Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Menjadi Live Host di Tokopedia play




Mbak-mbak introvert diberikan kesempatan untuk jadi mbak-mbak live host, sungguh pengalaman yang luaarrr biasaa.. Seneng banget bisa mengeksplor diri di bidang yang nggak pernah aku bayangkan. Biasanya hanya bikin video yang ditambahkan voice over, eh ternyata berkembang jadi live host. Lelah yaa tapi menyenangkan dan mulai terbiasa.

Pengalaman jadi live host Tokopedia bukan tiba-tiba, melainkan ada prosesnya, sampai sekarang masih belum nyangka aja jadi mbak-mbak live host apalagi kerjasama dengan Tokopedia.

Berawal dari gabung Tokopedia beauty squad (AKT beauty squad) yang setiap bulannya ada aja challengenya (sekaligus dapat fee). Programnya sih selama 3 bulan untuk mendapatkan materi dan challenge, kemudian setelah 3 bulan tetap ada challengenya dan benefit lainnya.

Challengenya tuh emang ada yang khusus untuk untuk beauty squad, atau challenge untuk affiliate pada umumnya, ada juga gabungan namun ada benefit tersendiri kalau tergabung di beauty squad.

Sejak ikutan challenge dari AKT beauty jadi makin produktif, karena tujuannya nggak hanya fee yang didapat melainkan bonus-bonus yang bertebaran, jadi beberapa kali ikutan untuk mendapatkan bonus penjualan dan predikat “konten” terbaik.

Beberapa campaign sekaligus memperkenalkan “sesuatu” baru yang ada di Tokopedia, seperti Tokopedia play, cocok untuk kamu yang upload konten sekaligus menyematkan produk, sehingga kalau ada yang beli dari video kamu, secara otomatis dapat fee, seperti affiliate pada umumnya hanya saja banyak cara bisa meraup cuan.

Pokoknya ada campaign, berusaha untuk ikutan apalagi kalau ada kata “bonus”, wah makin menarik, namun berkali-kali gagal dapat predikat “konten terbaik”, kalau nggak salah udah ikutan selama 3 atau 4 bulan tapi hanya dapat hadiah hiburan, lumayan sih tapi tetep penguin raih yang lain.

Beruntung, satu grup tuh saling sharing pengalaman, dan pemenangnya juga sharing gimana cara dapatin penjualan, bonus, jadi affiliator terpilih, curhat keluh kesah, adminnya juga sering ingatkan video seperti apa yang dapat peluang menjadi pemenang selanjutnya.


Cara jadi live host di Tokopedia

Daaan.. Penantianku berakhir, jadi salah satu pemenang “konten terbaik” dan dapat hadiah dooong, semakin giat ikutan challenge, akhirnya buah dari konsisten ternyata dapat lebih banyak cuan dari Tokopedia play.

Selanjutnya, ada penawaran untuk jadi live host di Tokopedia play, salah satu terobosan nih, karena biasanya yg bisa live hanya Toko, tapi ini akun masing-masing affiliate bisa live dooong.

Awalnya nggak berharap sih untuk dapat penawaran, karena pendaftaran jadi live host nggak hanya diperuntukan untuk affiliate beauty aja tapi semua member affiliate Tokopedia, jadi kesempatan keterima sekian persen karena bersaing dengan teman-teman lainnya.




Ternyata aku loloooooosss... nggak hanya teman-teman beauty saja, ada banyak, kurang lebih ada sekitar 70 affiliate yang berpartisipasi.

Diberikan kesempatan untuk live seminggu sekali selama 3 kali, kurang paham sih apakah program ini untuk percobaan dan inovasi dari Tokopedia agar siapa saja bisa live atau ada pengembangan layanan lainnya.

Seru loh, karena pertama kali nyoba fitur terbaru dari Tokopedia, dapat duit dan dapat bonus bagi yang bisa dapat penjualan dari Live.

Ternyata sejam ngelive tuh lumayan capek ya, apalagi belum terbiasa ngelive, tapi lama-kelamaan bisa tahu kok gimana menguasai waktu dan materi, meskipun tidak ada yang sempurna, setidaknya aku bisa memberikan yang maksimal.

Dari ketiga live, Alhamdulillah pecah telor, ada penjualan ketika ngelive. Ternyata kalau udah terbiasa, ngelive selama sejam tuh tiba-tiba berakhir, kok terasa cepat, jadi pengin lanjut ngelive lagi, entah di Tokopedia atau di platform lainnya, setidaknya mendapatkan pengalaman. Terimakasih juga untuk teman-temanku yang sudah kasih semangat, dan check out ketika live..

Aku siap untuk pengalaman baru selanjutnyaaaa...


Posting Komentar untuk "Pengalaman Menjadi Live Host di Tokopedia play"