Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Itinerary Bromo Lihat Sunrise di Bukit Cinta

sunrise di bromo

Untuk kamu yang ingin jalan-jalan di dalam negeri khususnya Jawa timur, Bromo masih menjadi pilihan favorite. Kali ini ingin ngobrolin itinerary ke Bromo, yaaa meskipun pakai tour tapi tetep penguin ngobrolin itinerary sekaligus curhat tipis-tipis.

Kesan pertama adalah ini liburan serba pertama kali, pertama kali pergi dengan teman-teman baru, pertama kali naik jeep, pertama kali ke sekitaran Bromo, pertama kali menikmati suhu dingin, pertama kali merasakan pengalaman yang tak terlupakan, bersemangat banget dengan hal-hal baru!!!

Sebenarnya kalau ikutan tour and travel nggak perlu bingung beli tiket masuk, tujuan, makanan dan beli oleh-oleh. Terpenting sering tanya aja deh teman-temanmu yang udah pernah ke sana, pilih travel yang mana, sesuaikan dengan tujuan dan juga budget.

Titik kumpul.

Karena tujuannya mengejar sunrise, jadinya berangkat malam, pukul jam sepuluh lebih gitu lah, sempat delay karena ganti kendaraan yang lebih lega. Kalau travel biasanya udah dirundingin deh ya dimana titik kumpulnya, karena aku nyempil di rombongan temanku, jadi yaaa kumpulnya di salah satu perusahaan cat yang lokasinya di Sidoarjo.

Pengalaman pertama sih, nggak ada yang aku kenal pulak, agak deg-degan gitu, tapi udah sampai di lokasi, ya udah lah pede aja, tapi agak grogi dikit. Sebelum berangkat, ngobrolin dulu tentang rute dan hal-hal lainnya, dan tidak lupa untuk berdoa.

Seperti kebiasaan sebelumnya, kalau perjalanan malam tuh maunya sih tidur dalam perjalanan tapi pikiran tuh udah excited, akhirnya tidur tipis-tipis dan sesekali bangun lihat jalan.

Pertama kali naik Jeep.

Seriusan, ini wajib aku tulis karena wow banget, setelah sampai ditujuan pertama karena akan ganti jeep. Nggak ada prasangka yang gimana gitu, slow aja, meskipun dapat cerita dari berbagai teman yang kebanyakan bilang kalau naik jeep ke bromo tuh bikin mual, tapi aku nggak ada prasangka yang gimana gitu, pokoknya bersemangat mau jalan-jalan lihat sunrise.

Astagaaaaa ternyata aku menjadi orang yang bakalan bilang, ASTAGAAAA PUSING BANGET NIH KEPALA, wkwkwkkkk… entah karena aroma solar, atau karena jalanan yang berkelok atau mungkin perpadauan keduanya, entahlah.. Salut lah kalau kalian nggak pusing atau mual.

Di jeep ijo yang aku tumpangi ada 2 cowok, 2 cewek, dan 1 anak kecil (cewek), temenku bawa satu keluarga, aku dan pak heri (temannya temenku) dan yang cewek-ceweknya tuh pada tepar, wkwkwk.. Keren cowok-cowok pada tangguh.

Seriusan deh aku tuh udah mengalihkan pikiranku ke yang lain biar nggak pusing, mau tidur tapi kok jalannya berkelok, mau ngobrol tapi kok aku gak kuat sama bauk solar. Untungnya istirahat sebentar karena mau pipis.

Kemudian lanjut lagi, dan kembali pusing, wkwkwk…

Cuma pusing aja, nggak bikin mual atau mabok, mau coba tidur tuh nggak bisa, mau menikmati pemandangan juga nggak bisa karena udah malam banget nggak keliatan kanan kiri tuh apa.

Kurang lebih perjalanan 1 jam lebih deh, untuk menuju ke penanjakan, selanjutnya jalan kaki.

Melihat Sunrise di Bukit Cinta  

Setelah jeep di parkir, kita serombongan jalan kaki, sebelum di bukit cinta untuk lihat sunrise, mampir dulu di warung untuk nongkrong cantik karena masih ada waktu sebelum lihat sunrise. Banyak pilihan warung yang bisa dipilih dan rata-rata juga pada rame pengunjung, harga minuman maupun makanan masih ramah di kantong, Sekitar 7ribuan ke atas.

Sebelum berangkat untuk naik ke bukit, lebih baik istirahat dulu deh, isi perut jangan sampai kosong karena cuacanya dingin banget, suhu di penanjakan udah dingin banget, pokoknya sebelum ke bukit persiapan fisik maupun perbekalan harus siap, karena cukup melelahkan juga menuju ke bukit. Setelah makan, ya bisalah buang hajat, pipis gitu, toiletnya lumayan bersih dan airnya melimpah, tarif untuk buang air kecil 5 ribu saja.

bukit cinta
saat sudah pagi

Setelah melepas penat, lanjut jalan untuk ke bukit dan di lokasi udah lumayan ramai meskipun jalan masih gelap, persiapkan senter atau bisa pakai flashlight di hape, menuju bukit harus menanjakn tangga yang nggak tau deh jumlah anak tangganya berapa, huhuhuhu cukup melelahkan untuk pemula, dingin banget pulak, karena banyak pengunjung yang naik tangga, lumayan lah ya ada temannya.

