Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips liburan bareng bestie tetap asyik meski beda pendapat.

perjalanan darat ke solo



Sudah lama nggak liburan bareng bestie, akhirnya kesampaian juga di bulan Februari ini jalan-jalan ke Solo. meskipun bisa jalan sendirian, lebih baik perginya bareng teman deh, karena lebih seru aja dan saling mengingatkan akan persiapan hingga keamanan dalam perjalanan.

Agar perjalanan berjalan lancar dan dapat menikmati setiap waktunya, ini nih tips yang bisa kamu dan sahabatmu lakukan untuk pergi bareng, yang terpenting memiliki waktu kebersamaan yang tidak akan pernah terlupakan :

  • Membuat rencana dari jauh-jauh hari : Sebelum merencanakan destinasi yang ingin dikunjungi, lebih baik menentukan kapan liburannya dan berapa lama, karena akan menentukan biaya yang akan dikeluarkan. Misalnya liburan di tanggal merah, tentu biaya akan bertambah seperti kamar hotel, macet dan sebagainya. Setelah itu, mulai mencari pilihan akomodasi, hotel dan sebagainya. Rencana liburan ke Solo (Februari 2024) sudah ada pada bulan November atau Desember 2023, karena memang bertepatan dengan pemilu, jadi harus antisipasi hal-hal yang tidak terduga. Jadi, pilih tanggal 17-19 Februari 2024, setelah pemilu dan sebelum puasa Ramadan. Cucok lah.
  • Mau kemana aja : Menentukan destinasi wisata yang ingin dikunjungi memang lebih seru karena banyak banget referensi dari media sosial, disesuaikan saja berapa hari ingin liburan. Ingat ya, gak semua destinasi wisata bisa kamu jelajahi, terpenting bikin tujuan utamanya kemana saja, kemudian kalau masih ada waktu luang, jelajahi wisata lainnya.
  • Sesuaikan tujuan dengan teman seperjalanan : Penting nih mengenal karakter teman yang ingin jalan bareng, ada yang suka wisata sejarah, ada yang suka wisata alam. Nah, kalau kamu punya tujuan yang berbeda, bisa lakukan bergantian, hari pertama di wisata yang jadi wishlist temanmu kemudian berikutnya pergi ke wishlist yang sudah kamu siapkan.
  • Persiapkan budget yang cukup : Cukup ini bukan berarti pas-pasan ya, tapi juga cukup jika ada kejadian yang tak terduga, misalnya harga tiket masuk tempat wisata yang naik, belanja oleh-oleh ternyata melebihi alokasi dana. Usahakan dengan teman nggak ada permasalahan dengan uang ya, karena aduuuh susah deh. Kalau memang sistemnya “ditalangin” dulu karena nggak ada uang kecil, cepat-cepat kembalikan daripada lupa dan bikin nggak enak kalau nagih.
  • Saling mengingatkan : Mulai dari sebelum perjalanan hingga pulang menuju rumah, jangan lupa untuk terus-menerus saling mengingatkan, dokumen untuk check in hotel, uang receh untuk parkir, bawa payung, dan hal-hal kecil namun merupakan bentuk perhatian kepada bestie.
Namun, tidak menutup kemungkinan jika dalam menentukan rencana atau bahkan ketika pergi liburan, terdapat perbedaan pendapat, wajar sih karena beda orang tentu beda jalan pikiran. Jika ada perbedaan pendapat, bagaimana mengatasinya?

perjalanan ke solo dengan kereta

  • Fokus pada solusi bukan masalah : Perbedaan pendapat merupakan hal yang wajar meskipun bestie, lama mengenal, karena beda kepala beda pikiran, hal yang wajar. Tapi, jangan sampai berlarut-larut sehingga lupa mencari solusi.
  • Berpengaruh ke jadwal liburan atau nggak. Kadang nih, sudah menentukan jadwal liburan, rencana mau kemana sudah tersusun rapi, tapi ada aja halangannya. Misalnya cuaca yang nggak mendukung, tiba-tiba ada perut mules atau kondisi tubuh kurang fit. Jika berbeda pendapat tiba-tiba muncul karena di luar prediksi, kembali lagi dengan tujuan liburan yang sudah disusun, cari mana solusi yang paling efisien dan harus sama-sama menyepakati keputusan yang telah dibuat.
  • Jika sudah memiliki solusi, harus legowo, jangan diungkit-ungkit permasalahan yang muncul, berarti nggak ikhlas dong dengan solusi yang dipilih. Memang nggak semuanya berjalan sesuai dengan kemauan kita, berbesar hati untuk demi kebaikan sesama. Jika pendapatmu dirasa lebih menarik, kemukakan alasannya, namun jangan memaksa agar pendapatmu diterima, karena setiap orang memiliki pemikiran dan sudut pandang yang berbeda. Kita tidak mencari siapa yang benar atau siapa yang salah, namun mencari solusi agar yang direncanakan lebih lancar.
  • Fokus akan kesamaan : Salah satu ide yang bisa kamu nikmati bersama besti, luangkan waktu untuk melakukan hobi yang sama, misalnya ingin wisata kuliner yang sudah direncanakan, bikin konten tiktok berdua, ngobrol tanpa ada gangguan gadget atau hal apapun yang kalian sukai, karena melakukan perjalanan tidak hanya senang-senang aja, tapi menumbuhkan rasa percaya dan saling mengenal pada sahabat.
  • Hindari pertengkaran yang berlarut-larut : Wajar jika ada beda pendapat, tapi jangan sampai berlarut hingga mengganggu aktifitas liburan. Selesaikan saat itu juga, terima keputusan yang sudah dibuat, dan pahami karakter diri dan sahabat, terima perbedaan yang ada, dan fokus cari solusi.
  • Jika kamu dan sahabatmu sudah mengenal karakter satu sama lain, coba deh berikan mereka kepercayaan ketika bagi tugas, siapa yang doyan mengatur jadwal untuk jalan-jalan, siapa yang tugasnya cari hotel dan booking, siapa yang menyiapkan duit receh, dan sebagainya.

Kadang sih perbedaan pendapat muncul ketika di tengah-tengan perjalanan daripada masih sedang dalam tahap perencanaan, karena rencana bisa didiskusikan hingga beberapa hari kemudian.

jalan-jalan ke solo


Sedangkan ketika liburan sedang berlangsung, kita dihadapkan dengan situasi yang tidak terduga, misalnya susah cari kendaraan dari lokasi satu ke lokasi lain, tiba-tiba hujan, lokasi kulineran ternyata rame banget dan harus antri, nah situasi seperti ini juga harus diantisipasi, bagaimana jika ada sesuatu yang nggak berjalan sesuai rencana? Apa kamu atau temanmu tipe yang gampang panik atau yang slow aja dan cepat tanggap dengan mencari rencana cadangan, seperti ini tuh butuh sikap yang berbesar hati, cepat tanggap, sabar dan berusaha untuk berpikir positif.

buah tangan saat bepergian



Apapun yang terjadi, melakukan perjalanan dengan sahabat bikin kita saling mengenal diri sendiri dan karakter orang lain. Kita dapat pengalaman baru selain menjelajahi kota yang diidamkan. Untungnya ketika pergi liburan ke Solo bareng sahabat, benar-benar menikmati waktu liburan, mulai dari booking hotel murah di Solo hingga jalan-jalan, beneran diskusinya lancar jaya. Selanjutnya, aku ingin bercerita tentang Solo.

Posting Komentar untuk "Tips liburan bareng bestie tetap asyik meski beda pendapat."