Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Untuk Kamu yang Pemula! Wajib Tau 8 Bagian Penting Dicek Ketika Servis Motor



Siapa yang masih pemula tentang motor matic? Tos dulu dong karena aku juga pemula sebagai pemilik motor matic, setelah punya motor langsung bikin pos pengeluaran untuk service rutin motor, karena merasa tergelitik dengan candaan maupun sindiran kalau cewek lebih mentingin beli seblak daripada ganti oli motor dan sindiran lainnya di media sosial.

Aduh, nggak mau dong punya motor dari hasil kerja kerasku malah motor matic nggak berumur panjang. Dari situlah aku merasa kalau perawatan secara rutin sangat penting untuk mengetahui kondisi, dan agar motor tetap prima di cuaca maupun medan apapun.

Meskipun kalau kita ke bengkel dan pegawai bengkel bakalan tahu apa saja yang dilakukan untuk service rutin, para pemula harus tahu loh apa saja yang harus diperhatikan, hal ini agar kita lebih teliti, dan bisa melihat hasilnya sebelum dan sesudah di service. Berikut 8 bagian yang wajib dicek ketika service motor :

1. Oli mesin.

Paling seru nih kalau bahas oli motor matic, karena harus tahu kapan waktunya untuk diganti. Pada dasarnya oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin dan pelindung mesin. Pada umumnya 4000-500 km sebaiknya dilakukan penggantian oli mesin atau jika motor mengalami kondisi tertentu seperti tiba-tiba mogok di tengah jalan, cek juga tuh olinya.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000 km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.




2. Oli Gardan.

Seru juga ya pembahasan tentang oli ini, siapa yang udah tau perbedaan oli mesin dengan oli gardan? Untuk mempermudah memahaminya, oli mesin tuh berfungsi sebagai pelumas komponen mesin, sedangkan oli gardan berfungsi pelumas komponen bergerak seperti gear dan bearing. Oli gardan perlu diganti secara rutin agar gear tidak cepat aus dan jika dibiarkan akan cepat rusak dan mempengaruhi performa motor.

3. Busi.

Pasti semua tahu dong bentukannya busi seperti apa, atau ada yang belum tau? Itu tuh yang kecil mungil kayak ada ulir gitu. Busi juga salah satu komponen yang harus dapat perawatan rutin, karena memiliki fungsi mengubah tegangan listrik menjadi tegangan listrik.

4. Kampas rem.

Jangan abaikan fungsi kampas rem motor, karena merupakan salah satu komponen dalam sistem pengereman sepeda motor, nah loh perlu perawatan rutin nih karena menyangkut keselamatan.

5. Filter udara.

Karena berfungsi sebagai penyaring debu maupun kotoran pada udara bebas sebelum masuk ke mesin. Jika kotor dan tidak dibersihkan mengakibatkan penurunan akselerasi dan tenaga motor.

6. Aki atau Accu.

Aki menjadi salah satu komponen penting karena perangkat kelistrikan, jadi harus benar-benar dicek berkala ya untuk mengetahui performa aki, terutama umur aki sudah 2 tahun lebih, starter tidak berfungsi, dan lampu indikator aki berkedip-kedip, nah agar aki awet jangan lupa untuk melakukan perawatan secara rutin.

7. Ban.

Hal dasar yang harus dicek secara rutin karena berkaitan juga dengan keselamatan pengendara. Apalagi jika sedang berkendara jauh, musim hujan dan medan jalan yang tidak seperti biasanya. Untuk pemeriksaan ban, biasanya di cek tekanan udara, kondisi ban, jika perlu akan dilakukan penggantian.

8. Tune up motor.

Penggunaan motor setiap hari, tentunya akan ada perubahan performa, tune up bermanfaat agar kondisi mesin motor tetap terjaga dan awet, diharapkan performanya seperti motor baru.

Biasanya ketika service motor tune up dilakukan juga ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart bila diperlukan. Namun, ketika akan melakukan tune up, mekanik akan memberikan informasi terlebih dahulu, setelah mendapatkan persetujuan, akan melakukan perbaikan.

