Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Insto Dry Eyes : Atasi Masalah Mata Kering

insto dry eyes

Mata kering menjadi hal yang mengganggu tapi nggak bisa terhindarkan, apalagi kalau lagi fokus banget menatap layar laptop untuk kerja, mau gimana lagi dong, keseharian memang mengandalkan gadget. 

Keluhan yang aku rasakan, pastinya hampir sama dengan teman-teman yang kerjaannya "main" laptop mulu, bikin content planning, bikin draft artikel, editing video, hingga membaca berbagai sumber artikel untuk diolah lagi. Nah, nggak kebayang kan berapa jam menatap layar laptop untuk mengerjakan itu semua? Kalau aku sih minimal 2 jam.

Produktivitas Vs Kelelahan Mata

Sibuk bukan berarti produktif, sibuk scroll media sosial padahal lagi ada kewajiban nulis, sibuk nongkrong padahal cucian numpuk. Yuk, tahun baru harus ada perubahan setidaknya untuk melakukan hal produktif meskipun melakukan hal yang sederhana.

Agar sibuk berubah menjadi produktif, aku biasanya membuat daftar kegiatan selama seharian, dafta ini membuatku terarah, tapi bukan berarti ketat ya, kalau ada acara dadakan, misalnya hujan dan nggak bisa meet up, tiba-tiba dapat musibah, bisa kok dijadwal ulang. Terpenting dalam daftar yang sudah dibuat, ada beberapa yang sudah dilaksanakan.

Sebelum fokus ke pekerjaan, biasanya aku melakukan "pemanasan" secara fisik seperti peregangan kemudian melatih menulis secara bebas, sekitar lima menit, kemudian fokus ke depan laptop untuk megerjakan kewajiban.

Kadang nih, kan selalu ada aja hal yang bisa mengalihkan perhatian ketika fokus. Nah, aku biasanya pakai metode pomodoro, sepertinya sudah banyak yang pakai metode ini ya, kalau ada yang belum tahu, bisa pakai cara seperti ini : 

  • Gunakan timer di gadget kamu, atur waktu 25 menit untuk fokus ke pekerjaan.
  • Setelah 25 menit, manfaatkan untuk istirahat selama 5 menit, boleh dimanfaatkan untuk peregangan, pijat-pijat ringan wajah, atau sekedar buka hape siapa tau ada notif penting.
  • Ulangi proses tersebut selama 4 kali. 25 menit untuk fokus kerjaan, 5 menit untuk istirahat.
  • Jika pekerjaan belum selesai, ambil jeda istirahat lebih lama, sekitar 15-30 menit, kemudian kembali fokus ke pekerjaan.
Masalahnya nih, lagi fokus ngetik, eh tiba-tiba mata terasa pegel sepet kayak ada yang mengganjal dan nggak jarang sampai mengernyitkan dahi, kalau sudah seperti itu pertanda mata kering nih, meski sudah coba untuk istirahat sebentar, masih ada rasa sepet gitu di mata. Kamu pernah juga nggak?

Bahaya mata kering.

Jika mata kering, biasanya yang dirasakan itu mata terasa sepet, mata sepet, terasa silau yang berlebihan ketika menatap cahaya, nyeri dan gelaja lain yang biasanya terjadi seperti mata terasa panas, merah.

Kalau dibiarkan aja, atau malah matanya dikucek-kucek malah memperparah keadaan, biasanya akan keluar air mata, meski mata kering juga bisa menimbulkan air mata yang keluar karena hal ini merupakan akibat dari stimulus dari otak yang reflek mengeluarkan air mata untuk melawan iritasi, namun air mata yang keluar air mata tidak sehat yang disertai oleh iritasi.

