Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Pemasaran dan Contohnya yang Wajib Diketahui Oleh Pemilik Bisnis

strategi pemasaran dan contohnya

Strategi pemasaran wajib dilakukan untuk pemilik bisnis agar dapat meningkatkan penjualan, sebelumnya perlu mengetahui Customer Journey agar strategi yang telah direncanakan dapat sejalan dengan pengalaman calon konsumen untuk mengenal produk atau jasa yang kita luncurkan.

Tentunya strategi akan berbeda ketika produk baru akan launching dengan strategi dengan tujuan menjaga konsumen agar tetap loyal. Nah, untuk saat ini lebih mengenal strategi pemasaran dan contohnya untuk kamu yang sedang merintis bisnis.  

Strategi pemasaran dan Contohnya

Seperti yang kita ketahui, ada banyak strategi pemasaran dapat diterapkan, seperti ; Direct selling, internet marketing dan masih banyak lagi. Namun, konsep paling dasar dari pemasaran dan paling sering diaplikasikan adalah Marketing Mix (Produk, Price, Place, Promotion), dan dalam perkembangannya ada yang menambahkan konsep P yang lain agar lebih relevan pada perkembangan marketing itu sendiri, namun 4 P sudah mewakili strategi yang bisa diaplikasikan di berbagai bisnis produk maupun jasa ;

Product

Bahkan strategi tidak hanya memikirkan bagaimana kita menjualnya agar mendapatkan sambutan yang positif di pasaran, perencanaan strategi berawal dari produk yang akan diluncurkan.

Bagaimana produk tersebut mampu menjadi solusi pada permasalahan konsumen, siapa saja sasaran produk yang akan launching. Perlunya segmentasi pasar agar produk dapat diterima, segmentasi meliputi ; demografi, perilaku target pasar, dan psikografi.

Tidak berhenti dalam menciptakan barang, dibutuhkan pengembangan produk seperti memberikan inovasi agar tetap diminati oleh pelanggan.

Bisa dilihat dari produk rumah tangga, seperti sabun pencuci pakaian, piring dan lainnya, dulu jenisnya hanya berbentuk krim, namun sekarang semakin beragam, seperti sabun cair, serbuk dan juga mengeluarkan inovasi dengan menciptakan beragam wewangian yang disukai anggota keluarga.

Price

Menentukan harga tidak hanya sebatas harga pokok, harga jual dan harga beli, perlu analisa seperti harga dasar hingga keadaan ekonomi dalam wilayah tersebut.

Pemberian harga pada produk maupun jasa dapat memberikan value lebih untuk pelanggan, seperti brand yang high class mematok harga tinggi karena mampu memberikan lebih, seperti memberikan rasa kepercayaan diri, kebanggaan tersendiri.

Namun perlu diperhatikan, jika membandrol harga tinggi pada produk, pastikan ada alasan mengapa konsumen harus membeli produk brand A daripada brand lainnya. Berikan kelebihan lain, sehingga konsumen rela membayar mahal.

pengertian marketing mix dan contoh



Place

Place di sini merujuk ke distribusi, bagaimana konsumen dapat mendapatkan produk, tidak hanya bersifat pemasaran secara offline yang mengandalkan lokasi fisik, sekarang ini juga butuh akses online yang diharapkan bisa mempermudah mendapatkan barang yang dibutuhkan.

Selain itu, pemilik bisnis harus dapat memberikan kualitas terpercaya jika produk yang diterima dalam keadaan baik meskipun lokasi konsumen jauh dari lokasi produksi, melalukan kontrol stok agar ketersediaan produk tetap terpenuhi dan tidak terjadi kelangkaan.

Promotion

Promosi sangat penting dilakukan agar menarik minat calon konsumen, dan tidak hanya pada lingkup pemasaran secara offline tapi juga secara online. Pemasaran yang dilakukan secara online lebih menguntungkan karena lebih terukur dan data yang didapatkan bisa dianalisa.

Misalnya melakukan promosi berbayar seperti iklan di media sosial, iklan yang telah kita pasang dapat diukur, seperti berapa jumlah klik, usia berapa yang klik iklan, hingga berapa jumlah penjualan dengan budget iklan yang telah disediakan, semuanya dapat diukur dan akan mempermudah analisa untuk strategi pemasaran berikutnya.

Jika kamu sangat tertarik dengan hal ini, bisa langsung klik artikel strategi pemasaran agar semakin memahami langkah apa saja yang harus dilakukan oleh pemilik bisnis.

Contoh Strategi Pemasaran.

Banyak sekali contoh bisnis yang telah jalan kemudian bisa kamu jadikan referensi untuk bisnis yang ingin kamu jalankan.

Apalagi saat ini banyak sekali bisnis kopi kekinian yang semakin menjamur. Bisnis kopi kekiniaan akan selalu dicari, hanya saja harus membuat sesuatu yang baru, produk kopi sudah banyak di pasaran, maka harus memiliki pembeda dari brand yang sudah lebih dulu eksis.

