Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Mantra Lilith, Kumpulan Cerpen yang Menebar Teror

mantra lilith




Judul : Mantra Lilith (dongeng sebelum tidur untuk perempuan yang sudah datang bulan)

Penulis : Hendri Yulius.

Desain sampul dan ilustrasi : Mawar Diah Pratiwi.

Diterbitkan pertama kali, 2017

PT Elex Media Komputindo.

ISBN : 978-602-04-3414-8


Sinopsis buku


“Kita sebagai sesama perempuan harus saling berbagi, termasuk berbagai neraka!”


Ini adalah kisah pengantar tidur

Tentang para perempuan

Yang tak akan pernah bisa terlelap nyenyak sebelum membalaskan dendam kesumatnya.


Mereka bukan perempuan luar biasa; mereka pasti sering kau jumpai di mana-mana, para perempuan yang berusaha untuk menyembunyikan benci, amarah, dan murka di balik senyum dan pulasan kosmetik.

Bacalah

Dan temukan sosok mereka dalam dirimu sendiri.


Review buku


Kumpulan cerpen yang menebar teror!

Sebelum kamu membacanya, akan saya kasih tau jika ada trigger warning ; pemerkosaan, kekerasan seksualm, klenik, penyiksaan, hal yang bikin mual.

Membeli kumpulan cerpen Mantra Lilith karena rekomendasi teman, sejujurnya saya sama sekali nggak tau buku ini menceritakan apa, kata teman buku ini banyak yang direkomendasikan oleh penulis.

Sialnya, saya tidak tanya genrenya. Benar-benar nggak ada petunjuk, dan kaget banget kalau buku ini cukup mengerikan bagi saya.

Lebih baik baca kata pengantar lebih dulu kemudian lanjut baca cerpennya.


Lilith dan terornya.


Kalian tau kan Lilith? Diceritakan jika sebelum dengan Hawa, Adam berpasangan dengan Lilith. Karena dipasangkan, Lilith merasa tidak punya hak atas hidupnya, tidak punya hak atas tubuhnya, berontaklah ia pada Tuhan dan pergi meninggalkan Adam.

Kemarahan Lilith semakin memuncak, ketika melihat Adam bersama Hawa, dan merasa aneh, kok bisa ya Hawa begitu patuh pada Adam.

Kecemburuan, amarah dan hal-hal buruk lainnya berkecamuk di hati Lilit, dan berubahlah ia menjadi seekor ular yang merayu Hawa untuk memakan buah khuldi, Hawapun membujuk untuk makan buah itu bersamanya.

Kumpulan cerita ini tidak menceritakan tentang Adam, Hawa dan Lilith melainkan mantra lilith yang berupa kutukan pada perempuan di dunia.

Lho, Lilith yang sebel sama Adam, kenapa perempuan yang dikutuk?

Kumpulan cerpen ini menggambarkan betapa sulitnya menjadi perempuan, tidak memiliki hak atas hidupnya, tidak memiliki hak atas tubuhnya, harus patuh dengan aturan masyarakat, menjadi korban, sumber kesialan, dipuja sekaligus ditindas, menjadi objek nafsu, dan tidak memiliki pilihan hidupnya. Sejak lahir sudah ada hal-hal yang mengikat perempuan agar menjadi “perempuan baik-baik”.

Ada jiwa Lilith di setiap perempuan yang ada di bumi (keempat belas cerpen). kira-kira begitu pesan yang ingin disampaikan. Btw, ini berdasarkan pemahaman setelah baca buku ini, bukan dari buah pikiran saya yaaa..

Empat belas cerita pendek yang menyeramkan.


Mantra Lilith terdiri 14 Cerita Pendek yang bagi saya menyeramkan, bukan karena ada hantu, tapi lebih membuat bulu kuduk berdiri, mual, merinding karena ada teror, klenik yang di luar logika, penyiksaan yang bikin lemas tubuh jika ikut membayangkan.

Sepertinya cukup sekali saja membaca buku ini, rasanya terlalu nyata. Meskipun terasa seperti fiksi, tapi saya meyakini kalau ada hal-hal mengerikan di masyarakat meski ditutupi atau jika bersinggungan dengan hal yang bebau klenik, antara percaya dan tidak.

Dari 14 Cerpen yang disajikan, saya menyukai 3 cerpen, meskipun bikin merinding, menjijikan dan mual, saya menyukai cerita ini.

kumcer horor



Nama : Perempuan.


Merupakan cerita pendek yang pertama kali disajikan sebelum menelusuri cerita lainnya. Pertama kali saya baca, alurnya sudah bisa mengikat saya, penderitaan ketiga perempuan yang seakan seperti pertunjukan di panggung.

Ketiganya memiliki persamaan jika setiap perempuan memiliki hak atas tubuhnya, masa depannya. Namun, masyarakat hingga keluarga membungkan keinginan ia untuk bebas memilih, tapi nasib membuatnya dirundung banyak nestapa.

Ada trigger warning : Penyiksaan, pemerkosaan.


Riwayat Timun Mas yang Tak Pernah Diceritakan.

Cerita yang mind blown, liar dan nggak disarankan untuk dibaca karena banyak trigger warning : penyiksaan, pemekosaan, menjijikan, bikin mual. Astaga cerita apa ini, bikin sekali baca saja.

Tapi tetap saya pilih cerita yang saya sukai, karena di luar ekspektasi, cerita timun mas disajikan secara liar dan plot twist, tapi di skip juga nggak apa-apa.


Rahasia Menjaga Suami Tetap Setia.

Cerita klenik yang bikin bergidik, mual, jijik, kasihan aduh auk ah campur aduk banget. Jelita yang selalu ditimpa kemalangan sejak ia diliharikan. Pada akhirnya ia memilih jalan setan agar ia dicintai laki-laki, meskipun perjalanan hidupnya tidak semulus harapan.

Ketiga cerita atau bahkan keempat belas memiliki sensasi yang hampir sama, bikin merinding, bahkan nggak jarang cerita berpusat hal magis, dan berpikir nggak masuk akal, tapi cerita yang beredar di masyarakat tuh juga menyeramkan kalau menyangkut hal-hal magis.

Persiapan mental aja kalau mau baca, atau cari buku yang lain selain kumpulan cerpen Mantra Lilith. Kalau kamu ingin baca kumcer ini bisa klik beli kumcer Mantra Lilith

Posting Komentar untuk "Review Mantra Lilith, Kumpulan Cerpen yang Menebar Teror"