Memilih Bengkel Service Terbaik.

Penting banget untuk memilih bengkel service terbaik agar dapat jaminan motor yang diservice tarikannya lebih enteng dan performanya lebih baik dari sebelumnya. Sebagai pemula, sebelum menentukan akan service di bengkel mana, pasti menanyakan rekomendasi dari teman, dan aku juga akan mempertimbangkan lokasinya.

Sekarang ini makin banyak bengkel yang menawarkan banyak keunggulan, tapi jangan lupa untuk cek dan teliti tentang service yang dilakukan apa banyak menerima keluhan pelanggan dan bagaimana pelayanannya.

Planet Ban merupakan toko suku cadang otomotif roda dua dengan layanan utama servis rutin, dan lokasinya ada dimana-mana, bahkan dekat rumah juga.

Selain memberikan pelayanan yang prima, Planet Ban memberikan manfaat yang bisa kamu nikmati :

  1. Sudah tau dong jika ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000 km saja (antara 4-6 bulan sekali), kalau dihitung-hitung, biaya servis jadi hemat karena nggak sering ke bengkel.
  2. Lebih keren lagi, ternyata oli dan cairan khusus memiliki teknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Mesin jadi makin awet.
  3. Bayangkan nih jika dibarengi dengan penggunaan sparepart asli, maka performa motor akan semakin baik dan tarikannya lebih enteng.
  4. Dengan segala teknologi yang canggih itu, selain untuk performa motor yang lebih baik, kamu juga ikut memelihara dan menjaga lingkungan karena emisi dan polusi semakin berkurang. Makin keren kan, udah hemat, performa motor makin kece, juga ikut menjaga lingkungan.

Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Servis Motor di Planet Ban Daripada Tempat Lain.


Pernah nggak sih kamu kecewa dengan pelayanan ketika mau service motor? Seperti masih banyak kotoran, kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor, aduh nggak banget deh ya. Apalagi jika masih ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang mengakibatkan motor jadi terasa berat. Aduh males banget dong ya karena nggak sesuai dengan ekspektasi, apalagi nggak murah untuk biaya service.

Beda halnya jika melakukan service di Planet Ban, kamu akan mendapatkan pengalaman yang sesuai dengan ekspektasimu. Nggak perlu khawatir ketika kamu ingin melakukan service motor rutin di Planet Ban, seluruh bagian dibersihkan hingga seperti baru, tak terkecuali kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran.

Nggak hanya itu, ada lagi nih kelebihan jika kamu service di Planet Ban, setelahnya kamu akan merasakan jika tarikannya lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total. Seneng banget kan kalau motor kesayangan terasa seperti baru.

Pasti bakalan tanya nih, dengan service yang memuaskan, berapa sih biaya perawatan motor di Planet Ban? Harganya cukup terjangkau, dimulai dari service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Setelah membaca 8 bagian yang wajib dicek ketika service motor, semoga yang masih pemula, lambat laun makin mengenal motornya setiap bagian, dan berharap banget, setelah ini nggak ada drama lagi deh oli motor matic karena sekarang ilmu otomotifnya semakin bertambah. Kalau kamu, apa sudah service motor rutin?

15 komentar untuk "Untuk Kamu yang Pemula! Wajib Tau 8 Bagian Penting Dicek Ketika Servis Motor"

  1. Penting banget perawatan motor matic dengan servis rutin. motor matic ku saja sampai sekarang juga rutin masuk bengkel untuk ganti oli mumpung masih ada gratis servisnya hehe..

    Di daerah sini juga ada sepertinya bengkel planet ban. Murah banget ya biaya servis maticnya. Kapan² akun coba servis motor disana

    BalasHapus
  2. Aku lek ke bengkel bilangnya ganti oli. Gak tahu kalau ada oli mesin dan oli gardan. Aku selama ini beli ban di planet ban. Ternyata sekarang bisa servis motor juga di planet ban. Enak nih kebetulan dekat rumah.

