Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Lebih Dekat, Beda Tepung Jagung dan Maizena

perbedaan tepung jagung dan tepung maizena


Sekarang ini lagi suka bebikinan terutama cemilan yang berbahan dasar tepung, tau dong ya kalau sekarang ini makin viral aneka jajan peracian, bikinnya gampang, murah, dan hasilnya banyak. Tapi nih, pengen juga naik level seperti bikin kue, puding maupun roti yang nggak hanya dinikmati sendiri, namun bisa jadi ide jualan.

Menurutku nih, kalau baking tuh lebih susah daripada masak, bukan berarti aku jago masak loh ya. Memasak tuh memang harus sesuai langkahnya atau sesuai resep masakan yang ingin dibikin, namun untuk sola rasa sesuai dengan lidah masing-masing. Sedangkan kalau baking, harus sesuai dengan takaran yang ada di resep. Pernah loh ngide bikin bolu kukus, yang seharusnya mekar, ternyata nggak berhasil dong, malah bantet.

Banyak banget ide jualan cemilan atau kue yang berbahan tepung, namun ada beberapa orang yang mengurangi atau bahkan tidak bisa konsumsi gluten yang biasanya ada di tepung terigu. Tepung jagung, jadi salah satu alternatif pengganti terigu yang bebas gluten. Hmmm… enaknya bikin apa ya dengan bahan dasar tepung terigu? Tapi sebelum bahas olahan tepung jagung, kalian tau nggak apa bedanya tepung jagung dengan tepung maizena?

Perbedaan tepung jagung dan tepung maizena.

Jujur deh, selain bumbu dapur, perlu banget loh kita mengenal macam-macam tepung, seperti tepung beras, tepung terigu, tepung tapioka, tepung jagung, tepung maizena dan lainnya, karena kalau mau baking misalnya bikin donat, nggak mungkin dong pakai tepung tapioka, nanti nggak jadi donat, malah jadinya cireng.

Sependek pengetahuanku, tepung jagung dan tepung maizena memang bisa untuk pengental masakan, namun jika dibandingkan kedua, ternyata berbeda. Kalau lihat dari warnanya, tentu berbeda, tepung jagung warnanya seperti jagung yang digiling yaitu warna kuning, tergantung warna jagung sebelumnya, kalau warna putih ya tepungnya ikutan berwarna putih. Sedangkan maizena, warnanya putih seperti kapur untuk papan tulis itu loh, putih bendera bukan putih tulang, secara visual memang mudah untuk dibedakan, apalagi jika dipegang, tekstur maizena lebih lembut daripada tepung jagung.

Gampang kan mengetahui perbedaan tepung jagung dan tepung maizena, kalau ditelisik prosesnya, tepung jagung tuh berasal dari biji jagung, jadi kandungan gizinya tuh sama dengan kandungan jagung yang belum diproses. Sedangkan maizena terbuat dari endosperm dari jagung yang digiling, bisa disebut dengan pati.

jenis tepung jagung

Jenis tepung jagung.

Ternyata nih, nggak hanya yang berwarna kuning aja, jenis tepung jagung juga ada beberapa macam jika dilihat dari warna dan kandungannya. Berwarna kuning, jenis yang umum karena mudah ditemukan dan bisa jadi alternatif pengganti terigu, dan kadar proteinnya lebih tinggi daripada tepung jagung yang berwarna putih. Kemudian ada juga yang berwarna biru, jarang ditemukan di pasaran, namun siapa sangka jika yang berwarna biru ini memiliki kandungan protein yang lebih tinggi daripada jenis tepung jagung yang lain, kalian sudah coba bikin dengan warna apa? Sepertinya yang berwarna kuning lebih sering digunakan.

Ngobrolin tentang tepung jagung, kurang lengkap nih jika nggak mencari resep olahan tepung jagung, ternyata setelah mencari macam-macam olahan tepung jagung, banyak juga pilihan kudapan yang mudah untuk dibikin, salah satunya resep dari tiktoknya chef Vindy Lee, bikin kudapan susu kenyal dari 4 bahan saja.

