Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RED AI For Indonesia Cara Tepat Memanfaatkan Teknologi AI Untuk Kembangkan Bisnis

digital agency jakarta


Di awal tahun ini, kamu merasakan nggak sih kalau semua sektor bisnis berlomba-lomba untuk mencuri perhatian audiencenya. Aku merasakannya ketika menjelajah di media sosial, sering ketemu konten bersponsor, tak hanya brand yang sudah ternama, bahkan bisnis lokal juga gencar untuk melakukan kampanye digital.

Bahkan toko kue kesukaanku memiliki akun sosial media dan cukup aktif upload konten yang menarik, keberadaan mereka yang terasa dekat dengan pelanggan, karena pasti setiap hari membuka media sosial dan ternyata melihat postingannya tuh terasa lebih dekat, kalau nanti pengin roti abon, mau belinya di situ aja deh.

Banyaknya peluang yang bisa dilakukan oleh pebisnis di era digital ini, berikut manfaat pemasaran digital :

  1. Menjangkau audience lebih luas, dengan adanya platform digital yang mudah untuk digunakan dan semua orang setidaknya memiliki satu akun media sosial, maka kampanye digital sebuah brand dapat menjangkau lebih luas, tidak hanya berpusat di wilayah tertentu saja.
  2. Terukur dan mudah dianalisa. Semua platform digital memiliki memiliki berbagai fitur yang dapat digunakan sebagai data untuk mengetahui seberapa efektif kampanye digital yang sedang berjalan, seperti usia konsumen, produk yang laris dibeli dan sebagainya, dengan data yang dapat diukur akan memudahkan untuk menganalisa dan membuat keputusan selanjutnya.
  3. Biaya yang terjangkau. Biaya yang dikeluarkan disesuaikan dengan budget yang disediakan.
  4. Memacu kreatifitas. Persaingan usaha dalam berbagai bidang bisnis tentunya merupakan hal biasa, dengan demikian akan memacu setiap brand untuk kreatif dalam mebuat kampanye digital untuk memenangkan hati calon konsumen.
  5. Membangun brand. Tentunya pebisnis memiliki tujuan agar laku jualannya, namun dengan era digital yang cepat berubah, perilaku konsumen nggak selamanya dapat ditebak, inovasi dari pesaing yang begitu ketat, melakukan pemasaran secara kontinu akan membantuk brand yang memenangkan hati konsumen, hal ini nggak hanya dilakukan oleh bisnis yang baru berjalan, tapi dilakukan juga oleh bisnis yang sudah bertahun-tahun lamanya, sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.
digital agency indonesia terpercaya


Jika sudah tahu manfaatnya, akan muncul pertanyaan macamnya apa saja sih untuk melakukan digital marketing yang efektif? Disadur dilaman web Universitas Ciputra Berikut cara yang bisa kamu lakukan :

  1. SEO (Search Engine Optimization) : Setiap orang kalau mencari sesuatu pasti carinya di mesin pencari, ketika mengetik suatu kata kunci, akan tampil semua web yang relevan. Nah, agar web bisnis menarik perhatian calon konsumen di mesin pencari, harus melakukan SEO agar nangkring di laman mesin pencari, tentunya tekinik SEO harus terpenuhi dan jangan lupa untuk selalu upgrade ilmu karena algoritma yang selalu diperbarui.
  2. SEM (Searh Engine Marketing). Kalau SEO dilakukan secara organik, kalau SEM dilakukan secara berbayar, gampangnya nih kalau lihat web tertentu yang biasanya di halaman pertama Google, di bawahnya ada label sponsor, maka termasuk SEM.
  3. Email marketing. Media email yang bertujuan untuk menjaring pelanggan baru ataupun mempertahankan loyalitas pelanggan, biasanya berupa notifikasi tentang penawaran menarik, produk terbaru, berita terbaru tentang bisnis, atau ucapan ulang tahun maupun event tertentu.
  4. SMM (Social Media Marketing). Sudah menjadi keharusan jika memiliki bisnis, jangan lupa untuk melakukan promosi di media sosial secara organik maupun berbayar. Dengan memiliki media sosial, terasa lebih dekat dengan konsumen dan lebih mengetahui bagaimana perilaku target konsumen untuk produk maupun jasa yang dipromosikan.
  5. Content marketing. Konten untuk media website dengan media sosial pastinya berbeda, bahkan konten untuk setiap platform media sosial juga berbeda, maka dibutuhkan content marketing agar konten yang didistribusikan dapat menarik perhatian setiap audience platform yang dituju.

