Seminggu Setelah Menanam Benih Sayur Di Pot

cara menanam sayuran di pot



Kurang lebih sekitar seminggu yang lalu, tepatnya 18 April 2021, saya memulai project menanam benih sayuran di dalam pot. Benih bayam, sawi dan cabe. Kedua sayuran mudah untuk ditanam, namun yang cabe lumayan agak lambat tapi tumbuh. Seneng banget.

Awalnya memang ada rencana untuk nambah “koleksi” tanaman, di rumah sudah ada tanaman hias dan beberapa tanaman toga, seperti lidah buaya dan daun pandan. Dulunya memang Almarhumah Mama seneng beli tanaman hias, daripada tanamannya dibiarkan mati, saya mulai merawatnya dan ternyata menyenangkan.

Tidak ada rencana khusus untuk membeli tanaman jenis tertentun, ketika liburan ke Malang, seneng beli kaktus, dan beberapa tanaman hias, ketika ada teman yang jual tanaman toga, sayapun beli juga. Belinya random banget, karena pengin tahu karakteristik setiap tumbuhan, dan yang (setidaknya) gampang dirawat adalah palawija, terutama jahe, karena sekarang ini jahe yang saya tanam udah beranak-pinak.

Semakin banyak mengetahui karakteristik tumbuhan, semakin banyak petualang yang dirasakan. Beberapa waktu lalu beli telang, alhamdulillah tumbuh subur dan ternyata dia merambat. Kemudian melakukan “eksperimen”, buang biji jeruk di dalam pot, ternyata tumbuh juga, tapi ada tanaman lain tumbuh, entah apa itu, nanti saya cerita lagi tentang tanaman yang lain.

Sekarang bercerita tentang ketiga sayuran yang saya rawat sudah seminggu lebih. Apa cabe termasuk sayuran?

Perawatan bayam dan sawi.

Menanam bayam dan sawi tidak terlalu membutuhkan tenaga ekstra. Untuk cara menanamnya sudah saya tulis di postingan sebelumnya. Beberapa hari setelah proses penanaman sudah mulai berkecambah.

Ternyata saya menyebarkan benih yang ditanam msih kurang banyak, meskipun sudah nampak cukup rimbun, tapi lebih baik sedikit ditambah benihnya ketika akan ditanam. Awalnya menyebarkan kurang lebih 12-15 benih. Nanti jadi catatan tersendiri kalau mau menanam lagi.

Perawatan yang saya lakukan hanya menyiram secara teratur, pagi dan sore, kadang kalau cuaca terlalu panas, saya siram lagi sekitar jam 10 pagi. Jadi, jadwal siramnya, sekitar jam 6-7 pagi kemudian jam 4-5 sore.

Sawi pertumbuhannya lebih cepat dari bayam, tumbuh daun sejati lebih dulu sawi ketimbang bayam. Saya nonton di youtube kalau bayam lebih banyak membutuhkan air, namun ternyata keduanya sama-sama lebih banyak butuh air.

Pernah saat itu karena bolak-balik ke Rumah sakit, nggak sengaja lupa siram, ternyata tanah sawi lebih cepat kering daripada bayam. Mungkin beda pengalaman aja, jadi jumlah airnya keduanya disamakan.

Tidak ada penambahan pupuk atau semprot apalah-apalah pada tanaman, cukup disiram aja dan kalau sudah berkecambah, langsung ditaruh di tempat yang terkena matahari langsung.

Sekarang nunggu siap panen aja. Jenisnya sayurannya adalah sawi caisin dan bayam hijau, nanti kalau sudah panen, mau dibikin lalap aja, pengin tahu rasa dari sayuran yang saya tanam sendiri.


Postingan serial berkebun

 

Perawatan cabe.


Menanam cabe termasuk yang bikin deg-degan, bisa berhasil tumbuh atau nggak, kalau sudah tumbuh, bisa panen atau nggak. Nah, ini yang butuh perawatan ekstra karena beberapa kali menonton via youtube, ada aja yang mengganggu tanaman cabe, mulai dari jamur hingga hama.


cara mudah menanam cabe di pot

Sering lihat video kalau ceba sudah ada daun sejati, dipindahkan ke pot yang lebih besar agar semakin tumbuh besar, diberikan beberapa alternatif cairan untuk mengusir hama, pemberian pupuk agar nanti ketika panen, cabenya bisa tumbuh banyak, gendut dan rasanya pedas segar.

Antara khawatir dan merasa tertantang ketika menanam cabe di dalam pot, karena lebih sering melihat kalau cabe ditanam di pekarangan, secara liar atau memang sengaja dibudidayakan. Tapi, nggak boleh patah semangat, yakin bisa menanamnya di dalam pot.

Sayapun sudah menyiapkan pot yang lebih besar, rencanya setelah tumbuh daun sejati, nantinya si cabe ini saya pindah ke pot yang lebih besar.

Sekarang tanaman cabe masih proses berkecambah, belum tumbuh daun sejati, lebi lama daripada kedua sayuran di atas. Tapi tetap sabar dan semangat.

Rencana selanjutnya.

Untuk ketiga sayuran yang sudah ditanam, akan saya rawat sampai benar-benar tumbuh dewasa. Selanjutnya, mau nanam benih sayuran lagi, tapi mau pakai “metode” microgreen untuk benih sawi, dan lainnya.

Sebenarnya benih yang disarankan untuk dijadikan microgreen adalah biji bunga matahari dan white grass, tapi daripada beli benih lagi, padahal masih punya banyak, lebih baik memanfaatkan yang sudah ada.

Nanti akan diupdate lagi tentang penanaman denga cara microgreen ini. Selanjutnya, mau beli tanah Malang yang lebih subur, karena tanah sebelumnya merupakan tanah yang tak terpakai. Ingin membandingkan media tanam yang lain.

Masih ingin beli dan rawat kaktus sampai beranak-pinak gitu. Masih ingin beli tanaman toga maupun tanaman hias. Tidak sabar kalau nanti teras semakin rimbun dan teduh.

Kalau kamu, sudah punya tanaman apa saja? Rekomen dong, beli apa nih enaknya.

0 comments

Posting Komentar

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)