Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata museum surabaya untuk ide kencan bersama pasangan

galeri seni surabaya

Meskipun Surabaya terkenal akan mall yang keren dan banyak wisata taman kota yang patut dikunjungi, namun ada ide lain nih bagi kamu yang bingung mau kemana dengan pasangan. Jelajah museum bisa menjadi pilihan.

Sebenarnya ada banyak museum yang bisa kamu jelajahi, tapi aku masih eksplor beberapa saja, dan semuanya bagus untuk dikunjungi, harga tiket masuknya juga murah. Museum ini bisa dijelajahi tanpa harus ada guide, tentunya akan semakin berkesan jika ada pemandu karena banyak cerita dan pengalaman yang akan didapatkan. Biasanya sih ada komunitas yang mengadakan tour keliling tempat bersejarah di Surabaya yang menyediakan guide. Ikutan aja deh, biar nambah pengalaman.

Berikut ide museum date, tapi kalau mau ke sini sendirian, tetep seru kok!

Museum pendidikan

Museum pendidikan Surabaya menjadi salah satu museum yang wajib dikunjungi dan cocok untuk ide ngedate dengan pasangan, tempatnya tidak terlalu besar namun nyaman dikunjungi karena ruangannya ditata dengan apik, terlihat lebih aesthetic dengan warna dominan warna putih.

Museum yang nggak hanya cantik untuk difoto-foto namun juga menambah pengetahuan akan perkembangan pendidikan dari masa ke masa. Ada salah satu spot yang mengingatkan pada masa kecil, hayooo siapa nih yang dulunya diajari membaca dengan kalimat, “Ini Budi”, “Ini Ibu Budi”, nah kalian akan tahu siapa dibalik ajaran beliau.

museum pendidikan surabaya


Kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini, seperti memaknai arti pendidikan, nambah ilmu tentang sejarah pendidikan di Indonesia, mengenang masa lalu karena sistem pendidikan di Indonesia dari tahun ke tahun pasti ada perubahan, santai sejenak, diskusi buku dengan teman di taman, foto-foto cantik.

Di museum pendidikan juga disediakan ruangan untuk kamu bersantai, sekedar membaca buku atau duduk santai. Meskipun ke sini sendirian, nggak bikin bosan sih, cukup santai untuk me time. Lokasi museum pendidikan ada di Jalan Genteng Kali No.10, Surabaya. Cukup rogoh duit 5000 saja untuk tiket masuk. Buka dari hari selasa hingga minggu, buka dari pukul 08.00-21.00 WIB.

Museum 10 Nopember.

Lokasinya berada di kawasan monumen Tugu Pahlawan Surabaya. Buka hari selasa hingga minggu, mulai pukul 08.00-15.00 WIB, tiket masuknya hanya 8000 saja, museum yang bikin kamu lebih mengenal perjuangan para pahlawan, kamu bisa melihat patung yang ekspresinya heroik, diorama, film pendek dan masih banyak lagi.

museum 10 nopember



Meskipun nggak ada "sensasi" romantisnya, tapi bisa loh museum ini dijadikan bahan diskusi dengan pasangan, tentang makna kemerdekaan, kesan setelah melihat semua bukti perjuangan pahlawan dan bisa juga jadi bahan obrolan lain, atau dari museum 10 Nopember langsung pengin wisata sejarah di Surabaya, ide bagus tuh!

Di setiap koleksi yang diperlihatkan ada penjelasannya, namun akan lebih bermakna jika ada guide, mungkin kalau rombongan ada paket tour yang sekaligus guide, kalau datang sendiri, cukup dinikmati saja koleksi museum 10 Nopember ini yang lumayan lengkap, beberapa kali juga sempat melihat ada event yang digelar, di museumnya maupun di kawasan Tugu Pahlawan.

Alun-alun Surabaya (Pameran seni)

Ini masih terbilang baru dan jadi salah satu favorite warga Surabaya untuk jalan-jalan santai, populer juga di kalangan anak muda, karena lokasinya masih satu kawasan alun-alun Surabaya, di bawahnya alun-alun. Kamu bisa menikmati pameran seni, atau bisa juga disebut Exhibition.

Sayangnya nih, beberapa kali ke sana kurang beruntung karena tutup sedang ada maintenance, nanti deh kalau punya waktu luang mau ke sana, lumayan loh selain jalan-jalan di lokasi wisata alam di Jawa timur, luangkan waktu juga menikmati keindahan Surabaya melalui seni.

alun alun surabaya


Informasi dari teman-teman sih, buka setiap hari untuk alun-alun maupun galerinya, meskipun di luar terasa terik, tapi kalau di galeri cukup nyaman dan sejuk. Biasanya sih kalau sore dan malam banyak pengunjungnya, tapi memang pemandangan malam hari indah dan cakep banget kalau untuk dinikmati beserta pasangan. Tapi, kalau kamu tipe orang yang nggak terlalu suka sama keributan, kamu bisa pilih waktu di pagi hingga siang hari.


Teh Villa Gallery.

Galeri seni ini dikelola oleh Teh Villa yang merupakan produsen, distributor, pabrik, grosie teh hitam kualitas ekspor. Teh Villa Gallery cukup aktif menyelenggarakan pameran terutama seni lukis, hampir setiap bulan memiliki tema tertentu.

Meskipun bukan termasuk salah satu museum, tapi ini tuh galeri seni yang aesthetic, karena memadukan koleksi teh dari Teh Villa dengan seni, nyaman deh ke sini.

Selain itu, juga ada agenda rutin seperti memamerkan seni lukis dari seniman lokal, workshop melukis di kanvas yang bisa diikuti oleh siapapun, penjualan hasil karya dari seniman lokal yang sebagian hasil penjualannya akan didonasikan ke sesama yang membutuhkan,

pameran seni surabaya


Gallery yang berlokasi di Jalan Raya rungkut industri II No.53, Rungkut, Surabaya. Buka pada hari kamis hingga minggu, jam kunjung dibagi menjadi 2 sesi, sesi 1 dimulai pada pukul 09.30-11.30 WIB, sedangkan sesi 2 dimulai pada pukul 13.00-15.00 WIB, kalau mau ke sini jangan lupa untuk reservasi terlebih dahulu, formulir bisa dicek di akun official di IG @tehvillagallery dan tiket masuk hanya 25.000

Kalau di luar nampak seperti pabrik teh, ternyata galeri jadi satu dengan pabriknya, di dalamnya kamu bisa lihat proses produksi (tidak seluruh), selain menikmati pameran lukisan, kamu juga bisa mengenal produk Teh Villa dan aroma tehnya bikin nagih, tempat yang nyaman dan sejuk karena dinginnya AC, bisa juga foto-foto cantik di sini. Worth it berkunjung ke sini.

Tips aja nih, meskipun bisa dikunjungi oleh siapapun, tapi kalau di museum dijaga sikapnya ya, meskipun biasanya koleksi di museum tuh (seringnya) replika, tapi jangan asal sentuh benda yang dipamerkan, dan jangan terlalu berisik, bisa mengganggu kenyamanan orang lain. Semuanya ada aturannya sih, biasanya ada penjaga yang kasih tau ada ada pengumuman tertulis, jangan lupa untuk jaga kebersihan ya!

Posting Komentar untuk "Wisata museum surabaya untuk ide kencan bersama pasangan"