Banyak hal yang perlu dilakukan saat melakukan pemasaran, jangan pusing dulu deh kalau belum mampu untuk menangani semuanya, kamu bisa kamu bisa kolaborasi dengan agensi digital di Indonesia untuk melakukan pemasaran digital brand kamu.

Teknologi AI yang dapat diandalkan dalam pemasaran digital


Kamu menyadari nggak kalau keberadaan Teknologi AI, menjadi hal yang sering jadi perbincangan, karena memberikan kemudahan bagi penggunanya. Awalnya mengetahui manfaat teknologi kecerdasan buatan ini dari teman-tema fotografi, kemudian setelah digali, ternyata sudah menyentuh banyak aspek.

Menurutku keberadaan Teknologi AI dapat membantu dalam berbagai sektor, terutama dalam menjembatani hal-hal yang luput akan penilaian manusia, dari data yang dikumpulkan bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk kemajuan industri termasuk industri bisnis.

Ibaratnya nih, kalau kamu mau menjalani bisnis namun masih pemula, kamu nggak perlu melakukan trial and error, karena dengan kecerdasan buatan, kamu bisa memahami langkah apa saja untuk mempromosikan produk hingga membuat keputusan dalam kemajuan bisnis yang kamu jalani. Menarik kan!

Inovasi RED Asia Inc.

Kerennya lagi, Indonesia juga punya loh Teknologi Ai yang bisa menguntungkan untuk para pebisnis, pebisnis baru yang mau mulai usaha atau UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya melalui pemasaran digital.

Sudah tahu belum kalau RED Asia Inc yang merupakan kelompok perusahaan pemasaran digital melakukan inovasi yang solutif, beserta perusahaan-perusahaan di bawah naungannya meluncurkan Teknologi AI yang membanggakan dan turut andil untuk kemajuan Indonesia khususnya di sektor bisnis. Kenalan yuk dengan RED AI atau bisa disebut dengan Ready to Evolve and Disrupt with AI.

Kemunculan RED AI ini bakalan ngebantu banget untuk pebisnis termasuk UMKM, sebagai penghubung antara bisnis dan Teknologi AI, nantinya akan menjadi cara yang solutif dan merevolusi bagaimana mengembangkan bisnisnya di pasar lokal maupun global.


SALTX.AI

SALTX.AI

SALT menghadirkan SALTX.AI yang memiliki tujuan untuk membangun potensi maksimal dalam berbisnis, dengan memberikan solusi canggih yang didukung dengan AI. Solusi apa saja yang akan diberikan? Yaitu peningkatan aliran pendapatan, meningkatkan produktivitas, dan efisiensi operasional yang dapat mendorong proses keputusan bisnis berdasarkan data yang sudah dikumpulkan, dan juga pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Insignia IQ


Insignia IQ

Insignia IQ merupakan pusat manajemen data didukung oleh teknologi AI, yang menghubungkan berbagai sumber data, dapat juga untuk mengubah format, selain itu memastikan kualitas data murni. Nantinya data yang kompleks akan menjadi cerita naratif yang mudah dipahami. Kamu pasti tau dong jika data umumnya berupa angka atau matriks yang tidak semua orang paham, sedangkan data diperlukan untuk pengambilan keputusan, jadi misalnya ingin mengambil keputusan untuk membuka cabang bisnis, data yang rumit akan disederhanakan sehingga setiap orang atau setiap pemegang kepentingan dapat membaca data tersebut dengan mudah.


