Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Skinproof Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dengan Membentuk Komunitas

komunitas skinsociate



Bisa dibilang sampai detik ini aku berkembang karena berkumpul dengan berbagai komunitas, tak hanya untuk menunjang dunia profesionalitas atau dunia kerja, tapi juga berkembang bersama komunitas yang memiliki hobi sama.

Dikutip dari berbagai sumber, berkomunitas memiliki banyak manfaat, diantaranya :

  1. Menambah ilmu : Ketika bergabung dengan suatu komunitas yang berarti memiliki minat yang sama, kita dapat berbagi ilmu dan dengan sesama anggota, semakin memperkaya ilmu dan memperbanyak pengalaman, keahlian kita juga akan semakin bertambah.
  2. Menambah relasi : Percaya tidak kalau gabung dengan komunitas juga meningkatkan kemampuan kita untuk berkoneksi dengan teman-teman, beradaptasi dengan teman yang latar belakang berbeda, membaur dan bisa menambah relasi yang kedepannya bisa membentuk peluang, siapa tahu bisa menjalin kerjasama sesama anggota.
  3. Melatih kemampuan berkomunikasi : Jika terbiasa berkomunikasi dengan saudara yang memang mengenal kita dari kecil, coba deh melatih kemampuan berkomunikasi dengan orang yang baru kita kenal. Di komunitas pasti berkumpul orang-orang yang berbeda karakter, sehingga butuh kemampuan komunikasi dan juga perspektif akan semakin kaya dengan menjalin pertemanan dengan teman di komunitas tersebut.
  4. Menambah kepercayaan diri : Sering melatih kemampuan untuk berkomunikasi dengan sesama anggota, maka kepercayaan diri ketika berkenalan dengan orang baru juga akan meningkat. Selain itu kemampuan untuk bersosialisasi akan semakin terasah.
  5. Mendapatkan dukungan : Percaya deh jika semakin erat hubungan dengan sesama teman di komunitas, secara tidak langsung juga akan mendapatkan dukungan terutama secara mental, kadang kita tidak tahu akan potensi diri sendiri, dibutuhkan dukungan orang yang memahami kita untuk lebih bersemangat menggali potensi diri.

Skinproof Membangun Komunitas untuk Tingkatkan Loyalitas Pelanggan.


Skinproof merupakan anak perusahaan Arya Noble, perusahaan riset yang berfokus pada riset
konsumen dan pengujian produk di industri kosmetik, kecantikan, kesehatan & perawatan pribadi. Dimulai sebagai pusat penelitian dermatologi di Genero Pharmaceutical, dan dari semangat dokter kulit, ilmuwan, dan profesional dalam penelitian konsumen dan pengujian produk Skinproof telah berkembang menjadi perusahaan riset independen sejak tahun 2017. Memiliki misi menjadi mitra terpercaya untuk siklus inovasi produk dan membuat pelanggan merasa nyaman dan percaya diri dengan produk unggulan.

Untuk membantu dalam consumer research, Skinproof membentuk komunitas yang bernama Skinsociate agar lebih memahami perilaku konsumen sehingga mendapatkan insight tentang produk secara kredibel.

komunitas skincare



Seperti yang disampaikan oleh Head of Skinproof, Theresia Sinandang bahwa “Skinsociate merupakan komunitas yang diciptakan Skinproof dengan tujuan mempromosikan kesehatan kulit melalui saran ahli, konten informatif, serta wawasan konsumen dalam ekosistem yang suportif dimana para Panelist Skinsociate akan memiliki kesempatan untuk terhubung dengan sesama penggemar kecantikan dan individu yang peduli tentang kesehatan kulit, membentuk hubungan yang erat, dan mendukung satu sama lain dalam perjalanan kecantikan mereka.”

Skinsociate

Saat ini Skinsociate memiliki 10.000 anggota yang sudah berpartisipasi dalam berbagai macam riset, dengan rentang usia 17-57 tahun, sebagian besar tersebar di wilayah Jabodetabek dan Banten. Bagi kamu yang senang mencoba produk kosmetik termasuk skincare, gabung deh di Skinsociate karena pendapatmu tentang pengalaman penggunaan sangat berarti.

komunitas skincare


Rasanya bangga loh ketika kita ikut andil dalam riset produk, nantinya akan ada peluang dengan beberapa syarat, misalnya memiliki jenis kulit tertentu dan usia yang dicari, kamu bisa ikutan coba produk gratis yang nantinya pengalamanmu menggunakan produk akan menjadi salah satu bahan riset, dapat feedback dari konsumen menjadi hal yang sangat berarti untuk pengembangan produk. Nggak hanya mendapatkan produk gratis, beberapa riset akan memberimu kompensasi.

Selain itu, kamu bisa menambah relasi dengan teman-teman lainnya, mendapatkan konten edukasi yang cocok nih untuk kamu content creator di bidang kecantikan, bisa dapat inspirasi dari konten Skinsociate, berdiskusi dengan teman lainnya. Bergabung dengan komunitas yang positive vibes maupun suportif secara tidak langsung juga menambah kemampuan diri.

skinsociate



Menggali potensi diri dengan bergabung dengan komunitas.