Resep susu kenyal, inspirasi dari tiktok @vindyleetiktok

Bahan - bahan :
  • 250 ml susu
  • 50 gram gula pasir
  • 50 gram tepung jagung.
Cara bikin :
  • Hangatkan susu (setengah aja) di panci, jangan sampai mendidih.
  • Setengahnya lagi (susu), campur dengan tepung jagung.
  • Kemudian tuangkan ke susu hangat. Masak hingga kental (pakai api kecil).
  • Setelah kental, angkat dan tuangkan ke cetakan, tunggu hingga dingin. Kemudian masukin kulkas kurang lebih 1 jam atau hingga mengeras.
  • Ka 1 jam, potong-potong bentuk kotak kecil, bisa langsung dimakan atau diberi taburan parutan kelapa kering.
resep olahan dari tepung jagung



Bagaimana, tertarik untuk bikin resep olahan tepung jagung yang sudah aku tulis di atas? Resep ini termasuk olahan tepung jagung yang mudah dan bisa untuk ngemil kapanpun, namun jangan salah sangka kalau tepung jagung juga punya kandungan yang nggak kalah dari tepung lain, memiliki serat yang tinggi, protein, karbohidrat, kalsium, vitamin dan mineral.

Di atas sempat membahas tentang tepung maizena yang terbuat dari endosperm jagung utuh, mau kasih tips juga selain jadi pengental makanan, jika menggunakan maizena dengan tepat, bikin puding kamu memiliki tekstur yang lembut, dan bikin puding tidak cepat berair.

kelebihan maizenaku


Maizenaku.

Kalau sudah tahu perbedaan tepung jagung dan tepung maizena, kalian seringnya pakai apa nih ketika bikin cemilan, pakai tepung jagung atau pakai maizena? Kalau aku sih lebih sering pakai tepung maizena karena penggunaannya lebih sering, dimasakan maupun dicemilan, namun pengin juga mengolah tepung jagung, lebih terasa rasa jagungnya.

Jika kamu sering menggunakan tepung maizena, jangan lupa untuk stok di dapur dan bisa pakai Maizenaku yang gampang banget dibeli di mana aja, bahkan di warung. Kelebihan dari maizenaku adalah merek yang sudah terkenal dari dulu dan berkualitas, bersertifikat halal MUI dan bersertifikat TOP BRAND.

Maizenaku kekentalannya 2x lebih kental daripada merek lain, warnanya lebih clear dan NON GMO (Gentically Modified Organism) yang artinya gen di dalam oraganisme telah diubah, sehingga akan bermutasi dan akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Tersedia berbagai macam ukuran ; Kemasan kotak (100gram, 150gram, 300gram, 750gram), Kemasan plastik (100gram, 250gram, 500gram, 1 kg, 10kg).

Selain untuk pengental masakan, dengan mencapurkan tepung maizena, bisa loh bikin gorengan lebih renyah. Kalau kamu, biasanya tepung jagung dan tepung maizena digunakan untuk bikin apa? share di kolom komentar ya

24 komentar untuk "Mengenal Lebih Dekat, Beda Tepung Jagung dan Maizena"

  1. Saya dulu tidak tahu tepung jagung Mbak. Mungkin karena jarang digunakan di rumah. Nah, kalau tepung meizena ini justru familier, karena sering dipakai main karambol hahaha. Selain enak dibikin bubur dan kue, juga untuk mengentalkan juga. Kayak capcay.

    BalasHapus
  2. mba aku kira maizena dan tepung jagung ya sama. cuma beda penyebutan aja. eh taunya memang beda ya. Walah. Aku taunya tepung maizena aja. dan seringnya pake maizenaku itu sih. Aku biasanya buat campuran gorengan dan bikin stick kentang keju. itu renyah enyak...

    BalasHapus
  3. Dulu taunya kalau maizena itu ya tepung jagung. Ternyata beda, ya.
    Maizenaku salah satu bahan masak yang jadi andalan juga yang ada di dapur keluarga kami. banyak banget manfaatnya untuk banyak jenis makanan. hasilnya jadi lebih kental dan kenyal kalau pake Maizenaku

    BalasHapus
  4. Aku juga suka pakai tepung maizenaku. Rasanya, teksturnya pas buat bikin kue, adonan jadi lebih bagus.

    BalasHapus
  5. Tepung jagung ini bisa dibikin camilan apa saja. Mau juga nih buat susu kenyal dg tepung jagung, anakku pasti suka.

    BalasHapus
  6. Asli sih. Sebelumnya aku berpikir bahwa tepung jagung dan maizena tuh adalah dua hal yang sama. Kalau aku ngomongin maizena ya berarti tepung jagung. hehehe...

    BalasHapus
  7. Wawasan yang penting ini buat nanti bikin kue lebaran. Jadinya udah tahu bedanya. Gak salah penggunaan deh. Hemm, cuss lah mumpung ada resepnya kita re-cook

    BalasHapus
  8. Saya sudah pernah mencoba maizenaku ini, saya memilih jenis ini karen memang berbeda, dan tentunya dipilih karena sudah berlabel halal.