Bisa dilihat kopi dari brand A, B, C dan masih banyak lagi, target pasarnya hampir mirip tapi cukup berbeda. Misalnya Starbucks yang menargetkan anak kuliahan hingga pekerja kantoran yang usianya bisa dibilang dewasa muda, rentang umur dari 20an-30an.

Dilihat dari taerget pasar sudah tau dong bagaimana cara berpromosinya, lebih banyak promosi digital, misalnya daftar sebagai member aplikasi mendapatkan free upsize untuk menu tertentu, dengan mendapatkan data pelanggan, bisa mengetahui usia berapa yang sering beli, konsumen punya hobi apa, sering beli menu yang mana dan lainnya, dengan mengumpulkan data dapat melakukan strategi bisnis secara berkelanjutan.

Aplikasi kasir iReap

Strategi sudah diterapkan, saatnya menjalankan bisnis sesuai dengan perencanaan, tentu saja membutuhkan aplikasi yang dapat memonitor penjualan, keuntungan, dan stok semua toko secara real time. Penggunaan tool yang tepat akan mempermudah menentukan strategi selanjutnya secara berkelanjutan, apalagi butuh analisa data penjualan dan lainnya, perlu alat yang mempermudah dan efisiensi waktu.

aplikasi kasir android terbaik



Aplikasi kasir iReap dapat digunakan untuk beragam bisnis, seperti ;

  • Warung makan, kafe, resto.
  • Ritel warung, kelontong.
  • Fashion, butik, sepatu, kacamata.
  • Proffesional service.
  • Distribusi.
  • Barbershop, salon, bengkel.
  • Klinik dan spa.

Fitur iReap Pos dapat dilihat dari versi apa yang kamu pilih, Pro atau Lite, jika menggunakan Pro, memiliki banyak fitur yang bisa dipakai daripada Lite, seperti ;

  • Dapat 14 hari gratis, kemudian bisa bayar perbulan dengan harga yang murah di kantong, 99.000 jika dibayar bulanan, jika tahunan dapat harga 41.667 perbulan.
  • Digunakan untuk usaha skala kecil dan menengah.
  • Mendapatkan fitur Kasir / Point Of Sale (POS).
  • Fitur Stok/Inventory.
  • Fitur Harga Pokok Penjualan (HPP).
  • Tranfer barang antar toko.
  • Resep / Produk set / Sales Bill Of Material 
  • Terdapat iReap invoice (piutang dan penerimaan barang).
  • Fitur biaya-biaya toko.
  • Fitur absensi karyawan.
  • Web dashboar report, dapat digunakan secara multiple.
  • Penyimpanan database di cloud maupun lokal (Dalam device).
  • Dapat diakses secara offline maupun online.
  • Master Data (Item, Harga, Pemasok, Pelanggan) auto didistribusikan ke seluruh toko.
  • Laporan transaksi bisa dilihat di web maupun web.
  • Export to CSV, EXCEL, PDF
  • Laporan Konsolidasi Banyak Toko
  • Terdapat pilihan bahasa ; Inggris, Indonesia, Rusia.
Bagaimana dengan pemilik usaha yang hanya memiliki satu toko atau satu usaha? Kamu bisa menggunakan iReap Lite, berikut fitur iReap Lite yang bisa kamu dapatkan :

  • GRATIS! Tanpa batasan, master data, transaksi dan tanpa iklan.
  • Cocok untuk bisnis dalam skala mikro.
  • Mendapatkan fitur kasir / Point Of Sale.
  • Fitur stok / inventory.
  • HPP (Rata-rata/standar).
  • Dikhususkan untuk toko single atau yang belum ada cabang.
  • Penyimpanan data base lokal (dalam device).
  • Bisa digunakan secara offline.
  • Bisa dioperasikan secara manual import pertoko.
  • Laporan transaksi tersedia dalam device.
  • Pilihan bahasa : Inggris, Indonesia, Rusia, Perancis, dan Jepang.

Sudah banyak yang terbantu dengan hadirnya aplikasi kasir iReap POS, dengan harga yang terjangkau mampu memberikan fitur yang menunjang penjualan, dan software expert bisa digunakan secara multiple ke seluruh toko.

Kesimpulan

Strategi pemasaran tidak hanya dilakukan ketika akan launching sebuah produk tapi dilakukan secara berkala agar penjualan tetap meningkat. Aplikasi iReap memberikan kemudahan bagi pemilik bisnis untuk menjalankan bisnisnya dengan berbagai fitur, hingga memberikan laporan yang akurat dan realtime, sehingga dari laporan tersebut bisa dianalisa, untuk menyusun strategi pemasaran pada periode selanjutnya


aplikasi kasir iReap

20 komentar untuk "Strategi Pemasaran dan Contohnya yang Wajib Diketahui Oleh Pemilik Bisnis"

  1. saya jadi teringat teori strategi pemasaran 5P waktu jaman kuliah dulu, hehehe. btw aku suka iReap ini dan udah install. untuk pelaku usaha online cocok sih, aku tinggal bikin master data produk terus import. udah gitu aja udah bisa mulai jualan dan laporannya hanya tinggal lihat di aplikasi iReap ya. simple.

