Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Kerja UI/UX Designer di Indonesia dan Gajinya

peluang kerja ui/ux designer dan gajinya


Perkembangan dunia digital memunculkan banyak peluang, termasuk hadirnya pekerjaan baru yang sekarang ini banyak diminati, hal ini dikarenakan semuanya kegiatan berpusat pada lingkup teknologi digital, tak hanya sebagai hiburan namun sudah menyentuh berbagai banyak bidang, seperti kesehatan, pendidikan, dan masih banyak lagi.


Beberapa pekerjaan dalam lingkup teknologi digital yang bisa kamu pilih, diantaranya :

  1. Content creator.
  2. SEO Specialist.
  3. Content writer.
  4. UI/UX Designer.
  5. WEB Developer.
  6. Digital Marketer dan masih banyak lagi

Diantara pekerjaan yang telah disebutkan di atas, beberapa sudah aku pelajari dan diantaranya ingin aku pelajari karena tertarik dengan ilmu yang baru. Menariknya, pekerjaan digital lebih fleksibel, seperti switch career, karena sekarang ini banyak online learning melalui bootcamp yang bisa menambah portofolio.

Nanti deh, aku bocorin tentang kelas bootcamp yang kasih banyak pilihan materi dan kelebihan lainnya, apalagi kalau kamu lagi cari tempat belajar online yang memudahkan siswa, guru, dan dosen, baca sampai selesai ya!

Sekarang ini aku mau bahas tentang mengapa sih harus belajar UI/UX Designer? Karena gaji? Lowongan pekerjaan yang banyak? Atau biar terlihat keren?

Apa itu UI/UX Designer?

Sebenarnya UI dan UX Designer memiliki tanggung jawab yang berbeda, jika UX seseorang yang mendesain suatu aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna atau user experience. Sedangkan UI lebih fokus pada tampilan antar muka atau user interface yang meliputi aspek desain, seperti tone warna, teks, grafis dan masih banyak lagi.

Namun, banyak lowongan pekerjaan yang tidak hanya mencari pegawai yang mampu menguasai UI atau UX saja, melainkan ingin komplit. Nah, kira-kira skill yang kamu kuasai, masih salah satu atau udah bisa menguasai keduanya? Jika keduanya bisa kamu kuasai, semakin luas untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji gede, dong! Buruan deh langsung menyiapkan diri untuk online learning melalui bootcamp.

Peluang Kerja UI/UX Designer.

Disadur pada halaman berita Kompas, UI/UX Designer menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan apalagi pada era teknologi yang semakin berkembang dan banyaknya startup di Indonesia yang semakin bermunculan.

Lebih lanjut lagi, gaji UI/UX Designer sekitar 5 - 8 juta perbulan dengan pengalaman satu hingga dua tahun.

Semakin banyak prospek untuk bekerja di bidang ini, tentu semakin tertarik untuk mempelajarinya lebih dalam, untuk kamu yang sudah terbiasa dengan desain grafis, boleh banget loh untuk mengembangkan sayap.

Caranya, bisa dengan belajar online yang sesuai dengan kompetensi yang ingin kamu kuasai, lantas kenapa sih UI/UX Designer itu penting banget?

Keberadaan profesi ini akan semakin banyak dibutuhkan oleh pebisnis agar dapat membantu pengalaman konsumen semakin nyaman, sehingga mampu meningkatkan penjualan.


gaji ui/ux designer



Selain itu, mempelajari kemampuan ini tidak hanya menambah pundi duit, melainkan meningkatkan beragam skill selain dalam lingkup desain, seperti ;

  1. Kemampuan berkomunikasi dan kolaborasi : Profesi ini tidak hanya berdiri sendiri untuk menciptakan suatu aplikasi yang memahami konsumen, perlu kolaborasi dengan profesi lainnya seperti UX Writer, brand designer, dan masih banyak lagi.
  2. Mampu mengembangkan design thinking untuk memahami user, menjabarkan permasalahan dalam pencarian solusi.
  3. Memahami trend. Pernah dong ya mengamati aplikasi marketplace, salah satu aplikasi yang secara berkelanjutan melakukan perubahan tampilannya, trend yang aku rasakan dari tampilan dari marketplace, dulu tuh sering menampilkan font dan banner, sekarang lebih menonjolkan icon yang lebih simple.

skill yang harus dimiliki UI/UX Designer



Skill apa yang harus dimiliki untuk jadi UI/UX Designer?

