Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, Februari 18, 2016

Tips Membeli Mesin Jahit Bagi Pemula

yuk, menjahit.
Selain ngeblog, teman – teman pasti memiliki kegiatan yang dong, mau curhat tentang kegiatan selain ngeblog nih, kalau teman – teman nguplek blogku, pernah bercerita tentang crafting, meskipun nggak terlalu banyak yang aku tulis, tapi menikmati dengan dunia crafting, awalnya sekedar mengisi waktu luang, lama – lama kok menikmati ya, belum sehebat teman – teman crafter yang pernah aku temui, tetapi memacu untuk terus belajar. Untuk meningkatkan kemampuan juga perlu peralatan yang mumpuni, salah satunya adalah membeli mesin jahit untuk crafting.

Dulu pengin banget beli mesin jahit, akhirnya kebeli juga. sebagai pemula, pastinya bingung dong mau beli mesin jahit yang mana, semua memiliki banyak kelebihan, rasanya pengin beli semuanya. Nah, bagi yang bingung untuk membeli mesin jahit, simak tips berikut.

Tips membeli mesin jahit untuk pemula : 


  1. Siapkan dana. Paling utama dan yang paling penting, untuk menyiapkan dana. Namun, banyak juga penjual yang melayani pembelian kredit. Nah, kalau kredit perlu dipikir matang – matang, kalau memang mesin jahit untuk keperluan usaha, menurutku sih boleh juga, asal setiap bulan usaha kita memang ada pemasukannya, agar setiap bulannya tidak terbebani akan angsuran. Tapi, kalau beli mesin jahit, masih untuk latihan, membuat craft yang mudah (sarung bantal, dompet koin, dll) dan harga mesin jahit yang diinginkan lumayan menguras jiwa raga, bersabar dulu deh ya untuk ngumpulin duit. 
  2. Beli baru atau bekas. Kalau udah benar – benar pengin banget beli mesin jahit, karena menyalurkan hobi, passion atau biar nggak lupa untuk menjahit, kadang pilihan ini juga bikin dilema, yaitu beli bekas atau baru. Beli bekas nggak masalah, asal benar – benar tahu kondisi mesin dan fisik mesin jahit yang kita beli, atau bisa juga membeli mesin jahit dari teman, kalau antar teman biasanya saling terbuka, bisa juga ditawar loh harganya, hehehe. Kalau udah beli yang bekas dan udah mampu beli mesin jahit yang baru, bisa juga loh mesin jahit bekas dijual lagi, atau bisa digunakan untuk pelatihan menjahit bagi teman – teman yang ingin kursus atau semacam workshop menjahit, luamyan kan dapat pemasukan sampingan. Tapi kalau ragu dengan mesin jahit bekas, ya balik lagi untuk menahan diri, sedikit demi sedikit nabung untuk beli mesin jahit. Sabar ya.. 
  3. Pahami kebutuhan. Siapa sih yang nggak kepengin punya mesin jahit yang bisa jahit ini itu, bordir, beragam pola jahitan, huwaah rasanya pengin beli yang super duper lengkap, tapi ya balik lagi, kebutuhan membeli mesin jahit, untuk apa, kalau masih pemula seperti aku, ya paling butuh mesin jahit standar dengan 8 atau 12 pola, bisa gulung benang otomatis, yang ramah di kantong, hehehe. Memahami kebutuhan akan menghindarkan yang namanya lapar mata. 
  4. Lebih teliti. Setelah tahu kebutuhan, sekarang waktunya lebih teliti membeli mesin jahit, tahu dong ya merek mesin jahit banyak banget, Merek A harga 2juta, dapat 8 kelebihan, bisa jadi Merek B, harga sama tetapi memiliki 12 kelebihan. Nah, bisa jadi pertimbangan tuh untuk membeli mesin jahit yang mana. 
  5. Memanfaatkan diskon. Ya namanya juga cewek, suka banget dong yang namanya diskon. Meskipun sehari – hari penjual mesin jahit memberi diskon, coba tahan dulu, beli di bulan yang memiliki hari libur nasional, Misalnya Bulan Agustus yang identik diskon untuk Dirgahayu Republik Indonesia, atau diskon akhir tahun, bersabar untuk dapat harga murah, mau banget dong. 
  6. Cari sebanyak mungkin referensi. Penting nih buat pemula, tanya – tanya tentang mesin jahit ke teman – teman yang memang sudah mahir dan mengerti seluk – beluk mesin jahit. Eh, kalau tanya sana – sini, malah bingung kan ya? Nah ini butuhnya kita menulis kebutuhan, setelah itu cari referensi sebanyak – banyaknya, bisa jadi pertimbangan, bisa tahu kelebihan dan kekurangan mesin jahit, bagaimana perawatan dan suku cadang jika nanti ada kerusakan, dan sebagainya. 

Butuh perjuangan banget untuk memilih mesin jahit, berasa milih jodoh. Eh, tapi bener sih, kalau sudah “klop” sama mesin jahit yang kita miliki, udah kayak belahan jiwa, enak aja gitu kalau jahit apapun aja. Semoga tips yang sederhana ini bisa menjadi secercah harapan yang bingung untuk beli mesin jahit. Tetep ya, setelah beli jangan lupa untuk perawatan agar mesin jahit berumur panjang. Happy crafting.

2 komentar:

  1. waduhhh....aku tuh mbakkk, blajar jait kok gagal melulu yaa...dasarkurang serius, atau kurang minat? padahal belakangan aku seneng gambar2 model baju dan kerudung gitu...

    BalasHapus
  2. Udah lama pengen beli mesin jahit tapi yang nomor satu gak mendukung mba 😅

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)