Ingin Sehat? Lakukan 10 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Ini di Rumah dan Rasakan Manfaatnya

tips rumah bersih dan rapi
sumber:promkes.kemkes.go.id


Perilaku hidup bersih dan sehat atau biasa disingkat PHBS merupakan program dari pemerintah Indonesia. Tujuan dibentuk program ini adalah untuk meningkatkan taraf kesehatan. Kepada seluruh masyarakat Indonesia. Program perilaku hidup bersih dan sehat memiliki lima tatanan yang telah ditetapkan oleh pemerintah yaitu, di sekolah, sarana kesehatan, rumah tangga, tempat kerja dan tempat umum. Rumah tangga merupakan titik paling penting agar terlaksananya program PHBS ini. Ada 10 indikator yang menjadi pedoman berhasilnya perilaku hidup bersih dan sehat, di tingkat rumah tangga. Mari, langsung saja kita simak ulasannya :


1. Persalinan yang dibantu Tenaga Medis Ahli



ibu dan anak
sumber : hellosehat.com

Sebagian besar problem persalinan dapat ditangani dan dicegah bila setiap ibu hamil memiliki akses terhadap fasilitas tenaga medis yang disiapkan oleh pemerintah. Salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi angka kematian, saat proses persalinan adalah dengan membuat program PHBS. Dimana salah satu indikatornya adalah melakukan persalinan dengan menggunakan tenaga medis ahli.


2. Memberikan ASI Eksklusif Pada Bayi



ibu dan anak
sumber : alodokter

Pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif sangat diperlukan sekali bagi anak usia 0 sampai 6 bulan. Karena ASI dapat memberikan dampak positif untuk ibu dan bayi dalam jangka panjang. Misalnya, dapat mengurangi resiko bayi terkena diare. Karena diare akan memberikan efek yang fatal jika dialami oleh bayi.


3. Menimbang Balita dan Bayi Setiap Bulan


bayi ditimbang
sumber : medicalogy.com


Tujuan menimbang bayi atau balita setiap bulannya adalah untuk mengecek tumbuh kembang. Selain ditimbang, bayi juga harus dipastikan status gizinya. Karena penyebab stunting di Indonesia masih sangat tinggi.



4. Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih


gerakan mencuci tangan
sumber : babatspot.com

Salah satu cara untuk menghentikan penyebaran kuman adalah mencuci tangan dengan sabun dan air yang bersih. Pasalnya, penyebaran kuman yang menyebabkan penyakit serius berada pada tangan.



5. Menggunakan air bersih


air bersih
sumber : ajnn.net


Air bersih sangat dibutuhkan sekali untuk para makhluk hidup didunia ini. Karena, air digunakan makhluk hidup untuk mencuci, minum, mandi dan lain - lain. Penyebab dari disentri, kolera dan diare biasanya, disebabkan dari air yang sudah terkontaminasi oleh banyak bakteri dan kuman.



6. Menggunakan jamban sehat


sumber : jawapos

Jamban merupakan ruangan yang memfasilitasi pembuangan kotoran manusia. Syarat jamban sehat yaitu, tidak mencemari air minum, tidak berbau, aman digunakan dan mudah dibersihkan, kotoran tidak dapat dijamah oleh serangga dan tidak mencemari tanah sekitar.



7. Memberantas jentik nyamuk


sumber : ceknricek

Memberantas jentik nyamuk, termasuk dalam perilaku hidup bersih dan sehat. Karena, nyamuk adalah hewan yang paling mematikan di dunia. Dengan memberantasnya, sama saja dengan mengurangi wabah penyakit di dunia.



8. Mengkonsumsi buah dan sayur


sumber : marketeers.com

Mengkonsumsi buah dan sayur merupakan salah satu perilaku hidup bersih dan sehat. Kandungan yang ada dalam buah dan sayur adalah sebagai sumber serat, mineral dan vitamin.



9. Melakukan aktivitas fisik tiap hari


sumber : carlosandpanters.co.id

Melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, minimal 30 menit dalam sehari. Tidak perlu memilih olahraga yang berat, dengan kegiatan yang sederhana saja pun sudah cukup. Misalnya seperti bersepeda, jogging ataupun jalan santai saja sekalipun, asalkan dilakukan dengan rutin.

Apalagi jika para pekerja yang sering mengetik, kerja lama dengan posisi duduk, lakukan peregangan beberapa menit sekali, ambil jeda agar badan tetap fit, mau tahu bahaya sering mengetik tanpa peregangan, baca di sini



10.  Tidak merokok


sumber : sehatq.com

Penyebab dari timbulnya berbagai macam gangguan kesehatan dapat terjadi karena kebiasaan merokok. Mulai dari penyakit kardiovaskular, paru - paru, hingga kanker.

Itulah beberapa penerapan pola hidup bersih dan sehat di titik rumah tangga. Sebelum nya disini akan diberikan tips untuk kamu para pengguna AC di rumah. Udara yang dikeluarkan A, dapat memberikan efek yang buruk bagi tubuh. Meskipun, iklim udara pada daerah tropis kelembaban yang tinggi.

Namun, penggunaan AC di dalam ruangan akan membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Untuk menghindari hal tersebut, kamu dapat menggunakan humidifier untuk melembabkan udara di ruangan ber-AC. Sehingga, tetap dapat berada pada kisaran yang ideal.

Posting Komentar

0 Komentar