Pengalaman Menggunakan Kartu by U

cara beli kartu by u



Karena keteledoran, ternyata nomor Telkomsel yang sudah saya pakai beberapa tahun terakhir ternyata hangus, karena lupa isi pulsa, udah melewati batas masa tenggang. Tanya customer service lewat akun official twitter Telkomsel, setelah dicek ternyata nomornya benean hangus. Padahal sebelumnya tuh masih ada sinyal, tapi setelah curhat ke adminnya, keesokan harinya sinyal sudah nggak ada.

Nggak panik juga karena nomor yang hangus bukan nomor utama, itu sampingan aja untuk keperluan bisnis. Namun harus segera cari nomor lain karena sebelumnya sudah pakai di whatsapp bussiness.

Cara beli kartu by U


Setelah tanya ke teman, ada beberapa rekomendasi untuk ganti ke by U. katanya harga paketannya murah, bisa beli paketan data dan ada kuota topping. Bedanya kalau data merupakan kuota yang bisa dipakai diseluruh aplikasi, tanpa dibagi-bagi jaringan maupun lokasi. Kuota data bisa dibeli dengan varian Gigabyte atau Mbps sesuai dengan kebutuhan.

Masa berlaku untuk kuota data mulai dari 1 hari hingga 30 hari. Harganya juga lumayan murah di kantong. 1 GB untuk masa berlaku 1 hari, harganya 4000

Sedangkan topping merupakan kuota berdasarkan aplikasi yang dipakai. Ada topping youtube, whatsapp, instagram, TikTok dan masih banyak lagi. Masa berlaku kuota topping mulai dari 1 hari hingga 30 hari. Untuk Topping TikTok, 10GB berlaku 1 hari, harganya 5000.

Cara pilih nomor by U

Sebelum membeli kartu by U, kamu harus install terlebih dahulu aplikasi by U, di aplikasi tersebut akan ada langkah-langkah untuk beli hingga aktivasi nomor.


  1. Install aplikasi by U.
  2. Pertama, kamu akan diarahkan untuk membeli paket kuoata, kalau saya cukup beli paket data tanpa topping. Kalau kamu merasa butuh topping, bisa beli sesuai kebutuhan.
  3. Untuk mendapatkan nomor, ada 2 opsi yaitu memilih nomor secara random ( ada pilihan nomor yang bisa kamu pilih). atau kamu bisa memilih 5 angka keinginan kamu, nanti akan diberikan pilihan nomor by U sesuai dengan 5 angka tersebut. Misalnya ingin punya nomor hp yang angkanya 88456, nah nanti ada beberapa pilihan yang bisa kamu pilih, saya pakai cara yang ini agar nomor utama dan by U bisa kembar gitu.
  4. Kemudian pilih opsi untuk mendapatkan SIM Card, dikirim atau ambil langsung di Indomaret terdekat (nanti ada opsi Indomaret mana saja yang terdekat di wilayahmu). saya pilih diantar pakai JNE, gratis ongkos kirim juga.
  5. Kemudian lanjut dengan membayar sesuai paket yang dipilih. Hanya bayar paket kuota, kalau kartunya gratis.
  6. Pilihan pembayaran banyak banget pilihannya; transfer bank, e-money ataupun bayar di Indomaret atau Alfamart terdekat. Kalau saya pilih bayar pakai gopay, langsung berhasil, dan duduk manis nunggu SIM Card.
  7. Setelah bayar, nanti akan ada notif SIM Cardmu sudah dikirim, sampai di mana, dll. Status terupdate SIM Card kamu. Kurang lebih 3 hari, sampai ke rumah.

Cara aktivasi SIM CARD by U

Setelah mendapatkan SIM Card, cara aktivasinya sebagai berikut :


  1. Masukkan SIM Card ke smartphone kamu.
  2. Jaringan internet harus disambungkan ke by U.
  3. Buka aplikasi, kemudian klik opsi “Aktifkan SIM Card”.
  4. Masukkan nomor KK dan KTP. Pastikan sesuai ya, lanjut ke opsi berikutnya untuk diproses. Cepat kok aktifnya.


Pengalaman Menggunakan Kartu by U


Bagi yang belum tahu, by U ini produknya Telkomsel, saat gunakannya, jaringan sudah 4 G dan cepet saat browsing maupun download.

Apakah by U punya masa aktif atau masa tenggang?

Kalau dibaca dari web resminya, gak ada masa berlaku SIM Card, aktif selamanya. Namun, jika selama 30 hari kartunya tidak terhubung dengan ke jaringan by U maka kartu akan dinonaktifkan secara otomatis.

Setelah mendapatkan kartu, segera mungkin langsung diaktivasi ya, karena jangka waktu aktivasi maksimal 30hari, seperti ketentuan di atas.

Kurang lebih 2 minggu menggunakan provider biru muda ini. Belum ada keluhan, semoga nggak ada karena sudah coba menggunakan jaringannya. Lancar jaya.

Saya lebih suka paket data daripada topping, karena kalau paket data bisa dipakai ke semua medso maupun youtube.

Aplikasi by U ini anak muda banget, desainnya fresh, bahasanya juga kekinian. Nggak jarang suka ada promo, pantengin terus twitternya by U, sering beri kejutan. Ada mini games juga, ix tape dan artikel yang disesuaikan dengan momentnya. Bulan Ramadan banyak mengulas tema ramadan tapi juga ada artikel hiburan.

Aplikasinya meskipun banyak kontennya, tapi tetap simple, nggak bikin bingung kalau mau beli paketan, histori transaksi dan lainnya. Kamu, sudah pakai by U?

0 comments

Posting Komentar

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)