RedAI-Ventures

RedAI-Ventures

RedAI-Ventures merupakan dana untuk program akselerasi khusus startup berbasis AI di Indonesia. Kabar baik nih bagi pemilik startup yang sedang berkembang, karena tidak hanya akan mendapatkan pendanaan, namun akan dibina bahkan akan diberikan akses ke jaringan strategis yang luas, diberikan dukungan berupa dukungan operasional, bimbingan langsung pada expert nya.

Jangan sampai melewatkan kesempatan yang bagus ini, apalagi para pemilik startup yang memanfaatkan kecerdasan buatan untuk bergabung dan memberikan pengalaman untuk mencapai skala baru. Keren ya program RedAI-Ventures, secara langsung memberikan dukungan penuh di industri AI Indonesia agar dapat berkembang secara luas.

Red-AInstein

Red-AInstein

Apakah kamu seorang pemilik bisnis atau tim marketing yang ingin meningkatkan kinerja pemasaran digital? Red-AInstein diluncurkan oleh Redcomm yang merupakan digital agency Indonesia, akan membantu bisnisnya semakin berkembang dengan asistensi AI yang terus-menerus mempelajari data dengan tujuan untuk mencapai efektivitas pemasaran digital, seperti riset pasar, strategi memenangkan persaingan dengan kompetitor, hingga konten media sosial.

Red-AInstein memiliki kinerja secara kontinu sebagai asisten pembelajaran yang memberikan potensi bisnis yang mungkin saja terlewatkan oleh manusia. Sekarang ini bisnis apa saja memerlukan strategi pemasaran digital yang tepat, dengan didukung pengalaman Redcomm sebagai digital agency Indonesia terpercaya, percayakan pemasaran digital pada agensi yang terpercaya. Red-AInstein secara eksklusif berada di dalam tim Redcomm yang nantinya akan membantumu membuat kampanye digital marketing yang tepat dan sukses untuk bisnismu.



Ask-Dea

Ask-Dea.

Pemanfaatan teknologi AI tidak hanya untuk bisnis yang sudah berjalan, yuk kenalan dengan Ask-Dea yang memanfaatkan teknologi asistensi pemasaran digital yang dikhususkan untuk UMKM atau perusahaan yang baru saja mulai merintis, sistem self-service jadi asisten pembelajaran ini seperti punya asistensi pembelajaran yang akan membantu tim pemasaran digital di bisnis tersebut.

Ask-Dea memberikan kemudahan tentang strategi awal pemasaran seperti ide dan kebutuhan lain dari brand yang kamu kelola. Bisa juga nih UMKM memanfaatkan Ask-Dea untuk menonjol di pasar lokal dalam tahap awal.

Seperti yang telah aku sebutkan di atas, jika salah satu digital agency jakarta yaitu Redcomm yang merupakan salah satu naungan Red Asia Inc telah memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun menciptakan kreativitas untuk digital marketing sehingga kampanye yang dibikin memiliki dampak luar di masyarakat, nggak berlebihan jika Redcomm sebagai Agency of the Year 6 tahun berturut-turut. Bayangin aja, sudah menangani lebih dari seribu kampanye pemasaran digital, dapat mencapai 99% KPI klien yang ditangani, nggak heran deh kalau menyabet berbagai penghargaan lokal hingga global.

