Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lembah Pendawa, Wisata Baru Bernuansa Bali di Pandaan, Jawa Timur

lembah pendawa pandaan


Wisata Lembah Pendawa yang berlokasi di Pandaan, Jawa timur merupakan wisata terbaru yang sudah bisa dinikmati oleh pengunjung. Berangkat dari Sidoarjo, kurang lebih 1 jam, 30 menit, tergantung macet atau nggak, lokasinya mudah untuk dijangkau, bahkan ketika liburan ke sana, sudah ada bis wisatawan yang terparkir di sana.

Meskipun lokasi wisatanya termasuk baru, tapi mudah kok ancer-ancerannya. Kalau kamu lokasi Makoya, nah kamu udah hampir sampai, lokasinya dekat dari Makoya, luruuus dikit aja. Beberapa meter sebelum sampai ke lokasi juga sudah ada petunjuk jalan untuk sampai ke Lembab Pendawa.

wisata di jawa timur
sebelum ke lokasi utama, bakalan lihat pemandangan lembah yang cakep banget



Di Lembah Pendawa ada apa saja?

Meskipun masih dalam tahap pengembangan karena melihat beberapa pekerja yang lalu lalang dan lokasi Lembah Pendawa luas banget, tapi sudah bisa dinikmati oleh pengunjung, ketika ke sana juga sudah banyak pengunjung di dalam sana.

harga tiket masuk di lembah pendawa
lembah pendawa dilihat dari atas


Harga tiket masuk 15ribu perorang, di sana terdapat fasilitas playgorund, kolam renang, kolam terapi ikan, aneka perahu yang lucu, kafe, dan banyak spot foto yang bernuansa bali seperti pura. Ke sana masih jadi wisata baru, mungkin beberapa bulan lagi semakin banyak wahana permainan yang bisa kamu coba.

kolam renang anak di pandaan


wahana air di pandaan



Kolam renang dan wahana permainan.

Kolam renang jadi primadona wisata Lembah Pendawa karena cukup luas dan ada 2 lokasi, ada di lokasi lembah dan satunya ada di lokasi dekat loket tiket. Kolam renangnya cukup bersih dan jadi tujuan utama anak-anak bermain main.

kolam ikan terapi di pandaan


permainan air di wisata pasuruan



Orang dewasa atau para orang tua bisa menikmati kolam renang juga, menikmati kolam terapi ikan atau bersantai di sekitaran kafe, atau ingin menikmati pemandangan sekitar bisa naik perahu yang muat untuk 2 orang atau perahu yang bisa muat lebih banyak orang. Ketika di sana juga ada sewa untuk naik andong, harganya cukup 20 ribu saja, entah ya kenapa masih sepi, mungkin masih baru aja persewaan ini.

menu kafe di lembah pendawa pandaan



Menu kafe Lembah Pendawa.

Menu kafe lebih didominasi menu aneka nasi dan aneka minuma, ada beberapa cemilan tapi nggak begitu banyak, kalau mau ngemil, bisa beli di stand yang jaraknya dekat juga dengan kolam renang, atau beli gorengan yang ada di depan loket. Sepertinya di sini juga boleh bawa dari luar, tapi kalau ada peraturan baru, tetap patuhi aturan ya, dan jaga kebersihan, banyak tempat sampah yang tersedia.

Harga makanan di cafe, standar lah, mulai dari 15ribuan, minum mulai dari 6ribuan, kalau beli di sekitar loket, air minum sekitar 5ribu, harganya nggak terlalu mahal lah untuk ukuran tempat wisata.

wisata baru di pandaan



Spot foto.

Banyak spot foto di sini, karena pemandangan alamnya bagus banget, tapi kalau mau foto yang nuansa bali seperti di pura atau naik tangga, harus sabar ya, karena antri juga. Foto di kolam renang juga bagus loh, kolamnya bersih, di pinggir kolam juga ada properti sepeda yang bisa dijadikan spot foto.

wisata nuansa bali di pandaan



Kesan pertama di Lembah Pendawa, sejuuuk... tempat menarik di pandaan dan cocok untuk wisata keluarga. Hanya saja ketika naik tangga dan ingin foto dari atas, agak kurang aestetik ya karena terhalang asbes yang menutupi kolan dan jalan setapak, mungkin kemudian hari, bisa dipercantik lagi agar lebih selaras dengan properti payung ala Bali yang warna-warni biar kalau mau foto tuh makin cantik. Untuk ukuran wisata terbaru di Pandaan, masih rapi, bagus dan cocok untuk bersantai.

spot foto di wisata pandaan

Jika nanti makin banyak wahana, banyak pengunjung, lebih baik untuk stand makanan lebih diatur lagi, ada lokasi yang terpusat untuk stand kecil, biar nggak terlalu riuh gitu antara pengunjung dan penjual makanan.

Nggak sabar deh dengan perubahannya, karena ketika di atas pura, masih banyak tanah kosong yang luas, dan sedang dibangung beberapa batu untuk pondasi dan pohon-pohon baru yang ditanam.

wisata hits di pandaan



Lokasi Lembah Pendawa :

Jl. Sedap Malam No 99 Kec. Pandaan Jatim. (Dekat dengan Makoya).

Buka pukul 07.00-17.00 (buka setiap hari)
Harga tiket masuk : 15ribu



Rekomendasi lain untuk wisata di Jawa timur :




Posting Komentar untuk "Lembah Pendawa, Wisata Baru Bernuansa Bali di Pandaan, Jawa Timur"