Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persiapan Untuk Kamu yang Ingin Memelihara Kucing

kucing oren
cara merawat kucing. sumber : pexels/camiloospina

Kucing yang merupakan hewan berbulu yang menggemaskan ini memang mudah membuat orang cinta pada tingkahnya yang ada aja, tak heran menjadi salah satu hewan peliharaan yang dimiliki banyak orang, namun bagi yang baru memulai untuk memeliharanya tentu harus memiliki persiapan matang agar anabul bisa sehat dan lincah.

Dimulai dari dari mana kamu bisa mendapatkan kucing yang kamu inginkan, pesan saya sih adopt don’t shop, kamu bisa adopsi dari shelter penampungan kucing tanpa pemilik ataupun adopsi di pemilik kucing yang terpercaya. Adopsi berarti kamu ikut memberikan kasih sayang pada kucing yang terlantar.

Persiapan apa saja yang dibutuhkan?

Nah, sekarang persiapan apa saja sih untuk pemilik kucing sebelum mulai memeliharanya, cek selengkapnya di bawah ini : 

Makanan kucing.

Harus memperhatikan makanan kucing selain untuk kesehatan juga bisa merawat bulu kucing agar tidak mudah rontok. Cek label nutrisi yang disesuaikan dengan usia kucing, jika kamu mengadopsi dari pemilik kucing sebelumnya, cukup beli makanan yang sama.

kucing oren lucu
sumber: pexels/engineakyurt


Vaksin kucing.

Seperti manusia, kucing juga perlu vaksin untuk kekebalan tubuh, manfaatnya bisa untuk melindungi dari berbagai penyakit, seperti infeksi bakteri maupun virus. Salah satu vaksin yang perlu dilakukan adalah FPV (Feline Parvovirus) yang memiliki manfaat untuk mencegah infeksi feline panleukopenia, infeksi ini penyakit yang sangat menular dan bisa mengakibatkan kematian pada kucing.

Perhatikan sanitasi

Kebersihan kucing perlu diperhatikan, seperti menyiapkan litter box kucing dan membersihkannya secara rutin, memandikan kucing secara berkala, cek kesehatan kucing di vet dan kalau memang ada budget lebih, bisa menyiapkan ruangan khusus untuk aktifitas kucing.

Selain memberikan vaksin, perlu memberikan vitamin kucing yang bermanfaat untuk memperlancar metabolisme tubuh, apalagi cuaca di Indonesia juga sering berubah, selain itu untuk mencegah kerontokan pada bulu. Jangan lupa juga untuk memberikan obat cacing kucing secara berkala, biasa kucing yang masih kecil diberikan obat cacing setiap dua minggu sekali atau sesuai dengan anjuran dokter. Selain kebutuhan nutrisi, bisa juga memberikan mainan kucing agar tidak mudah merasa bosan.


Hal lain yang perlu diperhatikan

Selain beberapa hal yang telah disebutkan di atas, ada juga hal yang perlu dipertimbangkan, agar kasih sayang yang diberikan ke kucing dapat maksimal, yaitu : 

  • Dukungan dari keluarga : Meskipun kamu sayang banget dengan hewan yang berbulu ini, dukungan dari keluarga dan orang sekitar juga diperlukan, karena nggak mudah loh untuk mengurus kucing, apalagi kamu disibukkan dengan pekerjaan atau kegiatan lainnya. Konsultasikan terlebih dahulu kepada keluarga agar bisa membantu dengan sukarela, bantuan kecil seperti memberi makan tepat waktu, jangan asal buka pintu rumah agar kucing nggak tiba-tiba kabur dan sebagainya.
  • Pilih merawatnya secara indoor atau outdoor : Banyak jenis kucing tentunya perawatannya berbeda pula, selain konsultasi ke dokter hewan, bisa loh tukar pengalaman dengan pencinta kucing lainnya, apakah jenis kucing yang kamu miliki lebih cocok di indoor atau malah sesekali boleh lah di outdoor.
  • Konsisten. Kucing bukanlah hewan yang dijual beli, malah sebagai pecinta kucing, dia bukan sekedar hewan, melainkan sahabat, jadi perlu konsisten untuk merawatnya, dimulai dengan memberikan makan sesuai takaran dan tepat waktu, vaksin, beri vitamin, luangkan waktu untuk main bersama dan masih banyak lagi. Perlu konsisten dan waktu tersendiri agar bonding dapat terjalin.

Semua usaha kerasmu bakalan terbayarkan dengan unyel-unyel anabul kesayangan, rasanya tuh seperti gumpalan bulu yang menenangkan, hidup semakin berwarna dengan kehadirannya, ada aja tingkah lakunya, yang spesial di hati.

kucing rebahan
pexels.com/penglouis


Kebutuhan anabul ada di Tokopedia.

Jika sudah siap dengan persiapan yang diperlukan, sudah ada tekad yang kuat untuk memelihara dan menyayangi, saatnya mencari produk berkualitas untuk kucing kesayangan, tentu saja di marketplace Tokopedia, seperti tagline nya “Selalu ada selalu bisa:, ada banyak banget kebutuhan kucing, mulai dari makanan hingga mainan, dan semua kebutuhan yang ada akan bisa menyenangkan kucing kamu.

Di Tokopedia semua ada, bisa cari toko kebutuhan anabul secara online, saya sih sukanya menggunakan filter yang dekat dari rumah agar sampainya cepat, berkali-kali belanja karena free ongkir, salah satu yang bikin betah belanja di Tokopedia tuh banyak diskonnya, dan sering mengadakan flash sale, jadi lebih hemat.

