Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, Maret 03, 2015

Perihal Hosting dan Domain



Sebelum postingan ini, sepertinya juga bahas tentang domain pribadi, manfaatnya domain pribadi hingga personal branding lewat domain pribadi. Segera ganti domain gratisan ke domain berbayar daripada nantinya alamat blog kita dicatut orang lain, apalagi kalau merasa alamat blog kita unik dan nggak pasaran. Atau cepat - cepat klaim domain untuk blog personal, karena bukan aku saja yang memiliki nama sari widiarti, tapi banyaaaaak... maka dari itu cepat - cepat klaim dengan domain berbayar.

Bagi teman - teman blogspot yang akan ganti domain, mungkin ada beberapa pertanyaan, karena blogspot sangat berbeda dengan wordpress, ada yang bilang lebih enak pakai blogspot, nggak ribet daripada wordpress yang ribet masih utak - atik ini itu. Menurutku sih, semua berawal dari kebiasaan, ada yang sudah terbiasa dengan wordpress karena bilang lebih mudah daripada blogspot. Begitu juga sebaliknya, jika pengguna blogspot pasti bilang blogspot lebih mudah daripada wordpress. Semua berawal dari KEBIASAAN.

Saat akan ganti domain yuk belajar istilah agar lebih paham :


Menurut pengertian aku, (dengan bahasaku sendiri) Hosting itu ibaratnya RUMAH. Rumah kita mau diisi apa? Diisi meja, kursi, hiasan dinding. Nah, rumah yang semakin banyak perobotan, maka space di dalam rumah akan semakin sedikit. Begitu juga dengan hosting, semakin banyak kita pakai (posting, upload gambar) akan semakin sedikit space (ruang kosong) dalam memeori blog kita.

2. Apa itu domain?

Domain, aku ibaratkan adalah alamat. Jadi, saat mau main ke rumahnya sari, pasti butuh alamat yang jelas. Beli domain, biasanya disesuaikan dengan nama lengkap, nama pena, atau nama - nama yang sudah melekat di dalam diri kita.

Domain TLD

TLD : Top Level Domain.  merupakan deretan kata dibelakang nama domain, seperti :

.com

.co.id

.org

.gov

Biasanya TLD digunakan sebagai identitas alamat suatu negera. Misalnya Indonesia dengan blablabla.co.id , blablabla.net.id . Kan pernah tuh kalau kita daftar domain, diminta Nama lengkap, alamat, nomor KTP.

Nah, begitulah kira - kira penjelasanku, kalau ada yang kurang paham monggo di bahas di kotak komen, kalau ada yang menambahkan atau sekiranya tulisanku ada koreksi, monggo dibetulkan. Sama - sama belajar bareng ^_^


9 komentar:

  1. baru 3 bln pake domain yg berbayar hehe

    BalasHapus
  2. aku masih pake domain gratisan, hehe

    BalasHapus
  3. aku udah berdomain gara2 bledos kompornya :)

    BalasHapus
  4. Widiww semoga nama domain impianku belum diembat orang.. Belom sempet sih :3

    BalasHapus
  5. wah musti cepat ni...mumpung masih anget...kalau lambat bisa di embat orang

    BalasHapus
  6. aku masih pake hosting gratis sih, tapi seenggaknya domainnya udah berbayar. xD awalnya ganti domain karena dikasih gratis setahun.

    BalasHapus
  7. wah mantap mbak... dan yang mau make hostingd an tld haus siap dng sgala resiko ketika yg ngelola udah .co.id mbak hehe soalnya kalo g ada yg mempernjng atau diwariskan bisa mati semua usaha hehe sukses terus mbak... sy dri kmrin mikir wah angkisland.com bakal say wariskan sm sapa yah haseehhh.. pengen gratisan lagi jadinya....

    BalasHapus
  8. Aku pun lagi mempertimbangkan buat beli domain dot com, Mbak.. Biar lebih profesional.. Hihihi :P

    BalasHapus
  9. Topik ini lagi jadi TT ya?
    Bbrp blog yang aku kunjungi bagas ini, hehe
    Tfs, Mak

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)