Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Rekomendasi Kuliner Surabaya Yang Terkenal

ice cream zangrandi surabaya


Liburan ke Surabaya harus menyempatkan diri untuk menikmati banyaknya wisata dan kulinernya, terutama makanan yang populer di Surabaya. Nah, apa saja sih yang wajib kamu cicipi, nggak hanya yang legendaris tapi juga viral dan wajib kamu coba, setidaknya sekali dalam seumur hidupmu.

Zangrandi Ice Cream

Zangrandi Ice Cream menjadi salah satu kuliner yang wajib kamu datangi karena ini termasuk kuliner surabaya legendaris. Menjadi istimewa karena tempat ini sudah turun temurun dan resepnya tidak berubah, ice cream ini kiblatnya Italia dengan krim yang lumayan padat dengan tambahan topping yang bervariasi.

Harga mulai dari 30 ribuan dengan jenis ice cream scoop, kalau mau yang bervariasi jenis ice cream maupun topping, bisa kamu nikmati dengan harga sekitar 50 ribuan, nggak hanya menyuguhkan es krim yang otentik melainkan juga suasana yang terkesan jadoel.

Lokasinya di jalan Embong kaliasin ini sering juga didatangi orang-orang berpengaruh, siapa tahu di sana kamu bisa ketemu artis ataupun pejabat. Buka mulai jam 10 pagi hingga 10 malam, saran aja nih kalau mau ke sini saat malam hari karena bisa melihat jalan surabaya yang dihiasi lampu cantik. Selain menyajikan es krim, juga menyajikan aneka minuman, makanan ringan, dan kamu bisa juga membeli es krim dalam bentuk pack yang bisa dibawa pulang. Cobain deh menu Tutti frutti, disajikan dalam bentuk potongan dan ada pilihan rasa, sederhana tapi yang bikin istimewa rasa susu yang kental dan aneka buah namun tetap ringan ketika di mulut. Tapi aku lebih suka yang ice cream dengan berbagai topping seperti coklat dan taburan kacang.

Rawon Pak Pangat.

Di Surabaya banyak sekali yang jual rawon, tergantung selera aja. Namun, aku saranin coba rawon pak pangat, salah satu kuliner khas dan selalu ramai pengunjung. Ada beberapa cabang yang bisa kamu tuju, namun pusatnya ada di daerah Wonokromo.

rawon pak pangat surabaya



Tipe kuah rawon yang kental dan gurih, ada berbagai menu yang bisa kamu coba, seperti nasi rawon suwir, nasi rawon krengsengan, nasi rawon campur, nasi rawon iga dan masih banyak lagi. Tips nih, kalau kamu baru pertama kali, coba aja yang nasi rawon suwir karena itu menu yang basic, kalau aku pribadi lebih suka yang nasi rawon krengsengan karena kalau ditambah krengsengan makin legit dan nikmat.

Harga seporsi sekitar 35 ribuan, kamu sudah bisa dapat nasi, empal suwir yang lumayan banyak dan kuah rawon.

Bebek Sinjay

Cukup mudah untuk menemukan rumah makan Bebek Sinjay karena cabangnya sudah dimana-mana, bahkan bisa dibeli lewat pengiriman online. Kalau ingin makan di tempat, kamu bisa berkunjung di Bebek Sinjay Jalan Tidar, namun harap sabar ya karena pengunjungnya selalu ramai.

bebek sinjay surabaya



Bebek yang digoreng kering dengan berbagai pilihan sambal, jangan lupa nambah nasi karena tekstur daging bebek yang empuk dan kulitnya yang krispi, seporsi nasi nggak akan cukup, pasti nambah. Aku lebih suka sambal pencit, biasanya klop kalau dipadu dengan ikan, ternyata cocok juga kalau disanding dengan bebek, ada juga bumbu dan sambal yang khas. Cukup rogoh uang sekitar 25ribu saja, bisa makan dengan lahap.

Bakmi Saudagar.

Memang ya kuliner Surabaya tuh dominan asin dan pedas, kalau masih belum terpuaskan dengan pilihan di atas, kamu bisa cobain Bakmi Saudagar yang memang kuliner populer di Surabaya.

