Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, April 29, 2016

Manfaat Meningkatkan Motivasi Hidup Anak Melalui Cerita




Saat kecil orang tua sering kali membacakan cerita-cerita dongeng sebagai pengantar tidur. Sekarang ini, sangat jarang ditemui orang tua yang mau membacakan dongeng sebelum tidur untuk anak mereka. Namun tahukah Anda, cerita dongeng dapat menjadi cerita motivasi hidup anak Anda. Perlu Anda ketahuai bahwa memberikan motivasi anak sangatlah penting untuk kemajuan tumbuh kembangnya. Dengan memiliki motivasi yang tinggi akan mendapatkan banyak manfaat.


Manfaat yang pertama adalah motivasi seorang anak untuk belajar. Untuk anak dengan usia balita, memberikannya pengetahuan melalui dongeng sebelum tidur akan mendorong anak tersebut untuk belajar. Belajar berarti mengetahui sesuatu yang baru. Seorang anak akan tertarik untuk belajar membaca contohnya. Dengan selalu diperdengarkan cerita motivasi hidup anak Anda yang menarik, anak tersebut tertarik untuk mengetahui isi dari cerita tersebut dengan cara membaca. Karena membaca merupakan tahap awal seorang anak untuk belajar. Manfaat selanjutnya yaitu mengajarkan anak untuk selalu berbuat kebaikan. Cerita-cerita dongeng biasanya identik dengan kisah-kisah heroik atau kepahlawanan. Pahlawan selalu digambarkan menjadi pembela kebenaran. Hal ini akan menjadi salah satu cara orang tua untuk mengajarkan kebaikan. Sikap selalu membela yang benar ini akan menjadikan anak terdorong hatinya untuk selalu berbuat kebaikan, selalu berlaku jujur dan menolong sesama. 

Selain mengajarkan anak untuk bersikap baik, membacakan cerita dongeng akan menambah keakraban antara ibu dan anak. Semakin akrab suatu ikatan akan semakin hangat ikatan tersebut. Begitupun dalam keluarga sebagai media pertama dan utama yang selalu memberikan motivasi hidup seorang anak. Semakin beranjak dewasa, pemikiran seorang anak akan semakin luas. Dengan memiliki keluarga yang selalu mendukung setiap langkahnya akan menjadikan seorang anak yang memiliki prinsip hidup yang kuat. Oleh karena itu cerita dongeng sebelum tidur akan menjadi cerita motivasi hidup anak Anda. Memperkuat ikatan antara ibu dan anak bisa menumbuhkan rasa percaya yang kuat seorang anak kepada orang tuanya. Seperti motto teh Sariwangi yaitu “mari nge-teh mari bicara” yang berarti saling berbagi cerita akan memberikan kehangatan dalam keluarga.

1 komentar:

  1. kalau mendongeng sih aku gak pernah paling seirng membacakan buku cerita aja waktu anak-anak kecil

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)