Meskipun tidak kuliah di jurusan yang tidak berhubungan, kamu masih bisa mengejar karir impianmu itu, Skill yang harus kamu miliki diantaranya :

  1. Kemampuan mendesain (Produk desain).
  2. Design Thinking.
  3. Perencanaan dan perancangan antarmuka.
  4. Using testing.
  5. Kemampuan riset.
  6. Kemampuan kolaborasi.
  7. Problem solving.
  8. Time management.
  9. Critical thinking.
  10. Kemampuan penggunaan tools.

Bagi kamu yang ingin mendalami UI/UX Design, aku sarankan untuk belajar online dengan tutor, meskipun banyak cara untuk otodidak, tapi aku sarankan belajar bersama instruktur karena kamu akan belajar sesuai dengan alurnya, dapat menyerap ilmu dan pengalaman seseorang yang sudah lebih dulu berkecimpung.

Nah, sekarang ini banyak pilihan bootcamp, belajar dengan cara e-learning yang didampingi instruktur berpengalaman dan mendapatkan tugas-tugas atau study case yang bisa dijadikan portofolio.

Belajar UI/UX Design di QuBisa.


Masih belum tau mau belajar dimana? Atau kamu masih bingung dimana harus belajar di platform e-learning di Indonesia yang berkualitas? Aku saranin langsung daftar di QuBisa yang merupakan tempat belajar online yang memudahkan siswa, guru, dan dosen dengan banyak pilihan untuk meningkatkan skill.

Ada beberapa pilihan bootcamp, seperti English for professional, Microsoft Excel hinngga Content Creator, Nah jika kamu ingin mempelajari dari dasar hingga mampu membuat portofolio. Semua itu bisa dipelajari secara e-learning lho, fleksibel kan!

Mengenal QuBisa karena sering ikut webinar yang pilihan materinya banyak dengan harga yang murah, bahkan aku juga dapat yang gratis. Dulu sih suka mengikuti kelas KDM, ternyata makin kesini makin banyak kelasnya, termasuk kelas Bootcamp.

Belajar online bersama QuBisa berasa belajar secara lengkap, karena nggak hanya mempelajari hardskill aja, tapi juga bisa belajar softskill.

bootcamp UI/UX Design QuBisa



Ini dia alasan mengapa kamu perlu memilih Bootcamp di QuBisa :

  1. Ramah pemula : Materi yang diajarkan mulai dari dasar yang bisa diikuti oleh pemula.
  2. Beasiswa up to 85% : Harga lebih hemat dengan menggunakan beasiswa.
  3. Kesempatan magang : Dapatkan ilmunya, kerjakan tugas dan jadi lulusan terbaik untuk mendapatkan kesempatan magang.
  4. Sertifikasi BNSP : Mendapatkan sertifikasi profesi dan sertifikat bootcamp sesuai dengan topik yang kamu pilih.
  5. Kurikulum siap kerja : Materi yang kamu dapatkan disesuaikan untuk kamu yang mempersiapkan karir.
  6. Jadwal fleksibel : Sesi belajar fleksibel untuk kamu yang mahasiswa atau sedang bekerja.

Pastikan kamu mengerjakan Assigment karena tugas-tugas yang diberikan relevan untuk mengasah skill, ingat ya untuk berikan yang terbaik dari awal hingga akhir, karena kamu akan dapat peluang kerja UI/UX bootcamp QuBisa caranya jadilah lulusan terbaik yang akan berkesempatan direkrut magang oleh perusahaan partner QuBisa.

