Susah untuk menabung? Intip 5 Cara Smart Untuk Menabung

nabung yuk!


Intip dulu yuk bulan ini sudah berapa banyak uang ada di tabungan? Semakin bertambah atau malah uang tabungan telah terpakai untuk kebutuhan lain?

Jujur saja, menerapkan konsisten untuk menabung setiap bulan, pasti susah – susah gampang, ada saja alasan untuk membuat menabung terasa berat. Jangankan konsisten menabung, bisa menabung setiap bulan, sudah bersukur. Tenag, ada 5 cara smart untuk menabung, bisa kamu lakukan, intip yuk :

1. Tetapkan tujuan.


Jika memiliki tujuan yang lebih terperinci, akan sangat memudahkan kita konsisten untuk menabung, mencapai goals yang sudah direncanakan. Tetapkan tujuan menabung, untuk apa menabung? Liburan, beli sepeda motor, renovasi rumah, apapun tujuannya, tuliskan secara terperinci, menabung merupakan salah satu jalan untuk mengabulkan setiap keinginan yang ingin dicapai.


Bagaimana jika memiliki keinginan yang banyak? Memiliki keinginan yang banyak itu wajar loh. Tapi yakinkan diri, apakah mampu untuk menabung untuk memenuhi keinginan? Pilih sesuatu yang ingin dicapai, misalnya pergi liburan satu keluarga ke Bali karena belum pernah ke sana sama sekali, memiliki tujuan yang kuat akan menciptakan niat yang kuat juga.


2. Tetapkan tenggat waktu.


Jangan bermalas – malasan untuk menabung. Alasan paling sering terjadi kenapa uang tabungan selalu diambil meskipun nominalnya sedikit, karena uang tabungan dianggap sebagai uang yang menganggur.


Selain menetapkan tujuan, tetapkan juga tenggat waktu, berapa bulan harus menabung, tetapkan tanggal, bulan, tahun uang tabungan harus memenuhi target. Dengan menetapkan tenggat waktu, pasti dengan sekuat tenaga akan mencapai tujuan yang telah dibuat.


3. Nabung bukan dari uang sisa.


Kebiasaan menabung adalah menabung dari uang sisa, setelah semua uang digunakan untuk membayar tagihan, jika ada uang sisa langsung masuk tabungan, kalau nggak ada, berarti tidak menabung. Bagaimana jika mulai hari ini, kebiasaan seperti itu diubah, jangan menabung dari uang sisa, tapi ketika mendapatkan penghasilan, langsung mengalokasikan dana untuk tabungan.



4. Jangan anggap remeh recehan.


Meskipun nilainya hanya seratus rupiah, jangan anggap remeh, kumpulkan uang receh, biasanya didapat dari uang kembalian, sisihkan dan ditabung di botol plastik, sedikit demi sedikit bisa jadi bukit. Tapi jangan hanya fokus untuk memperbanyak tabungan dari uang receh, fokus ke target yang telah ditentukan.




5. Carilah penyemangat untuk menabung.


Jika tujuan menabung untuk liburan keluarga, ajak saja anggota yang lain untuk menabung bersama, pasti semakin semangat! Selain menambah semangat, menabung jadi ringan, tentukan berapa nominal untuk ditabung setiap anggota keluarga, terapkan jadwal untuk menabung, untuk melatih tanggung jawab anak – anak. Dijamin menabung semakin seru jika dilakukan secara ramai.


Kelima cara tersebut sangat mudah kan? Ada tips lainnya untuk menabung? Share yuk di kolom komentar

Posting Komentar

0 Komentar