Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, Maret 27, 2016

Tips Mencegah dan Mengatasi Penyebab Penyakit Gatal




Penyakit gatal merupakan penyakit yang umum terjadi pada kulit. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Penyebab gatal bisa karena kulit kering, alergi makanan, gangguan saraf, gatal karena kehamilan, penyakit dalam, maupun penyebab lain seperti alergi obat, gangguan psikologis, menopause, gigitan serangga, dan
infeksi. Langkah yang tepat harus dilakukan dalam mengatasi penyebab penyakit gatal.

Perasaan gatal biasanya membuat Anda ingin menggaruk bagian tubuh yang gatal. Namun, perlu Anda ketahui bahwa menggaruk bisa membuat kulit Anda menjadi luka yang jika dibiarkan bisa menjadi jalan masuk bagi bakteri dan organisme lain yang bisa menyebabkan infeksi parah pada kulit. Karena itu Anda harus melakukan langkah yang tepat dalam mengatasi penyebab penyakit gatal. Berikut ini tips mencegah dan mengatasi gatal:

• Hindari menggaruk bagian tubuh yang gatal. Sebagai gantinya, Anda bisa mengusap bagian tubuh yang gatal agar tidak menimbulkan luka pada kulit.

• Kurangi konsumsi makanan yang dapat memperparah gatal seperti makanan pedas, mminuman keras dan kafein.

• Mengompres bagian tubuh yang gatal menggunakan kain flanel yang telah dibasahi dengan air dingin.



BACA JUGA : TIPS ANAK SEHAT




• Potonglah kuku Anda jika Anda merasa sulit untuk tidak menggaruk bagian tubuh yang gatal. Dengan begitu Anda bisa mencegah timbulnya luka pada kulit Anda. 

• Menghindari memakai pakaian wol atau pakaian ketat yang bisa menimbulkan gatal.

Menggunakan sabun yang kandungan bahan kimianya tidak terlalu tinggi sehingga Anda bisa terhindar dari gatal dan iritasi kulit.

• Memakai sprei yang halus dan tidak panas.

• Mengelola stress sebaik mungkin agar penyakit gatal tidak memburuk.

• Membatasi waktu mandi dan mandi menggunakan air dingin.

• Menggunakan lotion untuk menjaga kelembapan kulit.

Demikianlah tips untuk mencegah dan mengatasi penyebab penyakit gatal. Salah satu cara untuk mencegah penyakit gatal adalah dengan menjaga kebersihan tubuh Anda dan menggunakan sabun yang bisa menghindarkan Anda dari iritasi. Anda tidak perlu bingung memikirkan bagaimana cara Anda menemukan sabun seperti itu. Anda bisa menggunakan Lifebuoy yang dijamin efektif dalam membersihkan tubuh dan mencegah iritasi. 

1 komentar:

  1. kalau aku alergi debu, tapi gak lgs gatal sih paling kulit kering aja

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)