Jadi, kamu sudah belanja apa saja Tokopedia?




Sumber : 

https://www.halodoc.com/kesehatan/vaksin-kucing

https://www.alodokter.com/berbagai-jenis-vitamin-kucing-dan-manfaatnya

https://www.idntimes.com/science/discovery/rihanna-bunga/aturan-pemberian-obat-cacing-pada-kucing

18 komentar untuk "Persiapan Untuk Kamu yang Ingin Memelihara Kucing"

  1. Melihara kucing tuh emang nggak boleh sembarangan ya mak.. gabisa abis bosen terus open adopt, melihara kucing bener bener butuh tanggung jawab dan kasih sayang yaaaa

    BalasHapus
  2. Kalau udah sayang kucing, apa aja bisa dilakuin ya mbak. Mau memelihara kucing juga pun memang butuh persiapan. Supaya kucingnya nyaman dan betah ikut kita, dan tentunya bakal sayang juga sama pemiliknya

    BalasHapus
  3. Dukungan keluarga memang penting sekali sebelum memelihara kucing. Soalnya aku tuh takut kucing mba. Anakku suka kucing tapi kayaknya ya nggak bisa pelihara kucing di rumah. JAdi sementara ini mereka suka beli makanan kucing dan kasih ke kucing kucing liar

    BalasHapus
  4. Setuju untuk ada kompromi dari keluarga. Karena anak-anak saya selalu pengen pelihara kucing. Tapi, saya masih keberatan. Saya hanya izinkan kasih makan di teras rumah. Jadi, anak saya tetap beli makanan kucing. Meskipun kasih makannya di teras

    BalasHapus
  5. Aku udah setahunan ini gak punya kucing. Dulu melihara kaya gak sengaja gitu. Sekarang lebih mikir lagi kalau mau punya anabul. Soal makan, kebersihan, dan lainnya. Oh iya, Vet-nya ini aku juga belum tahu di daerahku ada atau gak. Makanya maju mundur deh

    BalasHapus
  6. Iiih umuush sama kucing kucing lucu ini, tapi kalo ketemuan kucing yang "agak kurang terdidik" ya gemes pengen ngusir hihihi...

    Kucingku saat ini tinggal satu, si Eki namanya, alhamdulillaaah punya kucing itu berasa punya temen pas lagi sedih, temen main, temen bobok, si anak manja, penjaga, bodyguard, indah banget deh pokoke :))

    BalasHapus
  7. Memelihara kucing memang perlu banyak yang disiapkan. Selain makanan kucing, kandang, sanitasi dan lainnya. Ternyata berbagai kebutuhan kucing ini udah tersedia secara online di Tokopedia. Jadi lebih memudahkan buat pemeliharaan kucing.

    BalasHapus
  8. perintilan yang harus disiapkan untuk merawat si anabul yang unyu, gak bikin galau deh.
    tinggal search di Toped, co, bayar..sat set barang pun tersedia di tangan ya

    BalasHapus
  9. Anakku nih pengin banet melihara kucing tapi belum ku kasih karena dia harus bertanggung jawab pada keinginannya. Jadi selama ini saya baru izinkan dia memberikan makan kucing yang seliweran di rumah saja.

    BalasHapus
  10. melihara kucing memang harus telaten apalagi jenis kucing yang butuh perawatan khusus. Makanya aku ga bisa banyak melihara kucing, semampunya aja. khawatir nanti ga keurus malah zolim sama kucingnya. btw aku juga beli makanan kucing di toped, enak milihnya dan ga perlu kemana2. dirumah aja udh bisa mesen.

    BalasHapus
  11. Bener banget sih ini, sanitasi adalah hal pertama yang kupikirkan biar rumah ngga bau kucing :(( agak betee kalo udah mulai acak2 rumah, langsung kukeluarin deh tiga anabulku wkwkwk, nti masuk lagi pas waktunya tidur

    BalasHapus
  12. Rasanya jadi kayak punya anak ya kalau piara anabul. Soalnya kalau sembarangan bakal nggak terawat ya huhu

    BalasHapus
  13. Kemarin adikku nih ngobrolin soal mau memelihara kucing. Kubilang, boleh saja memelihara kucing. Cuma kita harus memastikan kucingnya udah divaksin terlebih dahulu.

    Nah, kami udah mulai tahap pencarian dokter hewan di sekitar rumah. Cuma emang belum nemu.

    BalasHapus
  14. Bener banget sih ini. Jangan cuma asal seneng sama kucing, tapi, gitu mau melihara, persiapan nol besar huhu..

    BalasHapus
  15. Makanan sih ya yg plg sulit meski di toko jg bnyk jenisnya. Asal kita pny budget, tentu makanan buat anabul ga ada mslh sih. Apalagi cek makanan buat anabul bs dicari di Tokopedia. Dpt cashback dan gratis ongkir biasanya sering kita dpt. Jd bs hemat deh buat makanan anabul.

    BalasHapus
  16. Bagi pecinta kucing, apa pun akan disiapkan dan diusahakan, asalkan bisa memelihara dan bermain bersama kucing kesayangan, hihihi...

    BalasHapus
  17. Sudah lama Banget nga memelihata kucing setelah dulu kehilangan kucing kesayangan. Sekarang pengenya,, memelihara ikan aja.

    BalasHapus
  18. saya termasuk yang tidak suka memiliki hewan peliharaan termasuk kucing
    berhubung anak suka, mau tidak mau saya ikut merawatnya

    BalasHapus