Lakukan 2 Hal Sederhana Ini Agar Perjalananmu Berkesan

liburan kemana ?


Berawal dari doyan baca novel dan tidak menyangkaternyata novel yang saya baca adalah novel dengan latar tempat atau lokasi yang merupakan kota – kota indah di luar negeri, seperti Kanada, Paris, Korea dan masih banyak lagi, dan novel perjalanan yang juga menceritakan cerita cinta selalu saja menawarkan keindahan dalam suatu perjalanan, pertemuan dengan orang asing yang memperkaya petualangan. Sungguh indah.

Meski cerita cinta yang saya baca di dalam novel tidak selalu berakhir dengan bahagia, setidaknya ketika melakukan perjalanan, selalu ada kisah yang akan dikenang, dalam balutan senyum dan selalu ingin melakukan perjalanan lagi dan lagi.


Karena belum memiliki dana yang cukup untuk melakukan perjalanan ke luar negeri, ingin sekali melakukan perjalanan di dalam negeri yang kaki saya belum berpijak di kota tersebut. sebut saja sebuah impian ataupun resolusi yang segera dikabulkan, jalan – jalan di kota – kota di Jawa Timur.

Mengapa memilih kota – kota di Jawa Timur? Jujur saja, belum begitu akrab di beberapa kota atau hanya sekedar lewat saja, tidak begitu mengeksplor lokasi wisata, dan beberapa bulan akan datang akan mengunjungi kota Bondowoso yang merupakan kampung halaman, kenapa tidak melakukan perjalanan beberapa kota kemudian pemberhentian terakhir adalah Bondowoso.

Kota – kota yang saya ingin kunjungi adalah, Malang, Kediri, Blitar, Lamongan dan Bondowoso ya meskipun jalurnya sedikit melenceng, tapi pengin banget ke sana, karena beberapa kali ke kota tersebut hanya numpang lewat, nggak benar – benar menikmati perjalanan.

masih di Surabaya


Jadi memutuskan untuk ingin mengunjungi beberapa kota, pastinya tidak mungkin dilakukan dalam seminggu, butuh liburan dengan hari yang cukup panjang, mungkin 14 hari karena tujuan terakhir adalah Bondowoso.

Agar semakin berkesan, aku ingin melakukan 2 hal sederhana ini dalam melakukan perjalanan :

1. Catat destinasi wisata dan kuliner.


Liburan nggak berkesan jika tidak menyiapkan destinasi wisata yang ingin dituju, wisata yang sedang ngetrend ataupun wisata yang belum banyak orang tahu. Maka dari itu, sebelum berwisata, bertanya lebih banyak ke teman – teman yang sudah sering liburan ke salah satu kota atau semua kota yang akan saya kunjungi.

Liburan nggak akan lengkap kalau tidak menikmati kuliner khas dari kota yang akan dikunjungi. Meskipun beberapa kali ke Malang, selalu saja ingin kembali ke sini, selalu saja ada hal yang baru, baik itu tempat wisata maupun kulinernya, bikin betah untuk balik lagi. selanjutnya Kediri dan Blitar, kedua kota ini hanya numpang lewat doang, padahal melihat jalannya sangat asri dan selalu dapat cerita dari teman – teman yang senang di ke kedua kota tersebut, apalagi di kebun cokelat, cocok untuk liburan keluarga maupun bersama teman – teman.

Selanjutnya ke Lamongan, pernah ke Wisata Bahari Lamongan dan beberapa kali kulineran di sana, cuaca Lamongan ternyata tidak jauh dari Sidoarjo, panas – panas aduhai gitu, jadi cocok aja jalan – jalan ke Lamongan, sayang sekali liburan waktu itu hanya beberapa jam saja, padahal ingin eksplor lebih banyak, maka dari itu termasuk daftar kota yang ingin saya kunjungi.

Tujuan terakhir adalah Bondowoso karena ini merupakan kampung halaman ingin menghabiskan waktu yang lebih lama. Apalagi kalau ke pantai pasirnya dan makanan laut di sana, bikin ingin berlama – lama di sana. Kabarnya Bondowoso sudah sangat maju dari terakhir kali saya kunjungi. Bertemu saudara yang sudah lama tidak berjumpa. Tujuan utamanya memang ingin sekali ke pantai!


2. Membawa kotak kosong dan kertas


Loh, kenapa bawa kotak dan kertas? Sebenarnya hal ini yang sudah lama ingin saya lakukan, di setiap perjalanan, dalam satu harinya wajib menulis minimal dua catatan yang berisi kesan – kesan saat melakukan perjalanan di kota yang saya kunjungi. Selain menuliskan kesan lokasi wisata dan rasa dari kuliner yang telah dicoba, rasanya kurang lengkap jika tidak menceritakan saat bertemu dengan penduduk sekitar, entah bercakap – cakap, memiliki pengalaman yang manis, lucu, atau sedih, saya ingin menuliskan dalam secarik kertas, kemudian kertas tersebut digulung kecil dan dimasukkan ke dalam kotak. Kotak tersebut akan saya bukan dan baca lagi kisah perjalanan saya ketika kembali pulang.

seringnya ke jawa tengah, yuk kali ini ke jawa timur


Saya tahu jika hal ini merupakan yang sederhana, namun ingin sekali memahat memori, agar kelak setiap perjalanan memiliki kisahnya sendiri. Bertemu dengan orang asing yang memiliki pribadi berbeda – beda, perjalanan akan semakin seru.

Bukankan setiap perjalanan selalu membawa petulangan yang berbeda - beda? Mengapa tidak mengenangnya, dan membuka kenangan lagi jika merindukan perjalanan.

Penginapan nyaman dan murah


Perjalanan darat tidak begitu susah untuk memilih transportasi, biasanya senang menggunakan transportasi kereta api atau bis. Inginnya jalan – jalan bareng teman karena bisa sharing cost. Untuk penginapan nggak perlu khawatir karena sering menggunakan aplikasi RedDoorz.

Dengan booking hotel lewat aplikasi RedDoorz, mendapatkan room hotel dengan harga yang bersahabat, apalagi jika bergabung member, bakala dapat diskon dobel, sering menginap agar dapat point dan dapat ditukarkan untuk booking selanjutnya.

sudah jalan - jalan di Surabaya, saatnya eksplor kota lain


Dengan harga bersahabat, RedDoorz memberikan servicenya patut diacungi jempol, saat saya booking room di salah satu hotel di Surabaya, mendapatkan service berupa : free WiFi, satellite television, mineral water, kamar tidur dan kasurnya bersih dan rapi, kamar mandi bersih dan mendapatkan peralatan mandi yang lengkap.

Dengan merencanakan perjalanan sekaligus menginap di RedDoorz, tidak memberatkan kantong, masih mudah untuk sharing cost dan juga belanja maupun wisata kuliner, perut kenyang juga kenyang pengalaman dengan liburan di beberapa kota.

Related Posts:

0 Response to "Lakukan 2 Hal Sederhana Ini Agar Perjalananmu Berkesan"

Posting Komentar

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)