Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bersama UNTAN Membangun Negeri

credit : www.untan.ac.id


Bersama UNTAN Membangun Negeri. Universitas Tanjungpura didirikan pada tanggal 20 Mei 1959 dengan nama Universitas Daya Nasional, merupakan Universitas Swasta yang berada di kota Pontianak, Kalimantan Barat. Universitas tersebut mengalami beberapa pergantian nama dan pada tahun 1967 berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 171 Tahun 1967 berubah menjadi Universitas Tanjungpura (UNTAN).

Bersama UNTAN Membangun Negeri dapat terlihat dalam visi dan misi :


Misi : Pada tahun 2020 Untan menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu berkompetisi baik di tingkat daerah, nasional, regional, maupun internasional.

Visi : Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara bermutu sehingga dapat menghasilkan luaran yang mampu mengikuti, mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mampu memberikan arah bagi pengembangan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing.

Seperti dikutip dari antaranews.com, Universitas Tanjungpura memiliki sejumlah prestasi di bidang pendidikan serta penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, tingkat nasional maupun international telah menorehkan prestasi. Seperti prestasi dari Dekan Fakultas Kehutanan UNTAN Pontianak, Gusti Hardiansyah yang telah menciptakan alat ukur karbon yang dinamakan Untan Biomassa Karbon Meter (UBKM) Pohon. Prestasi ini membuktikan bahwa UNTAN mampu mengiplementasikan Visinya untuk mengabdi kepada masyarakat secara bermutu dan mampu mengikuti, mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.


credit : www.untan.ac.id


UNTAN merupakan perguruan tinggi negeri terbaik di Kalimantan yang tak bisa dipandang sebelah mata. Banyak seminar yang berkualitas dan tentunya bertujuan agar UNTAN menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah Kalimantan Barat, seperti yang dijelaskan pada misi. Pada tanggal 23 Maret 2018, UNTAN mengadakan seminar diseminasi / penyebarluasan informasi, dengan mengambil tema, Masyarakat ASEAN : Tantangan Politik Keamanan di kawasan. Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Sesmenko Polhukam) Yoedhi Swastono mengatakan mengatakan jika seminar ini merupakan salah satu program yang dilakukan dalam menjaga keamanan di Perhimpunan negara-negara di Asia tenggara / Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

Universitas Tanjungpura memiliki 10 fakultas termasuk program pasca sarjana. Yaitu : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas IKIP, Fakultas ISIPOL, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kehutanan, Fakultas MIPA, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Pasca Sarjana. 

Banyak sekali prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa Universitas Tanjungpura, seperti prestasi mahasiswa yang melaksanakan program pertukaran mahasiswa di beberapa negara. 3 Mahasiswa Program Studi Kimia FMIPA Untan berhasil merebut juara 3 LKTI Nasional. Tak heran jika banyak fakultas di Universitas Tanjungpura memiliki akreditas B, bahkan baru – baru ini Program Studi S1 Kimia Fakultas MIPA meraih Akreditasi A. banyaknya prestasi yang diukir oleh mahasiswa, ditunjang juga dengan fasilitas yang telah di sediakan oleh Universitas Tanjungpura. Seperti laboratorium di berbagai fakultas, perpustakaan yang memadai dan masih banyak fasilitas lainnya. Selain itu para pengajar di Universitas Tanjungpura memiliki staf yang mumpuni.

UNTAN sering mengadakan kegiatan maupun seminar yang dilaksanakan bertujuan untuk Bersama UNTAN Membangun Negeri. Selain itu, UNTAN juga menggelar rapat untuk mengadakan tanah kebun sawit yang bertujuan sebagai laboratorium pendidikan perkebunan untuk praktikum lapangan Fakultas Pertanian, tentunya dengan banyaknya penyediaan pratikum lapangan bisa mengasah kegiatan mahasiswa yang nantinya akan terjun langsung kepada masyarakat.

Semoga dengan banyaknya prestasi dan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa, dosen maupun staf di Universitas Tanjungpura bisa menjadi cerminan bahwa Universitas Tanjungpura bisa menjadi contoh Universitas lainnya yang berada di Indonesia. Mampu untuk berkompetisis baik di dalam negeri maupun luar negeri, dan semua prestasi maupun kegiatan yang dilaksanakan kembali lagi ke tujuan untuk pengabdian masyarakat.









Referensi :

http://www.untan.ac.id/
https://kalbar.antaranews.com/berita/338786/thamrin-untan-pt-negeri-terbaik-di-kalimantan

Posting Komentar untuk "Bersama UNTAN Membangun Negeri"