Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, November 07, 2016

Mengenal Macam dan Penggunaan Lampu Senter Berkualitas

lampu senter


Trend di masyarakat berubah-ubah dari waktu ke waktu. Salah satu perkembangannya adalah penggunaan lampu senter sebagai alternatif penerangan terutama pada saat mati lampu. Macam dan jenisnya pun beragam. Ukuran juga mulai dari yang kecil hingga ukuran lampu yang dapat menerangi satu ruangan. Warna cahaya yang dihasilkan bervariasi. Bagi Anda yang menyukai cahaya dengan warna tidak terlalu terang dapat memilih cahaya kekuningan. Atau yang lebih terang seperti lampu listrik biasa berwarna putih.

Jenis lampu penerangan ini mudah dijumpai di toko-toko baik yang berada di pinggir jalan sampai yang berada di tengah-tengah mall. Beberapa contoh lampu yang biasa orang sebut LED dapat dilihat dari:


• Kualitas

Kualitas yang dimaksudkan bisa dilihat dari berapa besar mcsd yang ada. Biasanya ada kualitas biasa dan super.


• Sorot

Pemancaran cahaya rata-rata pada sudut 60-90 derajat. Banyak digunakan sebagai penghias ruangan, jam dinding, atau papan advertising.


• Ukuran

Diameter yang paling kecil dari lampu ini 3 mm dan yang terbesar 10 mm.


• SMD (surface mount device)

Di lampu flexible LED sering digunakan. Type LED yang menyebar di antaranya 3528, 5050 dan 5630.


• Superflux

Lampu ini biasa digunakan untuk lampu otomotif mengingat ukurannya yang hanya 3mm sampai 5mm.


• HPL

Lampu dengan jenis ini merupakan keluaran terbaru dengan cahaya yang semakin terang dan hemat daya. Selain itu daya tahan juga lebih lama.



Seiring perkembangan zaman, fungsi dan manfaat dari lampu senter sudah meluas. Bahkan pada ukuran yang sangat kecil sering dipakai sebagai hiasan di jalan-jalan. Kerlap-kerlip lampunya pun semakin menarik dan lucu. Hal itu yang terjadi di perkotaan. Sedangkan di pedesaan sangat bermanfaat saat mati lampu atau untuk penerangan jika lampu dirasa kurang terang. Variasi lampu di pedesaan pun kian unik. Misalnya lampu bisa dipasang seperti lampu-lampu listrik yang lain akan tetapi hanya akan menyala pada saat listrik mati.

Selain itu ada jenis lampu dalam ukuran besar tetapi dapat dibawa kemana saja. Bagi masyarakat yang hidup di desa dan sering bepergian ke rumah tetangga jalan kaki tentu keberadaan lampu seperti ini membantu sekali. Bukan hanya itu, kreasi dapat juga disesuaikan dengan anak-anak. Banyak jenis lampu yang selain berfungsi untuk sumber cahaya bisa sekaligus mainan anak kecil.



Jenis lampu berdasarkan penggunaannya antara lain:

1. Bicolor.

2. Superflux.

3. Miniature.

4. Chip On Board (COB).

5. High Power.

6. Surface Mount Device.


Namun lampu-lampu tersebut pasti memiliki kelemahan atau kekurangan masing-masing. Misalnya lampu High Power memang menghasilkan sinar yang lebih terang tetapi lebih cepat panas. Penyimpanan untuk lebih baiknya di tempat yang gampang menyerap panas. Sedangkan keunggulan COB adalah cahaya terbagi secara rata. Jenis seperti SMD yang paling sering kita jumpai pada lampu senter kecil. Sesuai dengan namanya, bicolor memancarkan sinar dengan berbagai warna. Lampu jenis ini pada perayaan hari kemerdekaan banyak terpasang di pinggir jalan. Bahkan pada becak-becak yang beroperasi malam hari khususnya di alun-alun atau lokasi yang ramai pengunjung banyak yang memasang lampu SMD untuk menarik penumpang. Strategi bisnis yang kreatif. Umumnya anak muda yang suka nongkrong mudah tergoda dengan perjalanan becak beraksesoris lampu-lampu cantik. Apalagi jika becak tersebut dilengkapi dengan musik selera anak-anak muda, semakin berlipat peminat becak lampu.

1 komentar:

  1. Wuiih, banyak amat ya jenis lampu, kirain cuma segitu segitu doang... BTW, lampu yang cocok buat nerangin jalan kebenaran, itu lampu apa yang cocok ya, xixixi...

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)