Mencari jasa digital agency jakarta merupakan salah satu cara agar bisnis yang kamu kelola tetap pada jalurnya, karena keberadaan agensi pemasaran digital memiliki banyak manfaat, seperti :

  1. Brand dapat fokus pada pengembangan produk atau sektor utama dalam bisnis
  2. Jasa digital agency dapat digunakan pada brand yang masih skala kecil maupun korporasi yang berskala besar.
  3. Efektivitas dalam memulai strategi digital marketing dimulai dari pencarian ide hingga pengumpulan data untuk pengambilan keputusan bisnis.
  4. Memilih agensi digital di jakarta yang tepat akan memperluas jangkauan audience sehingga brand semakin mudah dikenali dan diharapkan dengan kampanye yang dijalani mampu mencapai KPI yang sudah ditetapkan oleh brand.
  5. Digital agency merupakan tim yang berpengalaman dalam digital marketing, hal ini dapat menghemat waktu karena tidak perlu merekrut karyawan ataupun melakukan training karyawan secara kontinu.
Jadi, sudah siapkah bisnismu untuk semakin berkembang dan memenangkan persaingan dengan kolaborasi bersama digital agensi terpercaya?




Sumber :

https://inet.detik.com/business/d-7017777/red-asia-luncurkan-inisiatif-red-ai-for-indonesia-ini-produknya/
https://redcomm.co.id/who-and-why
https://redasiainc.com/
https://www.liputan6.com/regional/read/5448051/red-asia-inc-luncurkan-red-ai-gali-potensi-kecerdasan-buatan-bantu-pebisnis-kembangkan-usaha?page=2
https://www.marketeers.com/manfaatkan-ai-red-asia-inc-luncurkan-inisiatif-red-ai/
https://www.uc.ac.id/en/6-macam-pemasaran-online-yang-efektif-dan-biasa-dipakai-dalam-berbisnis-digital/

24 komentar untuk "RED AI For Indonesia Cara Tepat Memanfaatkan Teknologi AI Untuk Kembangkan Bisnis"

  1. Semakin berkembang aja ya teknologi AI ini apalagi bisa buat membantu UMKM keren banget

    BalasHapus
  2. Wahhh, asik nih. Memang benar, jika dimanfaatkan dengan maksimal, AI bisa menjadi tool yang sangat bermanfaat dan bantu berbagai kebutuhan kita. Mulai dari bisnis hingga hal-hal lainnya. Keren.

    BalasHapus
  3. Bener banget mbaa hadirnya AI ini membawa banyak kemudahan bagi manusia. Apalagi bagi yang punya bisnis atau UMKM gitu jadi lebih terbantu dengan pemasarannya yang tepat sasaran ya.

    BalasHapus
  4. Ask-Dea langsung memikat saya dan ingin tahu lebih banyak lagi. Lebih cocok juga untuk mengembangkan usaha ya.

    BalasHapus
  5. Selama ada keinginan untuk terus maju dan berkembang, teman-teman yang terjun di dunia UMKM bisa sekali naik level dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang bisa mensupport jalannya usaha, termasuk artificial intelligence dari Red AI

    BalasHapus
  6. dengan adanya RED AI , umkm sangat terbantu yauntukmengembangkan usahanya. Bukan hanya UMKM saja, tetapi juga pengusaha pemula yang sedang merintis usahanya agar semakin dikenal masyarakat luas.

    BalasHapus
  7. Bermanfaat banget ya, memang teknologi tuh akan memberikan manfaat kalau digunakan sesuai porsi dan optimal. Bisa buat UMKM gini keren banget sih

    BalasHapus
  8. naah iyah benar tuh Kak, kalau buka sosmed tuh banyak banget postingan dengan label sponsored, iklan yang bertaburan dari berbagai jenis usaha, UMKM pun juga mulai melebarkan sayap dong ya dengan keberadaan teknologi AI gini.

    BalasHapus
  9. kalau diperhatikan, memang di era sekarang ini banyak bisnis start up atau umkm yang terkenal lewat medsos..

    BalasHapus
  10. keren yaaa, Indonesia semakin maju.
    dengan pemanfaatan teknologi AI untuk bisnis, bisnis Indonesia pun akan semakin dikenal dunia luas nantinya.

