumah untuk pasangan


Kebutuhan akan hunian idaman nggak akan pernah sepi peminat meskipun banyak yang bilang jika harga rumah semakin mahal dan susah untuk diraih. Masih ingat saat pandemi, kredit rumah makin mudah, persyaratan maupun cara angsuran yang diberikan keringanan agar pertumbuhan di bidang properti.

Bagi pasangan muda, tentu kebutuhan akan rumah menjadi pertimbangan sebelum memulai hidup baru dengan pasangan, seperti memilih mengontrak, kos, tinggal bersama mertua, membeli rumah bekas, membangun rumah mulai dari nol, atau membeli lewat kpr subsidi.

Ada fenomena unik akhir-akhir ini terkait KPR, seperti dikutip dari detikcom, fenomena terjadi susah dapat KPR karena nunggak pay later. Tentu saja hal ini menarik dikulik, kemudahan untuk mendapatkan dana secara instan namun tidak sepadan dengan kemampuan untuk membayar secara tepat waktu bisa menghambat untuk mendapatkan rumah idaman.

mencari rumah idaman


Hal ini bisa menjadi catatan bagi pasangan muda apalagi masih tergolong milenial, jika ingin memiliki rumah dengan cara KPR, dicek dulu kondisi keuangan termasuk kredit maupun pay later hal ini berkaitan dengan kemampuanmu untuk membayar angsuran tiap bulannya.

Hati-hati ya karena jika sekali kamu mendaftar pay later, maka namamu sudah masuk ke data base yang memang sudah terintegrasi dengan BI checking, nantinya bisa menjadi indikator apakah kamu termasuk yang suka nunggak bayar cicilan atau tepat waktu.

Selain info yang terkait fenomena yang akhir-akhir ini terjadi, jika belum berikut tips sebelum menentukan membeli rumah bagi pasangan muda :

  1. Menyesuaikan dana yang kamu miliki : Jangan memaksakan jika memang belum bisa membeli rumah di pusat kota, bisa mencari alternatif membelinya di pinggiran kota.
  2. Pilih rumah tumbuh : Sekarang banyak konsep rumah yang siap huni, ramah lingkungan dan masih banyak lagi. Pilih rumah yang nantinya mudah untuk direnovasi, apalagi pasangan muda nantinya ingin memiliki anak, dan tentu rumah harus semakin tumbuh agar bisa nyaman ketika hadir si kecil, seperti membantu lantai atas untuk tambah kamar tidur, dan sebagainya.
  3. Pilih developer yang terpercaya. Bermunculan perumahan murah dan terjangkau dengan memberikan banyak keunggulan, pasti menarik untuk langsung DP, tapi jangan terlalu gegabah ya, cari tahu dulu tentang developer tersebut, bagaimana reputasinya, legalitas dan apakah promo yang diberikan ada persyaratan tertentu. Paling bener sih kamu bisa menanyakan teman atau saudara yang lebih dulu memiliki pengalam mencari rumah.
  4. Memilih KPR : Sudah tahu kan kalau untuk memiliki rumah, kamu bisa juga memanfaatkan program dari pemerintah yaitu rumah subsidi dengan persyaratan yang mudah. Tapi bisa juga untuk memilih KPR umum, kamu bisa menyesuaikan dengan kemampuanmu.
  5. Pertimbangkan opsi lain : Jika membeli rumah masih menjadi impian beberapa tahun kemudian, pertimbangkan untuk opsi lain, seperti mengontrak, kos atau opsi lainnya. Bisa jadi, nanti kamu juga memiliki opsi lain untuk membeli rumah, seperti beli bekas dari tangan kedua. Siapkan opsi lain karena keadaan ekonomi yang mudah berubah.

Memulai untuk memiliki rumah.

Biaya memang menjadi faktor penting untuk mendapatkan rumah idaman, memang sih rumah idaman nggak nampak sempurna, ada aja yang kurang, setidaknya mendekati sempurna untuk kamu dan pasangan.

kalkulator pembayaran rumah

Sebelum membeli, tentu dong kamu ingin menghitung berapa angsuran yang akan dikeluarkan perbulannya. Kamu bisa cek di web https://www.mortgagecalculator.uk/ di sini kamu bisa memulai simulasi untuk perkiraan biaya perbulan yang kamu bayarkan.

Caranya sangat mudah karena sudah tersedia beberapa kolom yang bisa kamu isi, meskipun mata uangnya berbeda, tapi kalkulator ini cukup membantu untuk simulasi pembayaran angsuran, setidaknya bisa mengetahui estimasinya, dan aku sudah mencoba, hasilnya cukup mudah dipahami. Oiya ini gratis ya, jadi bisa kamu pakai kapanpun.

Mencari rumah idaman apalagi untuk pasangan muda memang tidak mudah dan membutuhkan perencanaan yang matang, jadi sebagai pasangan harus menetapkan kriteria rumah yang ingin dibeli, dan lebih sering mencari rekomendasi mulai dari pameran perumahan hingga informasi dari mulut ke mulut sebanyak-banyaknya. Semoga menemukan rumah idaman dan berbahagia.

Posting Komentar untuk "Tips Membeli Rumah Untuk Pasangan Muda"