Sebenarnya sebelum naik tangga, ada yang nawarin jasa untuk mengantarkan untuk lihat sunrise tapi aku kurang tahu lewat jalur mana. Bisa dicoba nih, alternatif kalau nggak mau capek naik tangga, hihihihi..

Hati-hati naik tangga karena ada tangga yang gupil atau nggak rata, tangganya kayak dari batu bata dan semen gitu, kurang jelas sih lihatnya karena masih gelap dan cukup ramai, kanan kiri ada pegangannya, cukup aman lah ya. Di atas bukit banyak yang menyewakan jaket tebal dan tikar, harga mulai dari 50ribuan aja.

naik tangga di bukit cinta
turun tangga yang masih berkabut


Sayang sekali, cuaca ketika di atas bukit malah mendung, jadi nggak keliatan sunrisenya, masih ketutup awan, kadang muncul tapi kadang ketutup awan yang tebal.

Meskipun begitu, masih jadi pengalaman yang menarik karena di atas bukit tuh malah aku pisah sama rombongan, tiba-tiba pisah aja, sampingku malah orang lain, tapi seru karena ngobrolnya random banget.

Setelah puas lihat sunrise, ingin cari rombongan, malah ketemu mas-mas Jepang yang kiyut, mas-mas luar negeri lainnya yang kereeen, tapi tetep aja foto barengnya sama mas-mas darjo, wkwkwkwk..


Savana, Bukit Teletubbies

Ketika balik ke jeep dan mau lanjut ke destinasi selanjutnya, ternyata macet bangeeet, nggak bisa jalan tuh jeepnya, akhirnya pada keluar semua di jalan daaan poto-poto, meskipun matahari udah terbit tapi masih ada kabut tipisnya.

Sebernarnya ada 3 lokasi yang dituju tapi yang terakhir lupa namanya, pokoknya lokasinya banyak orang yang jualan. (oiyaaa... bukit teletubbies)

Hampir mirip-mirip sih lokasi yang dituju karena memang perbukitan, cakep banget pemandangannya. Cuaca di sana juga sejuk. Banyak pengunjung lain yang memanfaatkan liburan untuk bikin konten, foto bareng ataupun prewedding, cakep banget langitnya, bener-bener cerah.

Nggak bisa cerita banyak di sini karena takjub banget sama pemandangannya, dan cocok untuk liburan yang berkesan.

bukit teletubbies Bromo

savana

savana

sewa jeep di bromo

di bromo

Apa aja sih persiapan sebelum ke Bromo?

Lebih baik cari sebanyak-banyaknya saran dari temanmu yang udah pernah ke Bromo, dan pilah yang mana cocok untuk kondisi tubuh dan keuangan, nggak perlu maksa untuk beli jaket baru, bisa pinjam teman, hihihi..

Bawa barang secukupnya, tapi kalau emang pengin hemat budget banget, nggak mau nyewa jaket, bisa pakai pakaian berlapis-lapis, dan bawa jaket yang tebal banget.

Kalau kamu tahan dingin, ya pakai baju secukupnya aja, karena emang dinginnya beberapa jam saja (tapi dingin banget).

Jangan lupa bawa obat-obatan pribadi dan cemilan, meskipun saat nyewa travel udah termasuk makan 2 kali, nggak ada salahnya bawa cemilan, siapa tahu ketika jalan di penanjakan atau nunggu kemacetan bisa ngemil daripada masuk angin.

Bawa uang kecil kalau mau buang air kecil atau mau mandi, beli jajan di warung.

Bromo masih ramah kok untuk pemula, karena banyak cara menuju ke sana dan menikmati destinasi wisata sekitarnya. Ada jeep, ngojek, naik kuda dan sebagainya. Kalau lagi di perhentian usahakan untuk buang air kecil, meskipun di beberapa pos menuju tempat tujuan ada ponten, lebih baik buang air kecil di lokasi yang proper, wkwkkwkk...

Total biaya kurang lebih 375ribu untuk sewa mobilnya yang nyaman (kalau gak salah hiace tapi kurang tau tipe apa) meskipun orang 20an tapi nggak terasa sesak, sewa jeep, tiket masuk, tour leader, sopir, bensin, makan 2x. Nggak termasuk untuk pengeluaran pribadi yaa.

Ada juga nih rekomendasi liburan di Surbaya dan sekitarnya :



Posting Komentar untuk "Itinerary Bromo Lihat Sunrise di Bukit Cinta"