Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Energi Terbarukan dan Bagaimana Memanfaatkannya




Energi terbarukan menjadi potensi untuk diperbarui karena sumber energi fosil semakin menipis. Energi terbarukan merupakan sumber yang bisa memproduksi energi yang tidak menghabiskan sumber daya alam dan bisa terus dikembalikan, contohnya adalah cahaya matahari, panas bumi angin air, biomassa (senyawa organik yang berasal dari tanaman, sampah organik dan alga), bio gas dan gelombang laut.

Nggak nyangka kan kalau bumi menghasilkan energi yang nggak habis dan bisa diperbarui, dan tentunya ramah lingkungan. Bersyukur nih merasakan panas sinar matahari meskipun sumuk karena justru itu adalah smber energi yang ramah lingkungan.

Segenting apa sih keadaan sehingga kita harus banget beralih dari sumber energi fosil? Lantas gimana sih kita mengolah dan memanfaatkan energi terbarukan?

Tahu dong tentang pemberitaan perubahan iklim yang kita rasakan beberapa akhir ini, perubahan ini terjadi karena efek rumah kaca yang berlebihan, hal ini disebabkan karena kegiatan manusia yang menghasilkan karbon, seperti bahan bakar fosil, kegiatan pabrik, penebangan pohon secara liar dan masih banyak lagi.

Kita harus mencari sumber energi yang ramah lingkungan. Nah, di atas sudah dijelaskan contohnya, dan kali ini mau ngobrolin tentang energi cahaya matahari.

Acara gathering blogger dan utomosolaRUV membahas tentang megelola dan mengembangkan energi terbarukan dengan teknologi, dan bisa dimanfaatkan untuk industri maupun rumah.

SolaRUV merupakan anggota Utomodeck, salah satu perusahaan atap terkemuka di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 40 tahun menyediakan solusi atap inovatif untuk klien di seluruh Indonesia.

SolaRUV mengkhususkan diri dalam teknologi dan proyek atap fotovoltaik surya, termasuk rekayasa, pengadaan dan konstruksi (EPC) Sistem PV atap komersial dan industri, paket PV atap perumahan.

Keungulan utomosolaRUV :


  1. Always clean energy : Menyerap sinar matahari untuk menghasilkan listrik.
  2. Resilience & Durability : Dengan panel surya, akan selalu memiliki daya sumber listrik sendiri.
  3. Easy Installation : Nikmati kekuatan tak terbatas dari teknologi surya di rumah.
  4. Multiple Applications : Menyelamatkan lingkungan dan menyimpan energi untuk rumah kamu.
  5. Low Installation Costs : Hemat lebih dari 20% untuk tagihan listrik.
  6. Renewable Energy : Sumber energi yang tidak akan pernah habis.

Acara gathering tidak dihadiri oleh bloger Surabaya dan sekitarnya, melainkan bersama komunitas pecinta lingkungan lainnya. Seperti earth hour Surabaya, sudah tau kan gerakan mematikan lampu dan alat elektronok tak terpakai selama 1 jam.

Nah, tidak hanya gerakan itu saja, tapi masih banyak program peduli lingkungan, seperti : Bersih-bersih pantai, Penanaman mangrove dan masih banyak lagi.


Lantas, apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk bumi?


  1. Jalan kaki saat menuju lokasi yang dekat. Siapa yang ke minimarket masih jalan kaki? Akuuu… untuk mengurangi konsumsi karbon pada bumi, kalau ke pasar atau tempat yang jaraknya nggak begitu jauh, lebih baik dengan jalan kaki.
  2. Menggunakan transportasi umum. Kalau nulis gini, kadang banyak yang mengeluh terlebih dahulu, “Kan kondisi armadanya nggak layak”, “Duh nggak ada angkot di daerahku”, “Duh lama banget nunggu bis/angkot”. dan masih banyak keluhan lainnya. Keadaan di lapangan mungkin belum ideal menurut masyarakat, namun nggak ada salah nya kita bergerak demi kebaikan. Dalam seminggu beraktifitas, luangkan sehari untuk naik transportasi umum. Langkah kecilmu sangat berarti untuk perubahan.
  3. Bawa peralatan makan sendiri. Membawa peralatan makan bukan berarti beli baru yang berarti harus keluar duit dan malah numpuk di rumah. Aku lebih suka membawa peralatan yang ada di rumah, seperti sendok, tumblr dan totebag. Tidak menggunakan sedotan, karena lebih baik 

Posting Komentar untuk "Energi Terbarukan dan Bagaimana Memanfaatkannya"