5 Hal yang Harus Disiapkan Agar Mudik Lebaran 2019 Aman dan Nyaman

libur-lebaran-mudik
mau kemana nih?


Saya yakin, beberapa orang yang membaca postingan ini, sudah menghitung hari, kurang berapa hari lagi untuk puasa Ramadan. Selain menyiapkan diri untuk berpuasa, terlintas juga bakalan memikirkan lebaran, persiapan mudik.

Nggak heran kalau mendekati puasa sudah menyiapkan segala sesuatunya, bahkan di pusat perbelanjaan sudah ramai dengan pesta diskon yang membuat berbondong – bondong untuk memborong pakaian untuk sekeluarga, banyak pula kue – kue khas lebaran yang sudah dipajang. Apalagi kurma, sudah berjejer dengan berbagai jenis yang siap dihidangkan.

Banyak banget ya yang harus disiapkan, agar tidak luput dari perhitungan dana dan lain sebagainya, yuk mulai menyiapkan 5 hal untuk mudik :



Pilih Akomodasi Saat Mudik


Persiapan pertama untuk mudik lebaran 2019 adalah akomodasi, ingin menggunakan transportasi umum atau menggunakan transportasi pribadi? Jika memutuskan untuk menggunakan jasa transportasi umum, pakai kereta, bis, kapal atau pesawat? Berapa jumlah tiket yang harus dibeli, berapa harga masing – masing tiket?

Tulis secara terperinci untuk akomodasi, karena setiap tiket memiliki perlakuan kusus, kereta api yang biasanya cepat terjual habis, harus pesan lebih awal, ikuti juga berita penambahan tiket kereta kusus lebaran, belinya di mana untuk mendapatkan harga yang miring. Dipersiapkan sejak awal agar dana yang dikeluarkan tidak melebihi target yang ditentukan.



Dana Untuk Mudik, Lebaran dan Liburan.


Pada umumnya, menyambut puasa Ramadan hingga liburan Idul Fitri, dana yang dikeluarkan akan membengkak dari pengeluaran bulan sebelumnya, hal ini tentunya dianggap lumrah karena sudah merasakan euphoria menyambut bulan yang penuh kebahagiaan, meskipun memiliki tunjangan hari raya, sebaiknya penggunaan uang yang dimiliki harus bijak.

Dimulai saat puasa, biasanya makan tahu dan tempe,karena puasa ingin Dimulai saat puasa, biasanya makan tahu dan tempe,karena saat puassa ingin yang istimewa, hal ini tidak salah, jika diperhitungkan sebelumnya, daripada melebihi anggaran, persiapkan menu sahur dan buka puasa, kalau saya lebih suka menu mingguan dan menyiapkan menu alternatif jika harga sudah merangkak naik.

persiapan-mudik-lebaran
sudah persiapan apa saja?


Mudik juga membutuhkan dana yang tidak sedikit, meskipun jarak tempuh sudah lumayan singkat, namun kesehatan kendaraan juga harus diperhatikan bagi pengendara kendaraan pribadi, cek tekanan ban, oli dan lain sebagainya. Hmm.. ternyata tidak hanya akomodasi mudik yang diperhatikan, persiapannya banyak sekali, bahkan dimulai dari beberapa minggu atau beberapa bulan sebelum puasa.



Berapa Lama untuk Berlibur.


Begini, semakin lama liburan akan semakin banyak biaya yang dikeluarkan, jadi terserah kamu nih, ingin berapa lama saat liburan lebaran. Ingin mudik ke kampung halaman atau menikmati liburan ke luar kota bersama keluarga.

Selain biaya yang diperhatikan, bawaan seperti pakaian juga perlu dipikirkan secara matang, kalau pakai kendaraan pribadi untuk pulang kampung, mungkin enak ya bawa seberapapun, pokoknya dimuat – muatin demi pulang kampung. Kalau pakai kereta api atau pesawat, hmm sepertinya berpikir ulang untuk bawa barang dengan jumlah yang banyak, ongkos bagasi juga mahal, pergi dengan barang bawaan yang menumpuk, nggak praktis dan harus sering cek agar tidak ada yang tertinggal. Jadi, perlu berpikir ulang untuk bawa barang bawaan kan?




Tentukan Tanggal untuk Mudik.


Meskipun jalan tol sudah memangkas waktu agar cepat sampai tujuan, masih banyak pemudik yang merencanakan pulang kampung lebih awal, jumlah masyarakat yang selalu ingin mudik setiap tahunnya mengalami peningkatan, mudik lebih awal selain untuk menghindari kemacetan, juga ingin merasakan menikmati puasa bersama anggota keluarga yang lainnya. Bisa juga dapat tiket mudik lebih awal dari libur cuti nasional.

mudik-dengan-kereta-api
semoga sampai tujuan dengan selamat


Lebih awal atau mepet saat mudik, juga perlu diperhitungkan, biasanya banyak toko atau bengkel yang tutup, jadi persiapkan perawatan kendaraan maupun bekal untuk mudik, jauh – jauh hari agar tidak tergesa – gesa.




Doa dan Cek Selalu Rumah yang Akan Ditinggal.


Sudah beres urusan semuanya, tiket di tangan, duit masih banyak, bergelimang harta untuk bagi – bagi duit ke sanak saudara. Saatnya untuk menjaga kesehatan agar selama perjalanan tidak ada kendala dan tetap nyaman.

Jika memang dibutuhkan, boleh juga untuk mengkonsumsi vitamin. Selama puasa, butuh banyak mengeluarkan energi, apalagi yang jam kerjanya masih sama dan aktif seperti sebelum puasa, dibutuhkan vitamin agar kesehatan tetap terjaga. Selama perjalanan, apalagi membawa keluarga, perlu membawa kotak P3K, agar perjalanan tetap nyaman.

Jangan lupa untuk memberi kabar kepada ketua RT atau keamaan jika tahun ini akan mudik, agar keamanan rumah tetap terjaga, tetangga kanan dan kiri yang tidak mudik, lebih baik juga diberitahu, dan tinggalkan nomer telpon untuk mempermudah kita dapat dihubungi, jika ada sesuatu yang mendesak.

Seperti biasa, jika akan liburan atau mudik, periksa dengan teliti, arus listrik, kompor gas, jendela, pintu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, liburan tanpa was – was, harus memiliki persiapan yang matang.

Related Posts:

0 Response to "5 Hal yang Harus Disiapkan Agar Mudik Lebaran 2019 Aman dan Nyaman"

Posting Komentar

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)