    BalasHapus
  3. Hmm bener bener enggak hanya harus tahu pakai motor, pandai merawatnya pun harus tahu.
    Tidak boleh asal beli oli karena efeknya juga ke kendaraan.

    BalasHapus
  4. aku gak bisa naik motor dan tak punya pula... jadi agak gak mudeng nih mengenai motor matic. Tapi ya namanya sesuatu yang kita gunakan sehari-hari, pastinya membutuhkan perawatan ya. Agar lebih awet dan tentunya tidak ngadat di waktu2 yang kita perlu banget menggunakannya

    BalasHapus
  5. Ternyata oli buat sepeda motor tuh ada dua macam ya, oli mesin dan oli gardan. Kirain sama aja, satu oli untuk satu motor.

    Wah planet ban sekarang melayani servis sepeda motor juga, karena ada kata ban, jadi selama ini tahunya ya tempat jual ban sepeda motor aja

    BalasHapus
  6. Aku tipe yang rewel soal perawatan kendaraan apalagi matic. Karena memang harus lebih extra dibanding yang non matic kan.
    Motor gitu harus rutin pula diservice sesuai catatan dari bengkel.
    Soalnya memang beda sih rasanya bawa motor yang rutin dirawat sama nggak tuh.

    BalasHapus
  7. Nah ini nih, kadang aku tuh motor cuma pengen makenya doang tapi kalo masalah service suka menyerahkan ama suami aja hahaha, kayaknya mulai sekarang harus lebih merhatiin deh supaya motor lebih awet yaah, kebeneran deket komplek rumah ada planet ban nih, nanti mau cobain ah

    BalasHapus
  8. Nyari service motor yang bisa bikin mesin rasa baru tuh ga mudah ya. Planet Ban berani bikin tagline mesin rasa baru berarti benar-benar mengunggulkan service ini ya. Emang enak kalau mesinnya bersih, jadi ke onderdil lain pun jadi bersih dan tarikannya makin enak.

    BalasHapus
  9. Cewek2 nih pada bisa make tapi jarang servis. Sekarang karena ada kemudahan servis di Planet Ban jadi harus lebih rajin servis. Apalagi mulai dari oil mesin, kampas rem, ban, aki, harus dirawat ngga cuma dipake yha kaann.

    BalasHapus
  10. Tadi aku servis motor di planet ban, mba. Kebetulan dekat dengan rumah. Tadi ada bbrapa yang harus diganti jadi ya udah aku sekalian ganti aja :)

    BalasHapus
  11. Perlu banget ini mencari informasi cara merawat dan service motor Apalagi aku ini kalau lagi ditinggal suami dinas ke luar kota mau servis motor itu bingung sendiri

    BalasHapus
  12. Penting banget nih baca ininuntuk para pemotor pemula yang baru punya motor. Setidaknya msti ngerti sedikit sedikit tentang motor dan cara servisnya lah yaaa

    BalasHapus
  13. sebenarnya urusan servis motor ini bagian suami tapi dia suka nanya ke aku, pertimbangan untuk ganti ini itu. Sparepart kami pilih yang asli juga supaya awet karena motor terpakai hampir tiap hari.
    Planet ban ada nih di dekat sini. Bisa jadi rekomendasi tempat servis motor selanjutnya.

    BalasHapus
  14. Saya ngeh-nya sih pokoknya oli rutin diganti dan kampas aman aja biar kalo ngerem tetap cakram. Saya tipe yg masih suka ngelamun jd butuh bener2 rem yg ok pas di jalan. Tapi sejak tau bengkel favorit jadi bisa servis rutin dan kondisi motor tetap ok

    BalasHapus
  15. Service rutin dan ganti oli tuh penting banget. Aku pernah telat ganti oli sampai habis, motor maticku akhirnya rusak. Huhuhu.
    Sekarang, jangan sampai telat ganti oli dan service deh. Dan aku biasanya kalau ganti oli juga ke Planet Ban.

    BalasHapus