Nggak salah deh memilih QuBisa sebagai platform e-learning di Indonesia yang dapat dipercaya, perserta tidak hanya mendapatkan ilmu tapi juga berkesempatan untuk bekerja di bidang industri digital.

Ingin dapat pengalaman belajar di QuBisa? Langsung saja install Aplikasi QuBisa untuk iOS dan bisa juga install Aplikasi QuBisa untuk Android.

Bootcamp UI/UX Design murah


26 komentar untuk "Peluang Kerja UI/UX Designer di Indonesia dan Gajinya"

  1. Mau dapat pekerjaan impian jadi makin kudah nih dengan adanya QuBisa. Kita bisa belajar apa saja yang mau kita dalami, atau sekedar untuk meningkatkan kemampuan. Termasuk menjadi UI UX Designer.

    BalasHapus
  2. Jaman sekarang tuh ya. Semua serba mudah. Bahkan untuk meningkatkan skill. Mana bisa online juga dengan bootcamp.

    Bagian yang terbaiknya adalah ada kesempatan direkrut juga kalau kita menjadi lulusan terbaik.

    Daebak banget sih QuBisa.

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya. Saya baru tahu ada profesi UI/UX Designer. Dunia digital membuka semakin banyak peluang ya ternyata.

    BalasHapus
  4. Ternyata kalau pengen jadi UI/UX designer gak harus kuliah dengan jurusan yang sesuai ya, syukurlah. Berarti aku juga ada peluang dong buat jadi freelancer di bidang tersebut.
    Sekarang belajar online makin mudah dengan Qubisa ya dan kelasnya macam-macam, termasuk kelas agar nantinya jadi desainer UI/UX. Hebaaat.

    BalasHapus
  5. wah aku jadi penasaran sama pekerjaan ui ux designer ini seperti apa. asli deh nggak tahu sama sekali sama bidang ini

    BalasHapus
  6. profesi UI/UX Designer emang lagi digandrungi karena aplikasi mulai banyak bermunculan. saya merasakan banget ketika menggunakan sebuah aplikasi tapi desainnya gak terstruktur, membingungkan dan tidak menarik. ternyata sepenting itu ya profesi UI/UX Designer. bisa banget nih dipelajari di QuBisa karena peluang kerja seorang UI/UX Designer masih banyak

    BalasHapus
  7. Sekarang mau belajar apa pun jadi lebih mudah ya, karena sudah banyak platform belajar online seperti QuBisa ini yang menyediakan kelas dari gratis sampai berbayar, juga ada kelas bootcamp yang harganya terjangkau dan bisa diikuti pemula dengan nyaman.

    BalasHapus
  8. QuBisa emang pilihan platform buat banyak belajar skill-skill baru termasuk buat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan di bidang yang disasar sih ya. Enaknya bisa belajar kapan saja sesuai sama waktu yang dipunya karena sisten belajarnya daring. Akupun beberapa kali ambil kelasnya.

    BalasHapus
  9. Kayaknya para korban PHK gak perlu syedih..sebab di dunia digital lbh banyak peluang yg menjanjikan. Waktu dan tempat pun lbh fleksibel. Gak bisa? Tinggal belajar di Qubisa...

    BalasHapus
  10. QuBisa ini emang lengkap banget ya? Mau belajar apa saja ada dan juga mudah karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

    BalasHapus
  11. Biasanya sih di awal seseorang baru bisa menguasai salah satunya karena emang ini cara mikirnya beda jauh. Tapi dengan terus belajar, mungkin banget untuk bisa menguasai keduanya

    BalasHapus
  12. Temanku ada nih yang kerja sebagai designer UI-UX, waktu awalnya aku bingung ngapain mereka ya kerjanya. Tapi setelah mendengarkan cerita mereka terdahulu waktu awal kerja seru juga, karena memang itu yang mereka suka.

