Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Skincare Untuk Pengendara Motor, Dari Wajah Hingga Tubuh

skincare untuk pemotor


Beberapa minggu lancar motoran, tentunya berani ke jalan besar, ternyata ada hal yang bikin terkaget-kaget. Bagaiamana tidak, nggak sampai seharian penuh, tapi muka buluk, kena matahari, debu dan asap kendaraan.

Ternyata nggak hanya menyiapkan kondisi sepeda motor yang prima untuk bisa gesit di jalanan, tapi juga perawatan wajah yang berusaha untuk tetap glowing, shimmering, splendid. Berikut cara aku untuk rutin melakukan perawatan wajah sebagai pemotor pemula.

Persiapan sebelum berkendara.


Sebelum memulai aktifitas, jangan lupa menyiapkan segala sesuatu yang akan dibawa, cek juga kendaraan agar kondisinya tetap prima. Ini dia persiapan perawatan wajah sebelum berkendara :

  • Bersihkan wajah.
Persiapan dimulai dari membersihkan wajah, aku menggunakan facial wash yang PH balance, jadi dia tuh nggak bikin ketarik atau kering setelah pemakaian, karena kandungannya sama seperti kondisi kulit kita. Banyak rekomendasi produk, tapi aku lebih suka menggunakan face wash Dewpre yang tea tree, karena saat ini wajahku sedang berjerawat.

Oiya, aku ada beberapa produk facial wash yang aku miliki karena disesuaikan dengan kondisi kulit, kalau memang cocok dengan satu produk, nggak apa sih. Jika wajahku sedang tidak berjerawat, aku pakai produk yang mengandung hyaluronic acid juga, seperti produk dari Y.O.U yang warna pink.

  • Pakai toner yuk!
Sebagai informasi aja, ada yang skip pakai toner, ada yang pakai toner, aku termasuk yang nggak melewatkan toner, meskipun face wash ku nggak bikin ketarik, tapi menurutku dengan toner tuh seperti menyiapkan wajah kita untuk lembap, sehingga mudah untuk menyerap langkah skincare berikutnya. Aku pakai toner dari azarine, melembapkan sekaligus menghidrasi kulit.

  • Pelembap jangan di skip.
Tipe kulitku normal to dry, jadi aku selalu pakai pelembap, apalagi make up ku hampir selau pakai cushion, jadi bikin tahan lama nempel di wajah. Pelembap yang aku pakai dari Azarine yang barrier moiturizer, kemasan warna biru, dan sesekali pakai produk Hanasui yang probiotic, aku suka karena mampu mengunci kelembapan sedikit lebih lama dari lainnya, teksturnya juga ringan, yaitu gel, jadi kayak nggak pakai pelembap.

  • Wajib pakai sunscreen!
Apa gunanya merawat kalau wajah nggak dilindungi! Wajah pakai sunscreen SPF 50 karena berada di luar ruangan. Bagi sebagian orang, pakai sunscreen tuh, butuh tapi bikin risih dikarenakan teksturnya kayak “topeng” ada berdaki, atau malah bikin berminyak.

Tenang aja, aku juga sering mengalami kurang nyaman dengan tekstur sunscreen, namun nggak mudah menyerah untuk explore brand lainnya, aku cocok Scarlett ultra light yang ringan dan nggak ada aroma yang menyengat, atau implora tapi sedikit bikin tone up.

  • Perhatikan body care.

Meskipun sudah pakai sepatu dan sarung tangan, jangan skip body care secara rutin, sinar mataharinya menyengat banget. Cari body care yang mudah meresap, nggak lengket dan ada SPFnya atau setidaknya UV Filter. Tips dari aku untuk kamu yang punggung tangannya belang daripada tangan, coba deh campur antara body lotion yang biasa kamu pakai dengan AHA body booster, pakai secara rutin, pagi dan malam, jangan lupa untuk pakai sarung tangan khusus untuk motor. Insya Allah warna kulit merata.

Skincare di pagi maupun malam hari, aku jarang pakai serum, karena basic skincare menurutku udah cukup efektif di kulitku, pakai serum kalau lagi pengen aja atau sedang tertarik dengan bahan tertentu.

Jika ingin pakai serum, nggak apa-apa, tapi cari yang tekstur ringan karena akan pakai makeup juga, kan. Saranku pakai serum vitamin C untuk boost kulit agar tetap cerah, nggak kusam. Aku udah pakai dan berhasil, nggak gampang kusam. Perlu diingat ya kalau wajib reapply sunscreen, dan hasil penggunaan serum vitamin C berbeda-beda sesuai dengan kondisi wajah.

rekomendasi skincare


Skincare saat malam hari.

Saatnya bersih-bersih, Sebelum cuci wajah, aku pakai micellar water. Ada juga yang pakai cleansing balm karena makeup nya terlalu “berat”, bebas aja lah ya sesuai dengan kebutuhan kamu. Setelah micellar water, kemudian face wash dan toner.

Setelah itu menggunakan pelembap, nah kalau malam hari biasanya tuh ada pelembap yang bahannya ditambah dengan semacam retinol, dan memang khusus dipakai malam hari. Namun, jika kamu pakai pelembap yang sama seperti di pagi hari, nggak apa juga.

Kadang ada orang yang pakai sheet mask setiap harinya, itu lebih bagus sih karena memang hasilnya lebih terlihat lebih sehat. Kalau kamu nggak malas ya silakan aja pakai sheet mask.

Jangan lupa untuk eksfoliasi, boleh dengan physical maupun chemical, aku pakai kedua, dan selang seling. Biasanya tiga kali dalam seminggu. Tergantung kebutuhan kulitmu.


Ekstra perawatan.

Setidaknya sebulan sekali meluangkan waktu untuk ke klinik kecantikanklinik kecantikan, untuk facial atau perawatan yang disesuaikan dengan kondisi wajah. Bagiku, perawatan secara mandiri dengan perawatan di klinik kecantikan, saling melengkapi.

Pernah mengalami fase jerawat membandel hingga bekasnya tuh susah dihilangkan, sudah pakai obat jerawat, namun hasilnya kurang memuaskan, masih ada bekas-bekas jerawat yang masih belum tuntas, jadi aku pilih ke klinik, setelah rutin perawatan, hasilnya memuaskan.

Selain jerawat yang bandel, ada beberapa kondisi medis yang memang butuh penanganan khusus dari dokter. Nah, makanya yang masih muda, mumpung banyak ilmu skincare dan banyak banget produk skincare, wajib banget merawat sejak dini daripada menyesal nantinya dan butuh duit banyak untuk rutin ke dokter spesialis.

Jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat, jangan begadang, makan gizi seimbang dan kelola stress. Jadi pengendara yang hati-hati di jalan dan peduli dengan kesehatan kulit dan tubuh.

Posting Komentar untuk "Skincare Untuk Pengendara Motor, Dari Wajah Hingga Tubuh"