Bakmi dengan jenis mi yang pipih dan keriting, dan kuah yang pas di lidah. Pilihan menunya juga lumayan lengkap, bakmi polos, bakmi ayam, bakmi pangsit, bakmi bakso, bakmi komplit regular dan masih banyak lagi, saran sih beli bakmi komplit aja karena bikin kenyang. Selain baki, ada juga menu wonton yang wajib kamu coba. Pelengkap seperti timun, chili oil disajikan secara terpisah.

bakmi saudagar



Harga mulai dari 18 ribuan sudah bisa makan bakmi yang terkenal di Surabaya ini, namun kalau mau makan di sana harus sabar dengan suasana yang panas dan pengunjung yang ramai, kalau nggak sabar bisa take away aja.

Bebek Donal.

Pecinta bebek kalau ke Surabaya tuh berasa dimanjakan, karena selain Bebek Sinjay, masih banyak kuliner bebek di Surabaya yang bisa kamu coba, dan memang ada khasnya tersendiri.

Bebek Donal ada di Kedungdoro, tipe warung pinggir jalan, jadinya mending take away aja daripada nunggu antrian dan bukanya malam, jadi kalau memang lapar banget, jangan makan di tempat ya.

bebek donal surabaya



Hampir semua yang jualan bebek tuh beda tipis rasanya, bebek yang diungkep dengan bumbu kuning yang gurih hingga meresap sampai dagingnya, empuk di dalam garing di luar, dan nggak ketinggalan bumbu hitamnya yang khas. Dengan harga sekitar 26 ribu saja bisa makan nasi, bebek, sambal, bumbu hitam,dan serundeng.


Rujak cingur Achmad Jais

Rujan cingur termasuk makanan yang mudah kalian temukan di Surabaya, kaki lima hingga resto bisa kamu coba, matengan atau campur sesuai seleramu, tapi yang membedakan setiap rumah makan yang jual rujak cingur adalah petisnya, biasanya pakai petis asli madura yang  sehingga rasanya tuh otentik, gurih, asin, sedikit manis namun cukup kuat aroma ikan, kadang ada yang dicampur dengan yang di mix petis madura dengan petis udang, atau ada racikan tersendiri disesuaikan resep turun temurun dari keluarga.

rujak cingur achmad jais



Rujak cingur Achmad Jais wajib dicoba karena cingurnya tuh beneran cingur sapi dan memang harganya lumayan mahal, nah biasanya untuk menekan harga, ada yang mengganti cingur dengan krecek, atau pakai cingur tapi dipotong kecil-kecil dan mix dengan krecek. Nah kalau rujak cngur Achmad Jais beneran cingur dan mantap dengan potongan cingurnya, nah ini yang bikin harganya sedikit mahal tapi wort it sih karena bumbunya juga mantap. 

Ayam Kremes Suroboyo

Ayam kremes Suroboyo lokasinya ada di Jalan Gubeng Kertajaya, tempatnya cukup luas dan nyaman untuk makan di tempat. Menu andalannya ada ayam kremes, bebek kremes, dan soto ayam. Harga mulai dari 14 ribuan.

ayam kremes suroboyo



Ayam goreng yang digoreng garing, namun bumbunya meresap ke dalam dagingnya, dan nggak lupa dicocol dengan aneka sambal dan bumbu hitam. Kalau ingin coba sotonya juga boleh, ini karakter sotonya tuh soto Lamongan dengan ada koya. Kamu bisa menikmati di tempat atau takeaway.

Nah, itu 7 Rekomendasi Kuliner Surabaya Yang Terkenal dan wajib kamu coba, bisa lah ya dalam sehari menikmati 7 macam kuliner yang bisa kamu nikmati. Jangan lupa setelah jalan-jalan ke Surabaya dan menikmati aneka kuliner, kamu juga bisa membeli oleh-oleh khas Surabaya yang tahan lama dan enak

Kalau kamu, sudah pernah incip yang mana nih? Atau ada rekomendasi kuliner Surabaya yang lain? Beritahu aku di kolom komentar yaaa...



Posting Komentar untuk "7 Rekomendasi Kuliner Surabaya Yang Terkenal"