Tuh kan, kalau nggak ditangani dengan tepat malah semakin ganggu, nggak hanya terkena iritasi yang bikin nggak nyaman, kalau mata kering akan terjadi keluhan yang semakin kompleks, seperti peradangan hinggi infeksi mata. Penurunan penglihatan tidak bisa dihindarkan, hal seperti ini tidak hanya dirasakan oleh orang tua, usia muda pun bisa terkena bahaya mata kering. Jadi, jangan dianggap sepele, dan jangan dikucek-kucek tuh mata. 

insto dry eyes biru

Penyebab mata kering

Kondisi dimana berkurangnya kelembaban mata akan menyebabkan mata terasa kering yang biasanya seperti terasa sepet dan pegel, kenali lebih lanjut yuk penyebab mata kering agar lebih waspada :

  • Bertambahnya usia
  • Inflamasi yang terjadi pada kelopak mata.
  • Adanya riwayat operasi ataupun bedah.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu.
  • Mengidap penyakit diabetes.
  • Perubahan hormon seperti kehamilan.
  • Penggunaan lensa kontak.
  • Faktor lingkungan, dan kebiasaan yang buruk.
  • Masih banyak lagi.
penyebab mata kering


Gejala mata kering nggak hanya terjadi saat terlalu lama menatap layar laptop, tapi ketika cuma dikucek doang dan nggak ditangani, malah terjadi lagi di aktfitas yang lain, ketika berada di luar ruangan dan panas, bikin mata gampang terasa "pedas", selain itu ketika berada di ruangan ber-AC, mata juga perlahan-lahan terasa perih dan kering, bikin nggak nyaman seharian deh.

Pernah loh karena bingungnya untuk mengurangi rasa sepet dan kadang kayak ada yang ganjel, aku sampai minta tolong ke teman untuk tiupin mataku, kirain ada benda asing yang nyangkut di mata, eh setelah teliti lebih lanjut, ternyata kalau mata kering nggak diredakan, malah merambat kemana-mana, meskipun nggak lagi di depan layar laptop, kondisi mata yang pegel masih terasa setelahnya. 

Insto dry eyes sebagai solusi mata kering

Mata kering bikin nggak nyaman dan sudah ditahap mengganggu, jangan dibiarkan aja tapi wajib cari solusi mata kering. #InstoDryEyes menjadi rekomendasi obat tetes mata dari teman yang sudah lebih dulu menggunakannya.

insto dry eyes untuk apa


Cara pakainya mudah, cukup 1-2 tetes Insto Dry Eyes pada setiap mata, 3 kali sehari. Mampu mengatasi mata kering, cocok banget nih untuk kamu yang kerjanya selalu menatap gadget, apalagi ditambah dengan berada di ruangan yang berAC makin terasa mata kering yang bikin nggak nyaman.

Jika sudah reda dan kembali nyaman. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan mata, agar aktifitas kembali menyenangkan. Berikut cara jaga kesehatan mata dengan mudah :

  • Jangan nunggu mata sepet, baru deh bertindak, yuk rutin mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata, seperti wortel yang memiliki kandungan beta karoten. Selain itu, brokoli, bayam, alpukat, pisang, mangga dan ubi jalar menjadi pilihan yang tepat untuk jaga kesehatan mata.
  • Mengatur jarak aman ketika menatap layar laptop, 40-75 cm mengaktifkan fitur pelindung mata agar mengurangi ketegangan saat menggunakan gadget.
  • Atur cahaya di ruangan, nggak terlalu silau atau nggak terlalu gelap.
  • Lakukan jeda sejenak ketika sudah cukup lama menatap gadget. Bisa dengan cara melihat objek jauh yang jaraknya 20 feet atau 6 meter selama 20 detik, ketika kamu sudah menatap gadget selama 20 menit. Ada cara lain juga, relaksasi mata dengan melihat objek yang berwarna hijau, seperti pohon atau pemandangan lainnya yang berwarna hijau.
  • Minum air mineral yang cukup agar kebutuhan akan cairan di tubuh terpenuhi sehingga mampu melembabkan mata.
Sedia Insto Dry Eyes sebagai stok dan menjadi #SolusiMataKering, meski banyak pekerjaan yang menyita waktu sehingga berlama-lama di depan laptop, nggak perlu khawatir lagi, karena ada Insto Dry Eyes yang mampu menjadi solusi mata kering.








Referensi :

https://p2ptm.kemkes.go.id/tag/buah-dan-sayur-pelindung-mata-ini-daftarnya
https://upk.kemkes.go.id/new/3-tips-menjaga-kesehatan-mata
https://jec.co.id/id/eye-condition/dry-eye-0
https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/cara-teknik-pomodoro-lebih-fokus/
https://www.halodoc.com/kesehatan/mata-kering

Posting Komentar untuk "Insto Dry Eyes : Atasi Masalah Mata Kering "