Siapa sangka jika menulis bisa menjadi pekerjaan dan karena berkomunitas membuatku menyadari potensi dan mendapatkan peluang yang bisa aku ambil. Berawal dari menulis blog tentang keseharian, ternyata di situlah banyak peluang yang bisa didapat.

Bergabung di komunitas blogger, lebih eksplore artikel SEO, content article, copywriting, dan masih banyak lagi ilmu yang aku dapatkan dari berkomunitas. Pertama kali dapat duit dari menulis karena dapat rekomendasi dari teman, salah satu brand sedang mencari blogger yang sesuai kriteria.

Kelebihan bergabung dengan komunitas

Bergabung di komunitas membuat aku ingin mendalami potensi diri, suka menulis kalau diarahkan bisa loh mendatangkan duit dari rumah. Banyak peluang jadi penulis konten, ilmu yang didapat hasil diskusi dengan teman, maupun ikutan bootcamp berbayar. 

Tujuan komunitas nggak melulu untuk komersil, beberapa kali kesempatan juga membantu teman yang memiliki usaha, dibikinin artikel SEO dan juga postingan media sosial untuk mempromosikan usaha teman. Di komunitas bisa bertumbuh bersama, saling support.

Keberadaan Skinsociate juga pastinya menjadi wadah bagi teman-teman yang memang suka pakai produk kosmetik maupun skincare, banyak peluang di skinsociate dan sesama anggota bisa saling sharing terutama konten beauty agar bisa produksi konten semakin beragam dan saling menginspirasi.

Jika ingin tahu lebih lanjut tentang Skinsociate, bisa klik ke https://www.instagram.com/skinproof.id atau klik ke https://www.instagram.com/skinsociate.id

15 komentar untuk "Cara Skinproof Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dengan Membentuk Komunitas"

  1. yang bikin happy gabung komunitas adalah skill yang bertambah dan jadi ada support system hihi. kalo komunitas beauty gini, enaknya bisa sharing produk skincare ya. kemarin aku baru join juga hehe

    BalasHapus
  2. Banyak manfaatnya kalo join komunitas. Bisa memperluas jaringan dan mengembangkan bisnis juga. Salah satunya Skinproof yang bisa membentuk suatu komunitas

    BalasHapus
  3. Kalau masuk ke komunitas yang se-frekuensi begini para membernya memang mengasikkan. Jadinya saling dukung dan menambah PD juga

    BalasHapus
  4. kalo misalnya udah ikutan tapi gak cocok sama kulit, terus misalnya terjadi iritasi itu gimana mba? apa dikasih kompensasi gitu?

    BalasHapus
  5. Kalau ada komunitas yang ada skin expert gini enak ya kalau mau sharing skincare. Skinsociate bisa jadi wadah komunitas yang oke nih

    BalasHapus
  6. Pentiing banget ya ikut komunitas beauty seperti ini biar lebih paham kandungan kosmetik dan skincare mana yg cocok dan gak cocok. Jadi kalau mau belanja gak bingung lagi.

    BalasHapus
  7. Saya juga berkembang dengan komunitas, Mbak. Misalnya komunitas Penulis cerita anak. Saya bisa sharing seputar menulis cerita anak. terus kalau ada peluang menulis, saling berkabar. Demikian juga dengan komunitas blogger yang saya ikuti. Saya awalnya yang tidak paham SEO dan lainnya, mulai paham. Bisa ikutannya acara offline juga.
    Dan bagus sekali cara Skinproof ini ya. dengan jalur komunitas bisa meningkatkan loyalitas pelanggan. Apalagi nanti dari isi survai, visa coba produknya juga.

    BalasHapus
  8. Kereeen lho ini Skinproof iniii, keidean banget bikin komunitas kayak gini. Bakal bermanfaat buat aku yang suka protes sih wkwkwwk dan bakal jadi masukan yang berharga kaan buat produsen ya kan

    BalasHapus
  9. Wah, komunitas yang bermanfaat ini
    Khususnya untuk para beauty enthusiast ya mbak
    Jadi kepo sama Skinproof ini

    BalasHapus
  10. jarang-jarang deh keknya produk skincare yang punya komunitas seperti Skinproof dengan Skinsociatenya. bagus banget building bonding dengan pelanggan setia dengan membuat komunitas

    BalasHapus
  11. Skinproof bener-bener nge bangun loyalitas massa yaa, jadi bener-bener menjaga kepercayaan dan target market nya dengan baik, terlebih ada manfaat nya juga buat anggota komunitas

    BalasHapus
  12. wah ternyata ada komunitasnya juga ya.. belum kenal sih dengan Skinsociate ini :D enak juga ya bisa sharing begini ^^

    BalasHapus
  13. Skinproof benar-bemqr totalitas ya, sampai memiliki wadah berupa komunitas. Pastinya akan semakin membuat loyal para pelanggan.

    BalasHapus
  14. Wahh jadi pengen masuk Skinsociate juga biar makin paham a sampai z dunia skincare dan kosmetik. Wajibb banget tahu ya biar gak asal pilih skincare dan jadinya malah alergi bahkan jerawatan.

    BalasHapus
  15. enaknya gabung komunitas itu ngebantu banget kalau ada masalah, bisa minta bantuan. karena ada banyak jaringan dan dari mana pun

    BalasHapus