Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, Agustus 10, 2015

Tahu aci

Masih banyak nih cerita tentang lebaran, mau aku cicil di blog. Tapi untuk hari ini dan beberapa ke depan, sepertinya mau bicara soal kuliner, pastinya kuliner Tegal, ya iyalah ya, kan mudiknya ke Tegal. Mungkin ada teman - teman yang kampung halamannya sama seperti aku, Tegal. Atau bertetangga dengan Tegal? Mau cerita tentang kuliner atau bisa disebut dengan cemilan khas Tegal maupun daerah pesisir pantai utara.

Tahu aci, dari namanya saja udah pada tahu kan cemilan ini terbuat dari apa? Yup, dari tahu dan adonan aci yang dicampur dengan bumbu - bumbu yang lain. Percaya deh, kalau udah di Tegal, yang dicari terlebih dahulu adalah tahu aci, karena nggak sulit untuk menemukan cemilan yang satu ini, dijajakan di pinggir jalan maupun di tempat oleh - oleh. Kunyah - kunyah eh langsung habis. Layaknya gorengan tahu atau ote - ote seperti di rumah, emang tahu aci nih wajib hadir di meja makan Mbah uti, karena cucu - cucu dan anak - anaknya pada doyan, nggak mblenger, meskipun saudara yang asli Tegal udah bosan ya lihat tahu aci. huahahahaaa..

Seperti ala - ala chef abal - abal, selalu saja aku dan Mamaku menerka - nerka bahan apa saja sih untuk buat tahu aci. Maklum, kalau untuk oleh - oleh dan dibagikan teman - teman rasanya nggak bisa bertahan lama, karena memang bahannya fresh dan harus segera dimakan, karena itu, nggak pernah deh keluargaku oleh - oleh tahu aci, takutnya pas sampai di rumah, eh malah basi. Daripada mubadzir, mending beli tahu aci saat pulang, dimakan di kereta, nyaaaam.

Serius deh, bahannya gampang banget, bumbunya kayak hampir sama dengan pilus, gurih. Tapi memiliki tekstur kenyal. Hmmm.. kayak cireng lah, bagi yang belum merasakan tahu aci, ya rasanya saudaraan sama cireng. Meskipun dengan pedenya aku dan Mama nebak bahan untuk adonannya. Tapiiiiii... dari jaman Mbah uti pagarnya masih bambu sampai pagarnya udah tralis besi, nggak pernah tuh yang namanya bikin tahu aci sendiri di rumah.. huahahahha..


Sesungguhnya, adonan tahu aci itu mudah, tapi malas untuk bikin, yaaa lebih enak langsung nyomot..


10 komentar:

  1. sepertinya enak tuh Sar...aku mauuuu

    BalasHapus
  2. sepertinya memang enak, pengen nyoba, tapi jauh amat ya ke Tegal hehehe
    Bikin dong mak, share resepnya di blog :D

    BalasHapus
  3. Tahu Aci... saya belum pernah nyoba, enak banget ini kayaknya, jadi kepengiiiin....

    BalasHapus
  4. Malem malem ngemil yang kayak ginii bikin aku pengen ahhh

    BalasHapus
  5. hihi...kirain ada resepnya mbak. tiwas dah mau tak copas je cara bikinnya. duh, mana bacanya malem pula. laperrr jadinya.

    BalasHapus
  6. Ecieee... Nulis tentang kamu.... Who i that.... #gagal fokus karena liat kolom aboutnya... Hihihi. Tahu aci enak tenan... Nyongdoyan...

    BalasHapus
  7. aku suka nih tahu tegal. Di cirebon sudah ada juga

    BalasHapus
  8. Mau...mau...mau tahu aci. Kalo sudah makan, ga mau berhenti ngunyaaah...

    BalasHapus
  9. Pas kemarin usia kehamilan 7 buan saya pengen makan tahu aci nih Mbak. Sayang di sekitar rumah nggak ada. Untungnya dibeliin sama adik yang kuliah di Kudus. Pualng kampung cuma mau bawain Mbak nya tahu aci.

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)