    BalasHapus
  11. Pengembangan AI ini ada di semua sektor ya termasuk bisnis. Bagi pebisnis pemula sangat diuntungkan sekali menggunakan AI ini. Tidak usah trial error karena AI bisa melakukan perencanaan dan analisis bisnis. Keren banget AI.

    BalasHapus
  12. keren banget nih nama-nama yang dibikin RED Asia ini benar-benar kreatif dan pastinya bisa jadi pilihan untuk memasarkan produk umkm agar lebih dikenal masyarakat

    BalasHapus
  13. Red-AInstein kedengerannya menarik banget ya, mirip sama nama Einstein hihihi. Keberadaan AI untuk mendukung strategi pemasaran digital sepertinya bakal jadi langkah canggih buat bisnis. Semoga Red-AInstein bisa memberikan keunggulan tambahan bagi para pemilik bisnis. Sukses terus Redcomm! 🚀✨

    BalasHapus
  14. UMKM harus terus menyesuaikan dgn perkembangan teknologi ya kak biar ga ketinggalan zaman. Red AI ini bgs bgt untuk mendorong agar bisnis trs berkembang sesuai zaman. Kita selaku pemilik bisnis akan tenang krn dibantu dlm pengelolaan digital marketingnya oleh Red Asia Inc ini.

    BalasHapus
  15. Teknologi ai ini sangat berkembang pesat ya
    Bisa kita manfaatkan untuk mengembangkan binis ya

    BalasHapus
  16. Menarik AI nya terpisah bisa di sesuaiksn dg kebutuhan pemilik bisnis misalnya

    BalasHapus
  17. Teknologi sudah maju, apalagi dengan hadirnya teknologi AI yang bisa diterapkan pada semua bidang kehidupan, termasuk untuk mendukung bisnis. Jadi ga ada ceritanya lagi sulit bikin media promosi, sulit bikin strategi pemasaran, karena sudah ada AI

    BalasHapus
  18. Yuhuu, baru tahu lho kalau Indonesia meluncurkan teknologi AI. Hal ini tentunya sangat menguntungkan para pebisnis baru yang mau mulai usaha atau UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya melalui pemasaran digital.

    BalasHapus
  19. dengan semakin berkembangnya teknologi, terutama teknologi digital seperti AI nih bisa sangat memudahkan setiap pekerjaan dan sebagainya. apalagi di bidang pemasaran

    BalasHapus
  20. teknologi makin berkembang, terutama teknologi AI yaaaa. Dengan penggunaan yang tepat, teknologi ini bisa mendukung banyak bidang ya kak

    BalasHapus
  21. Teknologi AI dijaman sekarang emang penggunaannya sangat masif banget yaa, apalagi banyak tools yang bermunculan dapat mempermudah pekerjaan manusia. Semoga saja kehadiran teknologi seperti ini bisa membuat usaha dan UMKM kita menjadi berkembang..

    BalasHapus
  22. AI memang teknologi yang gila ya, teknologi ini benar-benar menjadi partner terbaik untuk manusia tingkatkan produktivitasnya. Sepertinya RedAI Ventures bisa jadi solusi untuk UMKM berkembang

    BalasHapus
  23. Setuju banget Kak kalau artificial intelligence atau kecerdasan buatan itu emang ngebantu banget buat para pebisnis pemula maupun yang pengen ngembangin bisnis karena bisa ngumpulin banyak data dan cari strategi untuk Digital marketing yang cocok sesuai bisnisnya. Keren banget sih Red Asia Inc ini karena meluncurkan RED AI for Indonesia di mana banyak layanan yang bisa membantu para pebisnis di Indonesia supaya lebih mudah dalam proses membangun bisnis terutama UMKM

    BalasHapus
  24. nama ainya keren-keren tapi yang paling penting fungsi/manfaatnya. jika ingin up to date harus mulai mempelajari AI untuk kemajuan bisnis dan usaha juga manfaatkan AI jangan gaptek

    BalasHapus