Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, November 13, 2015

7 Kegiatan agar nggak mati gaya saat listrik padam.


Alhamdulillah, beberapa hari yang lalu sudah turun hujan. Rindu akan aroma tanah yang lembap, segar dan menenagkan. Di satu sisi, hujan merupakan anugerah, namun di sisi lain juga bikin was – wasa, selain takut banjir kalau hujannya deras, suka horor juga kalau listrik padam karena hujan deras yang kadang disertai angin. Kalau sudah listrik padam, suka mati gaya, alias nggak tahu mau ngapain.

Daripada hanya elus – elus smatphone doang, berikut 7 kegiatan agar nggak mati gaya saat listrik padam :

1. Keluar rumah.

Kalau listrik padam waktu siang hari, boleh lah langsung melipir ke rumah teman atau ke Mall, daripada celingak – celinguk di rumah nggak ada temannya. Main ke rumah teman bisa dimanfaatkan untuk bersilaturahmi. Mungkin, selama ini disibukkan dengan kegiatan masing – masing, nah waktunya untuk mengeratkan silaturahmi. Siapa tahu, setelah main ke rumah teman, ada ide untuk membuka usaha. Cihuy, kan?

2. Beli banyak cemilan, kemudian timbun.

Kadang, sebelum pemadaman listrik, ada pemberitahuan, kadang nggak ada. Jadi, menimbun makanan merupakan hal yang wajib, apalagi kalau disertai hujan. Daripada kelamaan nunggu listrik kembali nyala untuk beli makanan, lebih baik saat menit pertama listrik padam, langsung meluncur ke warung tedekat. Selain beli lilin, perlu loh membeli cemilan atau makanan siap saji, jaga – jaga kalau nanti lapar, eh malas keluar atau nggak ada abang bakso yang jualan keliling rumah pada nggak lewat. Daripada sedih kemudian ngunyah obat mag, harus siap segala sesuatu. Kalau listrik padam, paling mantap tuh ngunyah cemilan, bakalan nggak ngebosenin aja, karena rame gara – gara bunyi “kriuk.. kriuk..”

3. Main Bayangan.

Masih inget nggak waktu dulu sering main bayangan pakai tangan kemudian bentuk aneka bentuk hewan, bentuk bayangan hewan dari tangan kita akan terlihat jika disinari sama cahaya lilin. Seru! Kembali ke masa kecil, dan emang sepertinya ini kegiatan yang abadi, dari mulai kita masih kecil, sampai punya anak kecil, kegiatan ini merupakan kegiatan alternatif yang paling keren kalau sedang listrik padam.

4. Membuka album foto lama.

Buka album foto keluarga yang sudah lama nggak dibuka lagi, mungkin sudah mulai berdebu. Setiap foto pasti mengurai banyak kenangan semasa kecil, rasanya nggak percaya kalau dulu masih imut, eh waktu udah gede tetep gitu imutnya *uhuk*. Lebih asyik lagi kalau berkumpul sama keluarga, pasti ada aja cerita masa kecil yang nggak habis – habis, atau meskipun cerita masa kecil diulang – ulang, rasanya nggak pernah bosen. Selamat menjelajah masa lalu!

5. Menghitung uang.

Eh, beneran loh menghitung uang saat listrik padam tuh menyenangkan. Di kamar sendirian, terus buka dompet koin, keluarin deh semua uang koin. Uang kertas disimpan dulu aja, maunya main sama duit koin. Tapi, hati – hati saat menghitung koin, awas gelinding dan bakalan susah dicari kalau listriknya padam. Cara ini ampuh juga untuk menghabiskan waktu, rasanya bisa berimajinasi kalau uang koin bisa ngomong satu sama lain, hehehe.

koinnya jelek banget, huahahaha..


6. Sesi curhat.

Listrik padam, koneksi wifi nggak nyala, smartphone baterainya habis, powerbank ketinggalan, lengkap sudah penderitaan yang dialami. Eh, tunggu dulu, manfaatkan situasi ini untuk mengobrol dengan anggota keluarga yang lain. Mungkin, keseharian sudah jarang ketemu karena kesibukkan, buka obrolan ringan agar suasana mencair, bisa juga ditemani secangkir teh hangat agar obrolan semakin seru.

7. Tidur.

Nah ini, kegiatan yang pamungkas kalau sedang listrik padam. Langsung tidur. Mau gimana lagi, kalau listriknya padam waktu pulang kerja, pastinya nggak sempat untuk melakukan hal lain. Mumpung semua lampu pada padam, kualitas tidur dapat meningkat loh, menjadi sunyi, tenang, damai asal nggak ada suasana horor, kayak tiba – tiba ada suara panci jatuh tanpa sebab.

Untuk menunjang kegiatan sehari – hari, memang tidak bisa hidup tanpa listrik. Tapi, listrik padam, tak menghalangimu untuk mengeksplor hal – hal kecil yang mungkin terlewat, padahal itu istimewa.

8 komentar:

  1. saya suka hujan, hujan membuat tenang asal gak banjir :)

    BalasHapus
  2. mending tidur dh klo lg padam tu listrik .,.hehe

    BalasHapus
  3. nomor tujuh saya mbak. hihihi...

    BalasHapus
  4. Iya sih pilih tidur atau nelpon PLN minta segera dinyalain

    BalasHapus
  5. Klo sama ponakan enak main bayangan

    BalasHapus
  6. disini ada yang namanya jadwal listrik padam. jadi padamnya bergilir gitu. hari ini di tempat A, ntar besok di tempat b. T^T *hiks *jadicurhat XD

    kalau listrik mati, waktu kecil saya dan adik-adik saya suka cerita hantu... haha. enggak jelas banget ya.... atau main bayangan. Kalau sekarang palingan ngobrol-ngobrol sambil baring-baring dan ujung-ujungnya tertidur hihihi XD

    BalasHapus
  7. Kalau matinya malem-malem ditambah hape habis dayanya ... ya jurus pamungkasnya tidur. Ngumpet dibalik selimut. :))

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)