Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sabtu, Oktober 12, 2013

Jatim Fair 2013 : Eat, Pray, Love versi Jawa Timur

Jika sebelumnya, saya telah memposting tentang Women Expo, yaitu salah satu event yang diselenggarakan untuk memeriahkan HUT Jawa Timur yang ke - 68. Kali ini ingin memposting tentang Jatim Fair 2013. Sebenarnya banyak sih event-event yang menghiasi HUT Jawa Timur, tapi saya rasa Jatim Fair 2013 merupakan "Gong" dari semua event yang menghiasi HUT Jawa Timur. Pada tahun sebelumnya memang sudah ada Jatim Fair, karena eh karena saya mengenal blog baru akhir tahun 2012. Jadi Jatim Fair 2013 merupakan pertama kali bagi saya memposting di blog, dengan tujuan dokumentasi dan mengingat bahwa gak kalah kok UMKM di Jawa Timur dengan luar Negeri. Jangan-jangan barang yang kalian beli di luar Negeri (khusunya barang kerajinan tangan) merupakan produksi dari Jawa Timur. Yuk ah kita support UMKM sebagai penggerak ekonomi bangsa.

Jatim Fair 2013 diselenggarakan mulai tanggal 3 - 13 Oktober 2013 di Grandcity Surabaya. Event ini diikuti oleh 500 lebih stand UMKM SELURUH JAWA TIMUR dan INDONESIA. Event ini dibuka pada jam 11 pagi hingga malam (kurang tahu malamnya sampai jam berapa), gak hanya terdiri dari UMKM tetapi ada juga hiburan musik (Ada band, Sheila on 7, Andra and the backbond, dll) yang menghiasi event ini saat malam hari. Ada juga perusahaan ternama yang menghiasi Jatim Fair, seperti Sari Roti, Daihatsu, Telkomsel, dll. Tetapi untunglah tidak mendominasi di Jatim Fair, jadi ya memang acaranya wong jawa timur rek! . Untuk masuk ke Jatim Fair cukup membayar HTM seharga 8.000 rupiah, tetapi jika weekend merogoh kocek 10.000 rupiah. Murah loh karena event ini BESAR. SERIUS! EVENT INI BESAAAAAR. karena tempatnya hingga TIGA LANTAI DI GRANDCITY SURABAYA *maap yee capslocknya agak rusak*. Bayangkan aja, hanya 8.000 rupiah puas banget mengelilingi tiga lantai, setiap lantainya ada buanyaaak UMKM dan produk kreatif dari Jawa Timur dan Indonesia.

Oke, kita mulai petualangnya di lantai pertama yaitu pembelian tiket. Tiket ini bisa ditukarkan dengan makanan kecil dan voucher (tentunya memakai syarat dan ketentuan yang berlaku). Setelah itu, kita diharuskan untuk mengisi tiket tersebut karena akan ada undian yang memperebutkan hadiah utama yaitu mobil. Setelah mengisi, baru kita dituntun di lantai tiga untuk memasukkan tiket tersebut ke kotak undian. Nah, di sini aku baru tahu mengapa kotak undian harus di lantai tiga? kok nggak di lantai satu dekat lokasi pintu masuk. Karena eh karena di lantai tiga terdapat lokasi pameran UMKM (sepertinya lebih banyak industri kreatif dan hasil pembinaan dari pemkab atau pemkot di Jawa Timur). Huwaaaa rasanya betah sekali di Lantai tiga karena senang gitu ada inovasi-inovasi dari Jawa Timur. KEREN!


Motor dengan Bahan Bakar Gas - LUMAJANG -

Diklaim sebagai bahan bakar yang lebih hemat dari bensin loh, katanya sih lebih hemat 3 KALI LIPAT. Jika tertarik dengan ini bisa merogoh kocek 1 juta rupiah, dengan syarat hanya tarif pemasangan tabung gas ke jok motor. Jika ingin membeli sepeda motor lengkap dengan modifikasi tabung gas dibandrol dengan harga 12 juta rupiah (itu dapatnya motor cina). Tertarik? Ini hasil kretifitas Lumajang loh.






Ini juga hasil kreatifitas dari lumajang, namanya Mesin Perajang Tembakau.












Kabupaten Bondowoso


Ini stand kota kelahiran Bapakku, nostalgia dulu lah :)


Pemkab Situbondo


Banyak kerajinan dari hasil laut, misalnya kerang


Pemkab Tuban

Batiknya cantik-cantik ya..


Pemkot. Madiun


Standnya termasuk yang "waaah" tetapi yang dipamerkan sepertinya tempat wisata di Madiun.


Kota Kediri


Kenapa berasa di Ponorogo, ya? :))


Pemkab Jember


Kurang suka dengan stand Jember, karena  kesannya tertutup dan sempit, padahal aku suka loh sama orang Jember *lempar mercon*


Sidoarjo



Jeng.. jeng... kota tercita.. eh  bukannya kosong, tapi karena aku datangnya kepagian :))









Setelah ke lantai tiga, turun deh ke lantai satu. Loh, kenapa gak ke lantau dua? Karena di lantai dua ada pameran lukisan, tapi kayaknya gak ikut event Jatim fair deh, eh bagus-bagus kok lukisannya, ekspresif. Lanjut, ke lantai satu juga seperti lantai tiga, tetapi di sini banyak Industri kreatif bukan binaan pemkot atau pemkab, ada perusahaan besar, seperti yang sudah saya sebutkan tadi (Daihatsu, Sari roti, Telkomsel, dll) Nah di sini ada juga sih UMKM binaan Pertamina dan Angkasa Pura. Ada juga Home Industry yang bisa dijadikan mitra kerja.


Ada beberapa konsul jenderal di sini (China, Malaysia, Belanda, Jepang) yang paling ramai di China.

Foto dari depan pintu masuk



Dari Luar Jawa


Ada juga yang dari luar pulau Jawa (Jogja, Cirebon, Kalimantan, dll)

Mitra Binaan

 Mitra Binaan Angkasa Pura
Mitra Binaan PERTAMINA












Sebenarnya masih banyak sih foto yang belum aku posting, tapi kayaknya gak muat taruh di blog. Nah, sudah berkeliling-keliling di Jatim Fair 2013. Terus kenapa ada tagline "Eat, Pray , Love" di event ini? Sebenarnya itu buatannku sendiri dan tidak ada tagline official dari Jatim Fair.

Eat... Jawa Timur berlimpah akan sumber daya dari hasil laut maupun pertanian...
                        Pray... Ada doa pengrajin disetiap kerajinan tangan yang kamu beli, meskipun itu satu helai benang..
                                        Love... Di Jawa Timur, kamupun bisa merasakan cinta..


Well... kita dukung UMKM Jawa Timur!! ^_^

6 komentar:

  1. wah lumajang bisa bikin motor bahan gas, thuiiing sebagai lelaki kelahiran Lumajang, ikutan seneng dan hidung saya mekrok mekrok hhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang keren kok Lumajang, apalagi UMKM Jawa Timur *promosi*

      Hapus
  2. Ass.Sari,salam kenal. Boleh ngga Ibu share foto-2nya untuk keperluan data Visual ruang ? yang fotonya ngga ada namanya. Ditunggu ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk keperluan apa ya bu? bisa email saya untuk lebih jelasnya kabarsari@gmail.com

      Hapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)