sariwidiarti

Blogger lifestyle Surabaya, berbagi cerita tentang kuliner, wisata, parenting, dan gadget. semoga bermanfaat

Kamis, November 01, 2018

Bloger di masa depan : Menjadi Profesi atau Sekadar Hobi?

bloger di masa depan
kira - kira seperti apa ya


Bloger di masa depan masih menjadi pertanyaan, apakah mengandalkan sebuah konten sudah cukup? Atau bloger harus memiliki ketrampilan lainnya agar dapat bertahan dalam dunia digital? Jangan – jangan beberapa tahun kemudian, bloger tak terdengar gaungnya, banyak sekali jejaring sosial yang menarik di semua kalangan, apalagi sekarang konten berupa visual maupun video lebih disukai. Kita tidak dapat mengelak dengan adanya perubahan apalagi jika berkecimpung di dunia teknologi, yang selalu berinovasi setiap detiknya. Ternyata menjadi bloger banyak sekali tantangannya, agar di masa depan bloger masih tetap eksis, masih menjadi profesi yang menjajikan.

Bloger sebagai profesi atau sekadar hobi?


Bisa dibilang hiruk pikuk bloger beberapa tahun ini sangat ramai, bagaimana tidak, sekarang dengan mengelola sebuah blog sudah menghasilkan rupiah yang tidak sedikit, kemudian banyak yang berbondong – bondong menjadi bloger karena tergiur rupiah maupun dollar, apa itu salah? Tentu saja tidak, tidak ada larangan jika bloger sudah menjadi bagian salah satu profesi.

Jika memiliki niat untuk menjadikan profesi, jangan setengah – setengah! Optimasi blog yang akan dijadikan ladang uang. Untuk optimasi, banyak sekali materi yang dapat kit abaca di google agar blog dapat menghasilkan, atau mengikuti pelbagai pelatihan blog yang berbayar, banyak cara agar blog kita dilirik oleh agency ataupun brand.

Bagaimana jika blog hanya sekadar dijadikan hobi? Blog bisa juga menjadi sarana terapi hati, menjadi “pelarian” dari kesibukan, menjadi tempat menumpahkan semua rasa yang ada di hati. Hampir semua bloger pernah curhat di blognya, entah cerita keseharian atau memiliki kenangan tersendiri, kalau saya malah senang dengan membaca blogpost yang memiliki sentuhan personal meskipun postingan tersebut jualan, soft selling kalau bahasa kerennya.

bloger di masa depan


Satu hal yang paling penting sebelum memulai untuk ngeblog apalagi ingin mendapatkan penghasilan dari blog adalah konsisten. Bloger di masa depan banyak sekali tantangannya, jadi mulai hari ini harus konsisten. Konsisten ngeblog pastinya, konsisten untuk terus belajar dan berkembang karena bloger sekarang dituntut untuk lebih kreatif, lebih memaksimalkan potensi dalam diri dan potensi niche blog yang dipilih. Jangan mudah menyerah untuk belajar, untuk berkembang, kan memang berniat untuk mendapatkan penghasilan, sesuatu yang ingin dicapai memang butuh pengorbanan. Jangan merasa putus asa jika penghasilan masih receh, itu tandanya bloger harus upgrade diri atau kemampuan agar di masa depan kita tidak terlindas dengan bloger baru dengan kemampuan yang oke.

Bloger di masa depan


Kekuatan bloger terletak pada kontennya. Konten tak hanya berupa tulisan, bisa saja berupa foto maupun video. Jika sesuatu yang visual tak ada alur cerita, tak ada sesuatu yang menjadikannya beda, tak dapat menggerakkan pembaca untuk berpikir maupun bertindak, maka apapun yang kita ciptakan ataupun kita unggah hanya asal numpang lewat saja di dalam hiruk pikuk dunia digital. Konten yang kita ciptakan tak harus sesuatu yang harus inspiratif, karena hikmah atau sesuatu yang inspiratif diserahkan kepada pembaca, kita sebagai bloger tugasnya menyajikan konten yang berasal dari pemikiran kita, bisa berupa konten lucu yang menghibur, konten yang mengetuk hati, kritik sosial dan macam lainnya, sehingga bloger di masa depan lebih bervariatif.

Jadi, apa masih mencemaskan atau penasaran dengan nasib dengan bloger di masa depan? Hari ini adalah cerminan masa depan, jika hari ini konsisten dengan blog, tidak malas untuk selalu upgrade ddiri. Masa depan akan bloger tak perlu dikhawatirkan. Semuanya mengalami perubahan, berinovasi tapi sampai kapanpun manusia butuh informasi dan keberadaan bloger tetap dibutuhkan, hanya saja bloger juga perlu tahu keinginan pembaca, lebih kreatif agar tidak ditinggal pembacanya, memberikan sesuatu yang fresh pada blognya. Banyak sekali ya tuntutannya, karena memang kita berada dalam lingkungan teknologi yang setiap kali ada inovasi, namun yang membedakan adalah bloger selalu berbagi, sharing is caring.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)