    BalasHapus
  2. Strategi pemasaran yang tepat, tentu akan menghasilkan impact yang besar untuk bisnis. Apalagi langkah strategi pemasaran saat ini jauh lebih mudah, karena bisa memanfaatkan teknologi dan media sosial.

    BalasHapus
  3. 4p emang hal yang dasar banget dan wajib kita pahami sebagai pebisnis. dan kalau usaha retail emang sebaiknya punya aplikasi kasir kayak ireap ini yaa mba

    BalasHapus
  4. Iya Kak setuju banget kalau sebelum memasarkan. Produknya kudu bagus dulu. Baru deh dimarketingin, baik online maupun offline.

    Lengkap banget ya dengan app iReap bisa macam2 isinya. Bahkan ada fitur absensi karyawan. Memudahkan banget bagi yg mau mengelola bisnis dan sudah punya karyawan.

    BalasHapus
  5. Setuju sekali, Mbak.
    Sterategi pemasaran bukan hanya saat awal mulai bisnis, tapi harus terus dilakukan, dan menyesuaikan dengan perkembangan. Jadi pemasaran kita akan berhasil. Salah satunya elemen yang harus terus diupdate adalah kasir. Dan syukurlah sekaranga da aplikasi iReap yang sangat membantu.

    BalasHapus
  6. Iya sih. Memulai bisnis memang bukan perkara hanya memikirkan mengenai strategi pemasaran doang sih. Ada hal lain kayak gimana kita mengelola toko. Menyimpan semua data produk termasuk urusan stok produk.
    Saat ini, kita bisa lebih dimudahkan. Karena ada aplikasi iReap yang bantuin.

    BalasHapus
  7. jadi ingat pelajaran kuliah dulu belajar tentang strategi pemasaran 4P ini terus panjut kuliah lagi, nemu lagi 7P, konsep manapun yang mau dipakai semuanya memang bagus untuk usaha atau bisnis

    BalasHapus
  8. Bagi pemilik bisnis, mengetahui berbagai strategi pemasaran itu penting ya mbak
    Biar bisa mengoptimalkan promosi produknya

    BalasHapus
  9. laporan keuangan ini sebebanrny ajiwanya bisnis ya, sebagai pedagang maupun pebisnis harus rigis laporan keuangannya nah masalahnay kadang mereka g ad abasic itu, wah adanya ireap pasti membantu banget nih bisa aku rekomendasiin ke temanaku nih

    BalasHapus
  10. iREAP bisa untuk bisnis apa saja ya, bahkan untuk barber shop pun juga bisa ternyata ya.
    fiturnya pun juga lengkap dan bisa memudahkan pebisnis untuk melihat cash flow dan segala yang dibutuhkan terkait pencatatan keuangan ya.

    BalasHapus
  11. Betul banget. Usaha perlu strategi pemasaran yang tepat. Wah, jadi bonus pengetahuan juga ini

    BalasHapus
  12. Menaikkan harga bisa ya ternyata.
    Tapi memang kudu dilihat juga nih produk yang ingin dinaikkan harganya tepat atau nggak. Dan bisa disampaikan juga ya, keunggulannya apa, sehingga calon pembeli paham dan tertarik

    BalasHapus
  13. Betul banget strategi pemasaran itu gak mandang waktu. Karena, dalam bisnis strategi harus terua dijalankan. Untuk kontrol barang dan penjualan bisa gunakan aplikasi IReap ini karena ada lite sama pro nya ya, Mba. Jadi bisa gunakan sesuai kebutuhan dulu, ya.

    BalasHapus
  14. 5P ini beneran strategi yang paling sering diterapkan di dunia marketing untuk mencapai tujuan perusahaan dan salah satu strategi yang bisa untuk melengkapinya adalah dengan iReap Pos

    BalasHapus
  15. Ternyata strategi pemasaran tuh nggak cuma gimana caranya barang bisa laku, banyak yang membeli. Tapi ada proses yang banyak juga sebelum sampai di situ, mulai penentuan produk, penetapan harga, bahkan lokasi juga

    BalasHapus
  16. Wah terpana, banyak aaamaaaat fiturnya ya aplikasi kasir iReap POS!

    Dulu banget ada app kayak gini tapi ribet dan mahal, sekarang bisa semudah ini!

    BalasHapus
  17. Laporan keuangan dan transaksi yang akurat dan real time yang dibutuhkan. Aku baru tahu tentang Aplikasi Kasir IReap, dan dengan dua pilihan yang bisa disesuaikan kebutuhan UMKM

    BalasHapus
  18. Usaha kopi memang banyak, tapi tetap saja profitable. Peminatnya tak pernah sepi. Dan saya setuju sih, kalau mau usaha lebih jelas perinciannya mending pakai aplikasi seperti iReap

    BalasHapus
  19. Ouh ini ya aplikasi kasir yang lagi ramai dibicarakan itu
    Saya benar-benar baru tahu
    Coba ah aku forward ke temanku yang punya toko dan membutuhkan aplikasi kasir ini
    Pasti mereka senang

    BalasHapus
  20. Allhamdulillah kalau begini jadi memudahkan banget untuk yang berjuang di bidang pemasaran ya, ada aplikasi ini

    BalasHapus