    BalasHapus
  13. QuBisa ini app untuk growth skill yg pengen aku coba deh. Karena dunia digital saat ini dibutuhkan banyak upgrade ilmu terlebih yang mau switch carrier

    BalasHapus
  14. Jadi nambah wawasanku tentang peluang kerja IU UX designer..makasih. Btw, asyik nih ya jika bisa mendapat peluang kerja dari UI/UX bootcamp QuBisa dengan jadi lulusan terbaik yang akan berkesempatan direkrut magang oleh perusahaan partner QuBisa.

    BalasHapus
  15. Kalau ngikut bootcamp gini belajarnya "lebih berat" dibanding kursus elearning ya biasa ya mbak?
    Tapi pastinya pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh makin banyak ya. UX/UI designer ini emang makin banyak peluang kerjanya, jadi nggak ada salahnya belajar lagi dengan ikut bootcamp di Qubisa

    BalasHapus
  16. Dengan adanya dunia digital skarang membuka peluang juga untuk lowongan kerja ya. Makasih informasinya mbaa

    BalasHapus
  17. Ah keren! menurutku UX/UI rumit tapi ada online learning yah jadi bisa belajar dari mana saja dipandu expert. Mau cek kursus di QuBisa buat upgrade skill.

    BalasHapus
  18. Ya ampuun, selama ini sering ketemu kata UI/UX tapi karena merasa ga relate jadi aku abaikan saja. ternyata itu singkatan dari User Interface dan user experience toh.. Ahahah, merasa tambah perbendaharaan pengetahuan deh dari artikel ini. Makasiih mb Sari..btw, Qubisa mengingatkanku pada lagu anak-anak (atau jinggle iklan?) zaman dlu : aku bisa, aku pasti bisa....

    BalasHapus
  19. Lowongan kerja makin hari makin bervariasi yang dibutuhkan. Kini ada UI/UX Designer. Buat yang masih awam memang terdengar asing. Buat yang sudah pernah dengar, makin penasaran gimana caranya.

    Untunya ada QuBisa yang selalu hadir dg materi fresh dan terus update skill yg dibutuhkan jaman now.

    BalasHapus
  20. Wah belajar ini ternyata bisa daring juga ya memudahkan banget untuk nambah skill karena sekarang cari pekerjaan makin sulit harus punya nilai tambah biar dilirik perusahaan ya

    BalasHapus
  21. Sekarang peluang dunia kerja makin banyak dan dulu nya gak terpikir juga dengan profesi yang ada saat ini. Dan yang asik juga bisa dilakukan dengan nambah skill seperti kursus online di QuBisa, jadi ada peluang untuk profesi di luar pendidikan sebelumnya ya mba

    BalasHapus
  22. Bagus juga nih program QuBisa ini ya pastinya banyak manfaat untuk pemula ya.

    BalasHapus
  23. Perkembangan teknologi saat ini memang menjanjikan ya mbak. Beragam jenis pekerjaan dengan skill digital banyak dibutuhkan. Kabar baiknya, Qubisa membantu untuk belajar skill ini

    BalasHapus
  24. Akhir-akhir ini aku kepikiran buat belajar desain. Untungnya sekarang banyak peluang kerja dan mau ambil kelas pun ada yang online kaya QuBisa. Jadi gak terlalu ribet ya

    BalasHapus
  25. Aku sempat kepikiran belajar ui/ux design mba. Kayaknya prospek ke depannya bagus. Tp akhirnya aku putuskan untuk melanjutkan apa yg udah aku pelajari aja sambil memantau.

    BalasHapus
  26. Sekarang belajar apapun jadi lebih mudah. Tidak harus belajar secara offline, yang online pun juga banyak. Salah satunya QuBisa ini, ya. Tinggal pilih skill yang ingin dipelajari. Meski online, tapi belajarnya harus tetap sungguh-sungguh. Biar jadi lulusan terbaik lalu direkrut perusahaan. Wah, ini sih impian banget, ya.

    BalasHapus