    BalasHapus
  9. Aku kalau bikin fla puding juga pakai tepung maizenaku. Tapi, bosen nih pengen buat kreasi baru dengan tepungnya. Pengen coba juga ahh bikin susu kenyal, hehe. Cuman 3 bahan gampang banget ya.

    BalasHapus
  10. Penasaran sama tepung jagung apalagi yang warna biru. Belum pernah lihat sama sekali. Pingin juga bikin olahan makanan dari tepung jagung. Kalau Maizenaku sih udah sering karena ada di warung sebelah rumah

    BalasHapus
  11. Bener juga ya, sekarang lagi hits banget bikin cemilan dari tepung, tapi pengen naik level dengan bikin kue, puding, atau roti buat ide jualan. Tapi emang bener, baking tuh kayaknya butuh presisi banget, tapi bisa dipelajari juga kayak masak, kan?

    BalasHapus
  12. Eh ternyata beda ya. Saya baru ngerti. Kirain ya sama ternyata dari bagian bahan yang berbeda meski sama2 dari jugang. Ya bener juga karena jagung warnanya kuning jadi tepung jagung yang selama ini saya tahu maizena ya harusnya kuning. Tapi ternyata beda

    BalasHapus
  13. Aku juga sempat bingung apa bedanya. Tp yang aku tau, tepung jagung itu sama sama buat ngembangin adonan..ya kann hehe

    BalasHapus
  14. Wahh ternyata beda lho ya tepung jagung ama maizena, dari warna aja udah beda. Eh resep susu kenyalnya ini bisa dicoba donggg. Gampang, irit bahan dan pasti anakku suka. Aku juga udah punya maizena di rumah.

    BalasHapus
  15. aku baru tahu kak haha lumayan bget ini bisa jadi alternatif ganti terigu, bisa buat bikin apalagi ya tepung jagung ini?

    BalasHapus
  16. Oalah jadi seperti itu ya perbedaannya. Kalau tau begini, InsyaAllah ga akan salah lagi dalam memilih tepung jagung atau maizena saat membuat kue atau makanan

    BalasHapus
  17. Kirain tepung maizena dan tepung jagung itu dua hal yang sama ternyata beda ya. Saya sendiri juga lebih sering pake tepung maizena sih. Andalan banget tepung Maizenaku ini buat mengentalkan makanan

    BalasHapus
  18. Eh aku baru tau tepung jagung dan tepung maizena itu berbeda, soalnya di bungkus maizenaku ini gambarnya jagung kaaaan.. Ternyata asal tepungnya yang berbeda yaaaa.. Aku kalo beli tepung maizena emang selalu pilih maizenaku niiiih

    BalasHapus
  19. Merk Maizenaku udah jadi yang favorit sih, kalau masak selalu pake merk itu:D baru tau kalau tepung jagung yang warna kuning, kadar proteinnya lebih tinggi daripada yang warna putih. Terus ada juga yang warna biru ya..

    BalasHapus
  20. Dalam kehidupan sehari-hari, dua tepung ini menghiasi kegiatan masak memasak di rumah. Tentunya tepung Maizenaku lebih sering Mama gunakan untuk kue dan tepung terigu untuk gorengan.

    Rupanya ada beberapa varian juga ya Kak untuk tepung jagung. Salah satunya dari warna, Teddy kayaknya belum pernah lihat yang warna biru. Alhamdulillah dapat informasi menarik dari artikel ini.

    Terima Kasih informasi & ilmunya Kak.

    BalasHapus
  21. Mempelajari bumbu dapur untuk penting banget ya. Jangan sampai semua disama ratakan aja. Apalagi tepung. Masih banyak lho yang sering tertukar antara tepung jagung, terigu, tapioka dan lain-lain.

    BalasHapus
  22. Lebih sering pakai tepung maizena sih ya, bahkan mungkin terbilang ga pernah pakai tepung jagung selama ini. Karena ga familier juga

    BalasHapus
  23. beberapa bulan ini saya suka banget masak pakai tepung maizena. Trnyata bagus juga hasilnya misal mau buat ayam tepung gitu. Dicampur dikit aja sudah renyah

    BalasHapus
  24. Wahhh menarik banget nih bisa dikreasikan untuk buat apapun, apalagi ada varian baru gini bisa jadi lebih enak lagi dibandingkan yang biasa dipake :D

    BalasHapus